×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Diguncang gempa 7,0 SR, 5 makam keramat ini tetap kokoh berdiri

0

Jalan-Jalan

Diguncang gempa 7,0 SR, 5 makam keramat ini tetap kokoh berdiri

5 makam keramat ini tidak rubuh saat diguncang gempa 7,0 SR pada 5 Agustus 2018 silam.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Hafsah Azzahra

20 / 08 / 2019 13:00

Agustus memiliki kenangan tersendiri bagi masyarakat Pulau Lombok. Di saat orang lain sibuk dan tenggelam dalam euforia kemerdekaan, hal itu tidak dirasakan bagi sebagian masyarakat di pulau ini. Ratusan jiwa melayang dan tidak sedikit pula bangunan dan infrastruktur yang rata dengan tanah. Namun dengan ke-Maha Besaran Tuhan, kelima makam keramat ini tetap kokoh berdiri. Mana saja lima makam keramat tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Makam Selaparang.

Makam Raja Selaparang

Makam selaparang terletak di kampong Peresak, Desa Selaparang, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur. Konon salah seorang raja atau wali Selaparang mampu menerobos dinding masjid yang berada di samping makam dan kemudian menghilang saat diburu oleh Belanda. Atas alasan inilah Makam Selaparang didirikan.

Selain makam, di selatan masjid juga terdapat perpustakaan. Namun sayang, koleksi buku-buku di perpustakaan ini diambil dan dimusnahkan oleh Belanda. Buku-buku di perpustakaan ini menceritakan sejarah Selaparang pada saat itu. Sama seperti ziarah ke makam keramat lainnya, syarat memasuki Makam Selaparang adalah harus dalam keadaan suci, bebas dari haid (untuk perempuan).

Loading...

2. Makam Medane.

Makam Medane

Makam ini terletak di Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, sekitar 40 kilometer dari Kota Mataram, NTB. Bangunan makam menyerupai gubuk, memiliki dua kuburan permanen dari keramik. Makam yang satu memiliki batu nisan yang lebih besar dibandingkan yang lain. Jika dilihat sekilas, makam ini terlihat seperti makam untuk agama Hindu karena banyaknya sesaji yang ada di sekitar makam, namun sebenarnya tidak demikian.

3. Makam Loang Baloq.

Makam Loang Baloq

Makam Loang Baloq terletak di Kelurahan Tanjung Karang, Kecamatan Sekarbela, Mataram, Lombok. Terdapat sebuah pohon beringin besar di sekitar makam dan para peziarah kerap mengikat akar pohon beringin yang menggantung di sana sebagai pertanda nazar. Jika nazarnya terpenuhi, peziarah akan datang kembali dan membuka ikatan tali plastik yang telah diikat sebelumnya pada akar pohon beringin yang menggantung. Tradisi ini disebut sebagai Saur Sesangi.

4. Masjid Kuno Bayan. 

Masjid Kuno Bayan

Masjid ini terletak di Kabupaten Lombok Utara, di sebuah bukit dan dikelilingi beberapa cungkup makam para penyebar agama Islam. Masjid ini diperkirakan dibangun ratusan tahun lalu oleh seorang mubalig. Namun hingga saat ini belum ditemukan sumber tertulis pendiri dan tahun didirikannya masjid ini.

Arsitektur dari Masjid kuno Bayan Beleq yaitu memiliki dinding rendah dari anyaman bambu, dengan atap berbentuk tumpang dari bilah bambu atau dikenal dalam bahasa Dayan Gunung atap santek dengan lantai tanah yang dasarnya dari susunan batu kali. Masjid ini berukuran 9x9 meter persegi.

5. Makam Keramat Cemare. 

Makam Tengah Laut

Jika keempat makam sebelumnya berada di darat, makam kelima ini treletak di tengah laut. Para peziarah harus menyewa perahu untuk dapat sampai di makam ini. Makam dengan Nisan berbentuk kubah masjid ini terletak dekat Pantai Cemare, Lombok Barat. Hal unik dari makam ini adalah makam tersebut tidak akan tenggelam meskipun laut sedang pasang.

Sejarah mencatat, Makam Keramat Cemare adalah milik salah satu ulama besar di Lombok. Namun sejarah pasti mengenai makam ini belum ditemukan. Salah seorang penjaga makam menyebutkan bahwa makam ini adalah makam Syekh Sahid, seorang yang berperan penting dalam penyebaran agama Islam di Pulau Lombok.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red