Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang digunakan dalam berkomunikasi secara internasional. Bahasa Inggris juga adalah kemampuan yang saat ini sangat banyak peminatnya di Indonesia. Apalagi banyak pekerjaan saat ini mengharuskan sang pelamar kerja untuk bisa berbahasa Inggris.Nah, buat kamu yang pengen menguasai bahasa ini, yuk simak di bawah ini. Ada trik yang bisa kamu gunakan agar cepat menguasai Bahasa Inggris.

1. Pahami bahwa Bahasa Inggris memiliki banyak kata yang dilafalkan sama namun memiliki makna berbeda

Ini lho 6 cara cepat kamu bisa lancar dan 'ngewes' berbahasa Inggris

Beberapa kata dalam bahasa Inggris memiliki pelafalan yang hampir mirip atau bahkan sangat mirip walaupun memiliki arti yang sangat berbeda. Hal ini disebut sebagai homophone. Cara tercepat agar memahami kata mana yang sebenarnya sedang diucapkan dan menghindari terjadinya kesalahpahaman adalah dengan mengetahui apa saja homophone yang ada dalam bahasa Inggris. Selain itu, konteks juga sangat penting dalam menginterpretasikan sebuah kalimat agar tidak terjadi kesalahpahaman yang diakibatkan oleh homophone.

2. Pahami bahwa Bahasa Inggris memiliki kata yang memiliki penulisan sama namun memiliki makna berbeda

Ini lho 6 cara cepat kamu bisa lancar dan 'ngewes' berbahasa Inggris Beberapa kata memiliki penulisan yang sama namun memiliki makna yang berbeda. Sekali lagi, ini juga tergantung konteks. Kesalahpahaman dapat terjadi dalam komunikasi melalui surat baik surat fisik maupun surat elektronik bila tidak memahami konsep bahwa ada beberapa kata yang penulisannya sama namun memiliki makna yang berbeda. salah satu contoh homonym adalah kata bear yang dapat berarti beruang dan juga memikul. Jadi bisa dilihat dulu kata beartersebut konteksnya sedang menjelaskan atau menerangkan tentang apa. Bila sedang berbicara tentang mamalia berbulu tebal dan berukuran besar, bear, bisa saja sedang merujuk kepada binatang tersebut. Bila sedang menjelaskan tentang bagaimana beratnya bawaan atau cobaan hidup seseorang, bisa saja kata beardisini adalah kata kerja yang menjelaskan kegiatan seseorang.

3. Latihan mendengar dengan menonton film

Ini lho 6 cara cepat kamu bisa lancar dan 'ngewes' berbahasa Inggris

Perbanyaklah latihan mendengarkan. Cara paling mudah dan menyenangkan menjalankan latihan ini adalah dengan menonton film berbahasa Inggris dengan subtitle bahasa Inggris juga. Dengan begitu, kalian akan tahu cara pelafalan yang benar karena dilafalkan langsung oleh penutur asli bahasa tersebut. Perlu diingat juga, untuk melakukan metode ini juga harus mengetahui latar belakang karakter yang melafalkannya karena beda wilayah beda logat dan berbeda pula pelafalan kata-katanya.

4. Sering-seringlah berbicara Bahasa Inggris

Ini lho 6 cara cepat kamu bisa lancar dan 'ngewes' berbahasa Inggris

Sering-seringlah coba untuk berkomunikasi dengan teman-temanmu dengan menggunakan bahasa Inggris. Karena, kemampuan berbahasa itu sama seperti kemampuan-kemampuan lainnya. Bila jarang digunakan maka akan hilang atau akan membuatmu kaku, bila sering digunakan maka kamu akan lebih leluasa berbicara berbahasa Inggris di setiap kesempatannya.

5. Jangan takut salah

Ini lho 6 cara cepat kamu bisa lancar dan 'ngewes' berbahasa Inggris

Namanya belajar pasti bisa melakukan kesalahan. Jangan malu bila anda melakukan kesalahan. Gunakan hal tersebut sebagai pelajaran untuk tidak melakukan kesalahan yang sama dua kali.

6. Jangan terlalu fokus mempelajari struktur bahasa

Ini lho 6 cara cepat kamu bisa lancar dan 'ngewes' berbahasa Inggris

Struktur bahasa atau grammaritu penting bila kamu sedang menulis sebuah artikel atau tugas akademik. Namun, untuk berkomunikasi hal tersebut tidak terlalu penting. Yang terpenting adalah lawan bicaramu mengerti apa yang kamu katakan dan kamu mengerti apa yang dia katakan. Dalam Sociolinguisticsada yang namanya Black Englishdi mana struktur bahasanya jauh berbeda dari Bahasa Inggris umum. Walaupun sama-sama bahasa Inggris, struktur bahasa Black Englishmemiliki banyak perbedaan dari bahasa Inggris aslinya. Black Englishadalah salah satu dialek dari banyaknya dialek bahasa Inggris. Dialek ini memiliki struktur bahasa, pelafalan dan logat yang berbeda dari bahasa Inggris pada umumnya. Jadi struktur bahasa bukan patokan, yang terpenting adalah lawan bicaramu mengerti apa yang kau katakan dan kamu mengerti apa yang dia katakan.