Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro atau yang lebih dikenal dengan nama Cristiano Ronaldo ialah pesepakbola yang bermunculan di Funchal, Madeira, Portugal pada 5 Februari 1985. Dia adalahanak bungsu dari pasangan pengurus kebun Jose Dinis Aveiro dan tukang masak Maria Dolores dos Santos Aveiro. Ronaldo mempunyai 2 orang kakak perempuan, Liliana Catia dan Elma, dan seorang kakak laki-laki, Hugo.

Cerita tentang Cristiano Ronaldo yang tak banyak orang tahu

Pekerjaan sampingan ayahnya sebagai asisten perangkat klub bola menciptakan Ronaldo kecil tertarik dengan olahraga ini. Menginjak umur kesepuluh, Ronaldo tumbuh sebagai penggila sepakbola. Hari-harinya hanya dikuras dengan sekolah dan bermain bola. Ronaldo bergabung dengan The Sporting Academia saat usianya 16 tahun. Sporting Lisbon, kesebelasan dari akademi bola tersebut, ialah awal karir Ronaldo. Pertandingan kesatunya bareng tim U-17 membawa atlet dunia ini mencetak dua gol di pertandingan kesatunya.

Penampilan Ronaldo yang mempesona saat menjamu Manchester United di stadion Estadio Jose Alvalade menciptakan pelatih Manchester (MU) ketika itu, Alex Ferguson, terkesan. Tawaran dari MU pun hingga padanya. Dengan nilai transfer 12,24 pounds (Rp 225 miliar), pesepakbola berusia 28 tahun ini sah merumput dengan kesebelasan Red Devils di musim 2003. Debut pemain yang bernomor punggung 7 di MU itu terjadi pada laga Premier League lawan Bolton dengan skor akhir 4-0.

Cerita tentang Cristiano Ronaldo yang tak banyak orang tahu

Memasuki musim 2006, Ronaldo tampil gemilang. Ia sukses menorehkan 20 gol semusim dan membawa tim Setan Merah menjuarai Premier League. Pesepakbola yang akrab disapa CR7 ini juga tidak sedikit meraih gelar sekitar musim 2006-2009 laksana Barclays Player of the Month (2006), PFA Young Player of the Year (2006), PFA Players' Player of the Year (2006), Ballon d'Or (2008), FIFA World Player of the Year Award (2009). Ia juga sukses merebut penghargaan European Golden Shoe (sepatu emas) pada 2007.

Meski sukses menorehkan sederet prestasi, Ronaldo mengungkapkan kemauan untuk pindah. Manchester United pun lantas menerima tawaran sebesar 80 juta pounds (Rp 1,4 triliun) dari Real Madrid Juni 2009. Kepergian Ronaldo sesudah 5 tahun di kesebelasan Setan Merah tidak sedikit disesali fans. Namun, Ronaldo tidak menolak jasa besar Sir Alex Ferguson terhadap dirinya. "Dia ialah ayahku di olahraga. Salah satu hal penting dan sangat dominan dalam karirku," ungkap Ronaldo.

Ronaldo diperkenalkan untuk publik Spanyol di Santiago Bernabeu, 6 Juli 2009. 80 ribu penyokong Los Blancos di Santiago Bernabeu hendak sekali menyambut pemain yang mendapat nomor punggung 9 ini. Debut kesatu Ronaldo bareng Madrid terjadi pada liga lawan Shamrock Rovers, 21 Juli 2009. Di sana, Ia menjadi satu-satunya pemain yang sukses mencetak 4 skor di La Liga secara berturut-turut. Hal tersebut membawa dia sekali lagi menerima penghargaan sepatu emas European Golden Shoe (2010). Di samping itu, nama Ronaldo masuk sejumlah nominasi penghargaan bergengsi antara beda Ballon d'Or Award (2009), UEFA Best Player in Europe Award (2010-2011) dan sejumlah kali menjadi top skorer (La Liga top scorer 2010 dan Copa del Rey top skorer 2010).

Cerita tentang Cristiano Ronaldo yang tak banyak orang tahu

Tampil cemerlang bareng skuad asuhan Jose Mourinho tidak menciptakan Ronaldo lepas dari masalah. Ia santer dikabarkan bakal hengkang dari Madrid pada 2012. Di samping merasa tidak mendapat sokongan dari semua fans Madrid, Ronaldo cemas akan suasana Fergie, sapaan Alex Ferguson.

Cerita tentang Cristiano Ronaldo yang tak banyak orang tahu

"Aku merindukannya. Dia (Fergie) seorang yang luar biasa" ujar Ronaldo. "Berapa usianya? 70? Hal tersebut tak baik guna jantungnya."

Hal itu menjadi dalil ia ditebak akan pulang ke klub lamanya, MU. Namun September 2013, CR7 sah memperpanjang kontrak sebagai striker Real Madrid dengan masa sampai 2018.

Di samping berkarir sebagai pesepakbola, ia pun terkenal sebagai bintang iklan. Dia terdaftar sebagai model pakaian dalam lelaki dan jeans merk kenamaan Emporio Armani. Di samping itu, Ronaldo pun menjadi bintang iklan sejumlah merk laksana Coca-Cola, Castrol, Konami, Banco Espirito Santo, Motorola, Jacob & Co., Herbalife dan KFC.

Di negaranya, Ronaldo sah menjadi pemain inti kesebelasan nasional pada 2003 tepatnya empat hari sesudah debutnya bareng Manchester United. Dia menjadi kunci sukses ketika Portugal menjadi juara keempat Piala Dunia 2006. Dia pun membawa Portugal ke semifinal Piala Eropa namun kalah adu penalti. Pada 2016, Ronaldo mempunyai andil membawa Portugal menjuarai Piala Eropa, trofi turnamen internasional kesatu untuk negeri itu. Di tahun yang sama Ronaldo menjadi atlet ketiga di dunia sesudah Michael Jordan dan LeBron James yang menemukan kontrak seumur hidup dari perusahaan perlengkapan olahraga Nike.

Cerita tentang Cristiano Ronaldo yang tak banyak orang tahu

Baru-baru ini Ronaldo dikabarkan pindah ke Juventus, harga transfer Ronaldo tersebut mengungguli rekor transfer Juventus. Di samping itu, Ronaldo pun mampu memecahkan rekor sebagai pemain dengan gaji tertinggi yang diterima oleh pemain Juve. Sebagaimana diketahui, Juventus setuju menyerahkan Ronaldo gaji sebesar 30 juta euro atau sekira Rp504 miliar per tahun. sebelumnya kala menggondol Gonzalo Higuain dari Napoli dengan nominal 90 juta euro atau sekira Rp1.5 triliun, pada bursa transfer musim panas 2016.

Akankah Ronaldo akan sukses di Seria A? Mari kita tunggu musim Seri A bergulir.