×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Berhenti lakukan hal ini jika ingin matamu baik-baik saja

0

Kesehatan

Berhenti lakukan hal ini jika ingin matamu baik-baik saja

Salah satunya, stop tidur menggunakan lensa kontak mulai sekarang dan selamanya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Septiana Tari

14 / 06 / 2018 11:08

Mata merupakan aset terpenting dalam tubuh manusia. Melalui mata kita bisa menyaksikan begitu banyak hal menakjubkan di dunia. Karena sangat pentingnya indera penglihatan tersebut untuk manusia, maka sudah seharusnya kesehatan mata perlu dijaga. Melihat begitu pentingnya mata dalam kehidupan sehari-hari, maka disarankan untuk tidak melakukan hal-hal di bawah ini jika tak ingin kesehatan matamu terganggu.

1. Tato bola mata.

Berhenti lakukan hal ini jika ingin matamu baik-baik saja

Kamu pernah mendengar kisah tentang seorang wanita asal Kanada yang harus mengalami kebutaan akibat tato bola mata? Wanita bernama Catt Gallinger tersebut mengalami pembengkakan pada bagian mata lantaran kurang benar dalam memasang tato. Tak hanya mengalami kebutaan, mata bagian kanan Catt kerap mengeluarkan cairan ungu. 

Matt Hoffman, seorang praktisi perawat keluarga dan asisten profesor klinis di Sekolah Tinggi Keperawatan Texas A & M mengatakan bahwa membuat tato di bagian tubuh sangat tidak dianjurkan. Selain karena risiko kesehatan jika jarum yang digunakan tidak bersih, tato juga tidak akan pernah cocok untuk sebuah penampilan.

Loading...

2. Menggunakan lensa kontak yang tidak memakai resep.

Berhenti lakukan hal ini jika ingin matamu baik-baik saja

Pernah berpikir untuk membeli lensa kontak online? Itu adalah ide buruk yang sebaiknya dihindari. Lensa kontak yang tidak diresepkan oleh spesialis mata dapat menyebabkan infeksi, kornea mata rusak, dan yang lebih parah adalah kebutaan.

"Lensa kontak adalah alat medis," kata Rebecca Taylor, MD. Dokter mata komprehensif di Nashville dan juru bicara American Academy of Ophthalmology (AAO). Lebih lanjut ia menjelaskan, “Lensa yang tidak pas bisa menyebabkan kerusakan pada mata yang pada beberapa orang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.” 

Tidak ada yang namanya lensa kontak satu ukuran untuk semua. Mata memiliki kelengkungan dan topografi yang sangat canggih, yang perlu diukur secara hati-hati sebelum mendapatkan jenis lensa apapun. 

3. Tidur menggunakan lensa kontak.

Berhenti lakukan hal ini jika ingin matamu baik-baik saja

Ini mungkin terlihat seperti bukan masalah besar, tapi pada kenyataannya lensa kontak sangat tidak dianjurkan untuk tetap digunakan saat tidur. Meskipun ada iklan yang memperbolehkan hal tersebut, tapi jangan sampai kamu percaya. Karena saat tidur, lensa kontak dapat menyumbat oksigen di kornea mata sehingga mengakibatkan bakteri penyebab infeksi tumbuh. Kamu bisa mengambil contoh kasus pemain basket Boston Celtics Jaylen Brown yang harus berhenti bermain sementara waktu akibat peradangan di area matanya.

4. Berbagi obat dan make-up.

Berhenti lakukan hal ini jika ingin matamu baik-baik saja

Sering berbagi obat dan make up? sebaiknya jangan lagi melakukannya. Karena resep obat hanya ditujukan untuk orang yang diberi resep dan juga berbagi make-up artinya kamu menularkan bakteri dan bentuk penyakit lainnya. Hal ini tak hanya berlaku untuk eye shadow, eye liner, maskara dan lensa kontak.

Dr. Taylor mengatakan, "Virus yang menyebabkan mata merah dapat hidup selama berminggu-minggu di dalam make-up. Ini bisa sangat ganas dan mudah ditularkan".

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red