Membicarakan soal hobi pastinya beragam, ada yang hobi berkebun, memasak, olahraga dan sebagainya. Melakoni hobi juga dapat sangat bermanfaat, contohnya menghilangkan stress, mengusir kebosanan, meningkatkan mood, bahkan menekuni hobi sama pentingnya dengan olahraga, sebab manfaat yang diperoleh sama dengan ketika kamu berolahraga.

Bicara soal hobi, baru-baru ini ada hobi yang sedang naik daun di kalangan wanita Jepang, yaitu hobi mengamati lumut. Unik kan? Memang negeri sakura ini gudangnya hal yang unik-unik. Kemunculan hobi unik ini dikarenakan Jepang merupakan rumah yang asri bagi sekitar 1600 lumut dari 20.000 spesies lumut yang ada di dunia.

Kenapa hanya wanita yang menekuni hobi ini? Menurut Takeshi Uno, seorang pemandu tanaman lumut dan profesor ahli ekologi di Tsuru University, alasannya karena wanita lebih kaya dengan emosi. Seorang wanita pekerja kantor berumur 27 tahun berkata, Ketika melihat kelompok lumut hidup bersama, saya bisa melupakan tentang masyarakat yang kompetitif. Apa yang saya suka (tentang lumut) adalah mereka hidup dengan tangguh saat mereka mencari air dan cahaya."

Bagaimana, kamu tertarik untuk menekuni hobi ini?

https://www.youtube.com/watch?time_continue=7&v=1NSU4fqUaRc