Banyak daerah yang dianggap sangat dingin karena memiliki suhu yang sangat rendah. Tempat-tempat dingin ini umumnya bersalju. Secara teknis, Antartika adalah tempat dengan suhu terendah di Bumi. Suhu di Antartika pernah tercatat mencapai 89.2 C. Namun, tak ada pemukiman manusia di Antartika.Berikut ini adalah tempat-tempat dengan suhu terendah yang memiliki penghuni.

1. Oymyakon, Rusia.

3 Daerah pemukiman ini punya suhu terdingin di dunia

Oymyakon adalah sebuah perkampungan di daerah Yakutia, Rusia. Kampung ini adalah tempat terdingin di dunia yang ada penduduknya. Kampung ini sangat-sangat dingin sampai-sampai mobil-mobil yang ada di kampung ini harus terus dinyalakan untuk mencegah bahan bakar mobil-mobil tersebut membeku.

Suhu rata-rata pada bulan Desember, Januari dan Februari adalah di bawah 50 C. Pada musim dingin, 21 jam sehari akan sangat gelap. Oymyakon adalah salah satu dari dua pemukiman penduduk yang memiliki suhu di bawah 60.0 C selama Januari. Bahkan musim panas di Oymyakon tetap dingin. Keadaan terhangat di Oymyakon adalah ketika suhu mencapai 18.7 C, walaupun terkadang musim panas dapat mencapai suhu 30 C.

2.Verkhoyansk, Rusia.

3 Daerah pemukiman ini punya suhu terdingin di dunia

Verkhoyansk adalah sebuah kota di Rusia yang tak jauh dari Oymyakon. Kota ini memiliki suhu di bawah 60.0 C selama bulan Januari penuh. Suhu terendah yang pernah tercatat di Verkhoyansk adalah 67.6 C pada 5 dan 7 Februari tahun 1892.

3.Yakutsk, Rusia.

3 Daerah pemukiman ini punya suhu terdingin di dunia

Yakutsk adalah kota besar di dunia yang memiliki suhu terendah mencapai 64.4 C yang tercatat pada 5 Februari 1891. Bulan terdingin di Yakutsk adalah pada Januari 1900 dengan suhu sekitar 51.2 C.Musim dingin sangat panjang di kota ini, sementara musim panas terasa hangat walaupun singkat. Antara 10 November sampai 14 Maret, Yakutsk selalu dingin.