Anak zaman now, kebanyakan sudah kecanduan gadget. Tapi ada beberapa dari mereka yang memanfaatkannya sebagai hobi sekaligus mendapat keuntungan. Bahkan Ryan, anak yang baru melewati usia balitanya, meraih USD 11 juta atau setara dengan Rp 143 miliar, dihitung dari Juni 2016 - Juni 2017. Jumlah yang fantastis, bukan?

Ternyata, Ryan mempunyai channel YouTube yang diberi nama Ryan Toysreview, yang viewers-nya sudah mencapai delapan miliar selama periode waktu tersebut dan mempunyai 10 juta pelanggan. Dalam sebuah wawancara dengan TubeFilter tahun 2015, orangtua Ryan menjelaskan bahwa Ryan ToysReview dibuat setelah Ryan terobsesi dengan video tanpa label dan meminta orangtuanya untuk memasukkan dia ke YouTube. Saluran tersebut meledak pada tahun 2015, saat Ryan berumur 4 tahun dan kini usia anak itu sudah 6 tahun.

Ibunya, yang merupakan mantan guru, mengatakan bahwa dia telah meninggalkan pekerjaannya di sekolah menengah untuk menjalankan channel YouTube Ryan penuh waktu. Ia juga mengatakan bahwa sebelumnya tidak pernah mengunggah video apapun ke YouTube.

Bisnis yang tidak disengaja ini pun berkembang. Dikutip dari Variety, keluarga tersebut memperkokoh kesepakatan pembangunan dengan perusahaan media anak-anak, Pocket.watch, pada September. Satu video baru-baru ini memperlihatkan cuplikan Ryan yang bermain lebih dari 26 menit dengan kereta Thomas and Friends. Dalam sehari saja, ia meraih lebih dari setengah juta penonton.

Meskipun ibu Ryan berhasil memposting video baru setiap hari. Tahun lalu dia memberi tahu The Verge bahwa dia dan suaminya akan mengupload video hanya pada akhir pekan. Dan hanya beberapa video sekaligus, agar tidak mengganggu jadwal sekolah Ryan. Mereka juga meyakinkan bahwa Ryan ToysReview hanya akan bertahan selama Ryan sendiri menginginkannya.

"Selama dia mencintainya dan itu tidak mengganggu rutinitas hariannya, kami berencana untuk melanjutkan. Tapi saat dia tidak bersenang-senang lagi, saat itulah saatnya berhenti," terangnya.