×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Hard disk kamu rusak? Begini cara memulihkannya

0

Gadget

Hard disk kamu rusak? Begini cara memulihkannya

Kamu nggak perlu panik.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Hendri Oktaviannur

23 / 03 / 2018 06:31

Ada saja momen gak menyenangkan yang terjadi, salah satunya adalah ketika mendapati tanda-tanda hard disk mulai rusak. Gak jarang, tindakan-tindakan ekstrem yang sering dilakukan adalah memformat ulang bahkan langsung membuang dan membeli baru. Padahal, kalo diperhaatikan secara seksama, bisa jadi kerusakan itu tidak fatal, dan hard disk tersebut masih bisa diperbaiki dan datanya masih ada yang bisa diselamatkan.

Memperbaiki hard disk memang bukan masalah gampang. Banyak juga yang tidak tahu dan tidak punya waktu untuk memperbaiki hard disk rusak tersebut.  Buat kamu yang pensaran, berikut beberapa cara untuk memperbaiki hard disk yang rusak yang bisa segera kamu lakukan.

 

Menggunakan Fitur Bawaan Komputer

Fitur komputer bisa membantu masalahmu

Loading...

Para pengguna Windows bisa sedikit lebih tenang menghadapi kerusakan hard disk, karena sistem operasi ini dilengkapi beberapa “Alat P3K”. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1.      Pencet tombol logo Windows dan ketik untuk mencari Command Prompt—klik kanan untuk “Run as Administrator”, tekan yes. Saat sudah masuk comman prompt, ketikkan “chkdsk” lalu tekan enter.

Dokumen pribadi

2.     Perintah chkdsk sendiri hanya untuk mengecek. Untuk memperbaiki error pada hard disk, ketik chkdsk /F. Untuk mencari posisi bad sector dan memulihkan informasi sebisa mungkin, ketik chkdsk /R.

Untuk lebih sederhananya, kamu bisa juga cek hard disk dengan cara klik kanan pada logo “This PC” atau “Computer”, kemudian pilih Properties. Lihat di bagian Tools, tabel Erroc checking, lalu klik “Check Now”. Ikuti petunjuknya.

 

Manfaatkan Perangkat Lunak Gratisan

Pakai bantuan pencarian Google

Memang pada umumnya, langkah kebanyakan orang saat menghadapi hard disk rusak lebih berfokus untuk  menyelamatkan datanya terlebih dahulu baru memperbaiki hard disknya.

Dokumen pribadi

Ada beberapa perangkat lunak pemulihan data yang bisa kamu pakai secara gratis. Karena gratis, biasanya keterbatasannya ada pada berapa besar data yang bisa dipulihakan, kualitas data setelah dipulihkan, dan yang terakhir biasanya tampilannya kurang ramah guna bagai para pengguna komputer awam yang bergantung pada antarmuka grafis.

Paling tidak, dari lokasi-lokasi data yang bisa dipulihkan, kamu bisa melihat indikasi kerusakan seperti apa yang terjadi pada hard disk yang kamu pakai. Ada banyak kok di pasaran, kamu tinggal cari di Google dengan keyword: “hard disk recovery software free download.”

 

Menggunakan Layanan Perbaikan

Ada layanan perbaikan hard disk

Faktanya, jika kamu membeli hard disk asli dan bergaransi resmi, maka kamu punya bisa dibantu memperbaiki dan memulihkan hard disk serta data-datanya.

Dokumen pribadi

Merek-merek terkenal  biasanya memberikan opsi pemulihan data dan perbaikan hard disk bagi para penggunanya. Menurut data salah satu perusahaan terkenal Seagate, selama 30 tahun terakhir jumlah data yang disimpan telah bertumbuh pesat sehingga risiko kerusakan pun meroket. Rata-rata 25% dari para pengguna PC mengalami kerusakan data, dan 29% disebabkan oleh kecelakaan penggunaan. Kamu bisa memanfaatkan layanan perbaikan seperti Seagate Recovery Services atau Seagate Rescue Service, sehingga tidak perlu pusing-pusing mencari cara memperbaiki hard disk sendiri dan menghabiskan waktu percuma.

 

         

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red