Beberapa bulan kemarin, Rihanna dituduh melakukan perampasan budaya ketika wajahnya terpampang di cover majalah Vogue Arabia. Penyanyi tersebut memakai mahkota berwarna biru layaknya Ratu Refertiti, permaisuri Firaun Akhenaton, abad ke-14 SM. Dengan rambut cokelatnya yang terurai dan memakai mantel dari Gucci, penampilan Rihanna dianggap jauh dari refresentasi Refertiti.

Banyak netizen yang mengecam, tapi ada juga yang membela. Manuel Arnaut, selaku editor Vogue Arabia, menjelaskan penampilan Refertiti adalah sebagai gambaran wanita dinamis dan kuat yang sedang mengubah dunia. Rihanna adalah salah satu dari mereka. Vogue memilihnya karena selain sebagai penyanyi papan atas kelas dunia, Rihanna juga merupakan sosok yang selalu membela keberagaman.

Namun ternyata, selain Rihanna, seleb-seleb berikut juga pernah tersandung kasus yang sama:


1. Katy Perry

4 Seleb cantik top dunia ini pernah tersandung kasus perampasan budaya

Di tahun 2013, Katy Perry menjadi pembuka acara American Music Awards, membawakan lagu unconditionally dengan memakai kostum ala Geisha, yang merupakan budaya Jepang. Sayangnya, banyak yang beranggapan bahwa penyanyi cantik tersebut melecehkan budaya Jepang.

Menurut beberapa krtitikus, penampilan Katy dan penari latarnya tidak jelas. Salah satunya, gaya rambut yang tidak boleh sembarangan diaplikasikan karena memiliki nilai khusus, juga di awal kemunculannya diiringi musik dari Shamisen, alat musik tradisional yang dianggap sakral oleh masyarakat Jepang. Penari latarnya pun membawa kipas yang malah menggambarkan wanita China.

2. Heidi Klum

4 Seleb cantik top dunia ini pernah tersandung kasus perampasan budaya

Supermodel yang juga salah satu juri Americas Got talent, pernah menuai kontroversi akibat kostum Halloween-nya di tahun 2008. Kala itu, Heidi mengenakan kostum Kali yang merupakan Dewi Hindu. Namun para pemimpin Hindu menyebut Heidi telah bersikap tidak hormat karena memakai budaya Hindu sebagai aksi publisitas.

3. Karlie Kloss

4 Seleb cantik top dunia ini pernah tersandung kasus perampasan budaya

Brand lingerie terbesar, Victorias Secret, harus meminta maaf karena di acara fashion show pada tahun 2012, salah satu modelnya, Karlie Kloss, memakai hiasan kepala suku asli Amerika (Indian) dengan hanya mengenakan bra, panties dan sepatu hak tinggi. Dalam sejarah, hiasan kepala merupakan simbol penghormatan dan memiliki makna religius, juga hanya dipakai oleh prajurit atau pemimpin suku. Sebagai permintaan maaf, penampilan Karlie Kloss pun akhirnya dihilangkan.

4. Selena Gomez

4 Seleb cantik top dunia ini pernah tersandung kasus perampasan budaya

Tampil di acara MTV Music Awards, Selena Gomez memakai kostum India, lengkap dengan bindi yang ditempel di dahi. Akibatnya, pemeluk agama Hindu fanatik menuduh Selena tidak menghormati budaya India terutama agama Hindu.

Bindi sendiri bukan sebagai pelengkap fashion, melainkan tradisi kuno dalam agama Hindu dan merupakan simbol spiritual, bagaikan mata ketiga dan api.