18 Agustus 2019 lalu saya berkesempatan belajar make up dengan salah satu make up artist (MUA)terkenal di Indonesia yaitu Barry Ritongga. Acara diadakan di salah satu pusat perbelanjaan di kawasan Jakarta Barat dan berkolaborasi dengan salah satu brand produk dari Paris. Peserta yang hadir kurang dari 20 orang. Kelas ini sengaja dibuat tidak terlalu banyak agar antara peserta dan Barry Ritongga sebagai pengajar dapat saling berinteraksi dan lebih akrab dengan peserta.

Kelas dimulai dengan membersihkan wajah terlebih dahulu dan kemudian diberi pelembap. Tips mengaplikasikan base make up ala Barry adalah teknik memutar dengan tujuan agar base menyerap ke dalam pori-pori, terutama untuk orang-orang yang memiliki jenis kulit berminyak dengan pori-pori yang cenderung besar, dan yang harus diperhatikan juga adalah base make up tidak diulas ke seluruh wajah, hanya untuk bagian-bagian yang bermasalah saja.

Barry juga memberikan tips untuk pengaplikasian foundation disarankan adalah di bagian pertemuan rahang dan leher. Saya tidak menyarankan di bagian leher, jelasnya. Dan untuk pengaplikasian foundation-nya, Barry menyarankan untuk mengunakan sponge. Karena kalau memakai brush, sudah pasti akan meninggalkan garis, dan itu akan membuat aku harus kerja dua kali, katanya lagi. Untuk bagian bawah mata tidak diberikan foundationkarena nantinya akan dipakaikan conceler.

Untuk bagian contour, Barry bukan hanya saja meng-contour bagian wajah saja tapi juga dia memberikan di bagian kelopak mata sebagai base dari pemakaian eyeshadow. Pemilihan warna deep blush-on untuk kulit sawo matang sangat cocok dengan warna burgundy, deep red, maroon dan untuk warna kulit yang terang cocok dengan warna coral, salmon (orange muda), dan pink.
Salah satu ciri khas make up ala Barry adalah pada bagian blush onkarena kesannya feminim. Makanya aku laku banget di pesta batak karena rahang orang batak tegas-tegas. Jadi untuk meminimalis bentuk rahang itu timbullah ide dari blush-on ini untuk menambah kesan feminim, kata Barry.

Biasanya untuk membuat alis Barry membuat bingkai terlebih dulu serta memakai dua warna, tujuannya untuk memberikan kesan gradasi. Bagian ujung alis diberi warna lebih gelap dan di bagian dalam diberi warna lebih muda. Untuk menentukan warna alis juga dilihat dari warna rambut. Warna alis mata harus lebih muda dibandingkan warna rambut. Contoh untuk warna rambut hitam memakai warna alis cokelat, untuk warna rambut cokelat memakai warna alis cokelat muda. Apabila ada kesalahan-kesalahan dalam mengaplikasian make-up kita dapat menghapusnya dengan mengunakan concealer.