Biasanya cegukan ini kita alamisetelah minum minuman bersoda, bir, atau bahkan sekedar air. Hal ini terjadi berkaitan erat dengan nervus vagus yang mempersarafidiafragma dan esofagus kita. Diafragma adalah lapisan otot tipis yang memisahkan rongga dada dengan rongga perut. Diafragma ini berkontraksi tiap kita bernafas, namun ketika kita menelan terlalu banyak udara seperti pada minuman bersoda, nervus vagus akan teriritasi dan mengakibatkan diafragma kita terganggu dengan cara penutupan tiba tiba pita suara setiap diafragma hendak berkontraksi dan keluarlah suara khas yang kita sebut dengan cegukan.

Cegukan habis minum soda? Atasi dengan menekan titik-titik ini

Ada beberapa cara untuk menghilangkan cegukan ini, salah satunya adalah dengan Akupresur.Akupresur memang kurang akrab didengar jika dibandingkan dengan saudaranya yaitu akupuntur. Tapi, manfaatnya tidak kalah dengan akupuntur.Akupresur adalah terapi yang telah dikembangkan lebih dari 5.000 tahun yang lalu sebagai aspek penting dari sistem pengobatan Tiongkok. Terapi ini dilakukan dengan peletakan jari dan tekanan yang tepat pada titik-titik spesifik si sekujur tubuh. Titik-titik ini mengikuti saluran-saluran khusus yang disebut dengan meridian, saluran yang sama dengan yang dipakai dalam terapi akupuntur. Untuk cegukan, ada 2 titik penting yang bisa anda tekan.

Titik pertama adalah titik wajah, yaitu di philtrum, daerah antara ujung atas bibir dan hidung. tekan titik ini selama 30 detik. Cara ini juga dapat dilakukan pada bayi yang cegukan.

Cegukan habis minum soda? Atasi dengan menekan titik-titik ini

Titik kedua adalah titik dada, yaitu pada sternum, tulang di tengah ada kita yang menghubungkan tulang iga. taruh jari di sternum dan jalankan ke atas hingga ujung sternum. Tekan daerah itu selama 30 detik,tidak harus kuat tapi jangan terlalu lemah.


Dengan latihan yang cukup, gak mustahil kamu bisa jadi ahli menghilangkan cegukan tidak hanya pada diri sendiri namun juga orang lain.