Suatu ketika tiba-tiba datang kepadamu surat undangan berbentuk hati dimana ada foto dia dan kekasihnya tersenyum melihatmu. Apakah kamu bersedia datang? Atau hanya berlalu saja? Kalau berlalu, mending nggak usah lihat isi keseluruhan tulisan ini ya (baca deh judulnya).

Nah, tapi nih, kalau kamu bersedia datang, beberapa tips ini bisa kamu coba. Isinya jelas, ngasih tahu apa yang harus kamu lakukan ketika mendapat undangan pernikahan mantan. Cek satu per satu deh!


1. Baca undangan dengan seksama.
Lihat kartu undangan pernikahan dari dia dengan seksama, hikmat dan dalam tempo yang seefektif mungkin (jangan terlalu lama ntar dihatimu ada sesuatu yang sakit loh).

Pastikan tanggal dan waktu acara resepsinya, kan ga enak kalo kamu salah waktu, misalnya kamu baru datang pas mereka lagi malam pertama. Nah gawat kan, makanya catat kalo perlu buat alarm sendiri acara paling bersejarah di hidup dia.


2. Berdandanlah sebaik mungkin.
Berdandanlah. Ini sangat penting. Jangan terlihat kucel, orang-orang akan berpikir pantas si dia tidak menikah dengannya, orangnya kucel gitu. Pakai minyak rambut, pakai parfum, pakai pakaian terbaik kamu. Tapi jangan berlebihan ya. Simple tapi tetap glam dan elegant.


3. Ajak pacarmu bukan ide yang buruk.
Jika kamu punya pacar, datanglah dengannya. Jangan lupa permak dia di salon terbaik di negeri ini. Kalo ngga sekalian bawa dia ke Korea Selatan biar dia di-operasi plastik. Orang-orang yang dipernikahan itu (termasuk mantan kamu) akan berpikir begini Wow, orang itu punya pacar artis korea.

Jika kamu tidak punya pacar. Hmm, kasian banget ya kamu. Sabar kamu ngga sendiri ko, sini peluk peluk. Eh hmm. Lanjut yah. tenang aja kok ini bukan berarti kamu kalah dari mantan jika kamu tidak membawa pacar ke pernikahan dia. Kamu bisa mengajak sahabat terdekat, laki-laki maupun perempuan, agar bisa mencairkan suasana. Mengajak para sahabat akan lebih baik ketimbang kamu menggunakan pacar sewaan hanya untuk sekedar menaikkan harga diri kamu.


4. Siapkan dirimu lahir batin.
Siapkan, telinga, mata dan hati kamu. Siapkan mental baja. Satu dua teman pasti ada yang nyinyir walaupun mungkin maksudnya bercanda tapi pasti akan membuat telinga panas. Pentingnya datang dengan pacar atau teman-teman yang banyak supaya tidak melulu melihat ke atas pelaminan. Dari mata bisa membuat panas hati.


5. Tersenyumlah dan bersikap ramah.
Keluarkan Senyum termanis yang kamu punya. Kalo perlu senyummu kasih gula biar nambah manis. Yang tahu tentang kisah asmara kamu dengan mantan akan melemparkan senyum prihatin yang perlu kamu lalukan adalah angkat dagu tinggi-tinggi, busungkan dada dan senyum yang lebar. Kalau datang sama pacar, gandeng pacarmu semesra mungkin.

Ketika kamu bertemu dengan mantan mertua Jangan gugup, tetap kuasai diri saat Anda bergantian mengucapkan selamat kepada mantan mertua kamu. Tetap tunjukkan sikap yang sopan dan menghormati. Berilah kesan dan senyuman yang baik.


6. Santaplah hidangan yang ada.
Tetep nikmati hidangan pesta. Makanan itu nggak pernah salah, apalagi yang enak-enak. Jadi jangan dicuekin. Tetap icip-icip menu hidangan yang ada, nggak usah tertahan rasa sesak di dada. Jalur pencernaan beda dari jalur sakit hati kok. Memang, kadang saling mempengaruhi, tapi bisa diajarin untuk saling profesional. Justru buatlah alibi ; cukup psikis yang terganggu, fisik harus tetap fit dengan makan yang banyak dan bergizi.


7. Yang lalu biarlah berlalu.
Jangan nengok ke pelaminan. Begitu melangkah ke pintu keluar menuju pulang, nggak usah pengen nengok ke belakang ke arah pelaminan. Jangan lakukan itu! Karena sekalinya nengok dan ternyata si mantanjuga lagi menatap kita, itu akan ter-capture seolah-olah dia care banget sama kita, masih pengen sama kitapadahal belum tentu bangeet. Itu bisa aja kebetulan belaka. Nggak usah menghibur diri dengan mikirin si mantan. Apalagi mengharap yang nggak-nggak.