×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Coba lakukan 2 cara ini untuk meningkatkan kualitas tidur lansia

0

Kesehatan

Coba lakukan 2 cara ini untuk meningkatkan kualitas tidur lansia

Banyak lansia yang mengeluh terganggu ketika tidur akibat rasa tidak nyaman, tentu hal ini harus diatasi agar kualitas tidur mereka membaik.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Nuur Fadhilah

08 / 06 / 2021 15:54

Kamu mungkin sering mendengar keluhan dari orang tua atau kakek dan nenek yang sulit untuk bisa tidur, atau bahkan tidak mampu menjaga tidurnya sehingga selalu terbangun lebih awal karena ada yang dirasa kurang nyaman. Seperti yang kita tahu, tidur merupakan kebutuhan dasar manusia. Terganggunya tidur tentu akan memengaruhi kualitas tidur seseorang yang bisa mengakibatkan rasa kantuk berlebih.

Gangguan tidur yang dirasakan oleh orang tua atau lansia bisa saja dikarenakan merasa lingkungan kurang nyaman, karena adanya penyakit yang diderita, rasa nyeri di kaki, faktor psikologis seperti cemas baik itu cemas ringan sedang ataupun berat, stres, dan bisa juga disebabkan karena gaya hidup seperti minum kopi berlebihan, kurang istirahat bagi yang masih bekerja, dan aktif sebagai perokok.

Banyaknya penelitan yang membahas hal tersebut di mana keluhan ini dapat diatasi dengan tindakan non-farmakologi, yakni merendam kaki dengan air hangat hingga batas mata kaki selama 15-20 menit yang dapat menciptakan rasa tenang dan rileks.

Tidak hanya air hangat, namun kamu juga bisa menambahkan bahan lainnya seperti berikut ini.

Air hangat dan garam.

Loading...

Dengan campuran air hangat dan garam, rasa hangat akan membuat pembuluh darah melebar sehingga peredaran darah menjadi lancar dan menciptakan efek relaksasi rasa kaku otot, lelah, dan pegal setelah beraktivitas. Rasa cemas maupun stres juga dapat segera reda sehingga tidur dapat lebih nyenyak dan kualitas tidur pun segera membaik.

Air hangat dan bahan herbal.

Untuk memberikan efek relaksasi dalam proses merendam kaki, menambahkan jahe pada air rendaman bisa menjadi pilihan. Ukuran jahe yang akan digunakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan banyaknya air yang tersedia dan melakukan proses perendaman kaki selama 15 menit.

Aroma jahe yang khas dapat membuat seseorang merasa tenang. Sedangkan rasa pedas pada jahe dapat memberikan efek hangat yang lebih sehingga pembuluh darah dapat terbuka dan sirkulasi peredaran darah menjadi lancar serta keluhan yang dirasakan dapat segera mereda.

Mencampurkan air hangat dengan garam maupun jahe hanyalah beberapa pilihan yang bisa dilakukan. Yang terpenting adalah air hangat yang digunakan benar-benar sesuai dengan suhu yang pas sehingga tidak mengganggu proses terapi ini dan bisa mendapatkan hasil yang diinginkan, yakni keluhan dapat mereda sehingga kualitas tidur pada orang tua atau lansia dapat segera membaik.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red