Bagaimana perasaanmu pagi ini saat bangun tidur? Terasa malas? Mungkin terasa wajar jika kamu kadang merasa malas. Namun jika perasaan malas yang muncul setiap bangun tidur, bukankah itu merupakan kebiasaan yang harus diubah?

Yuk, ketahui fakta ikigai untuk menemukan kehidupan yang lebih bermakna sehingga tidak ada lagi rasa malas dan digantikan perasaan bersemangat.

Ikigai: Alasan seseorang untuk hidup.

Ikigai berasal dari bahasa Jepang iki dan gai. Iki berarti kehidupan dan gai berarti nilai. Sehingga ikigai dapat diartikan sebagai sebuah alasan kamu hidup. Meskipun tidak ada yang tahu pasti kapan dan siapa yang memunculkan istilah ikigai, namun istilah ikigai diduga berasal dari wilayah Okinawa Jepang, sebuah wilayah yang dikenal dengan populasi masyarakatnya memiliki umur panjang. Maka dari itu ikigai dianggap menjadi salah satu rahasia memiliki semangat hidup sehingga memiliki hidup yang panjang umur.

Bagaimana cara untuk menemukan ikigai kamu? Ini penjelasannya

Menemukan ikigai membuat hidup lebih bernilai.

Ikigai secara harfiah merupakan sebuah istilah yang menjelaskan alasan mengapa kamu bangun di pagi hari. Sehingga ikigai memberikan makna dan semangat bagimu untuk menjalani setiap hari kehidupanmu. Ikigai memberikanmu tujuan dan nilai hidup untuk menjalani hari.

Bagaimana cara untuk menemukan ikigai kamu? Ini penjelasannya

4 Pertanyaan yang perlu dijawab untuk menemukan ikigai.

Lalu, apa sebenarnya ikigai itu? Ikigai merupakan sebuah irisan dari empat pertanyaan utama yang perlu dirimu sendiri jawab di mana irisan inilah yang akan menempatkanmu pada sebuah titik keseimbangan. Apa saja empat pertanyaan tersebut?

1. Apa yang aku cintai? (passion)

2. Apa kemampuanmu? (vocation)

3. Apa yang dunia butuhkan? (mission)

4. Apa yang membuatmu dapat memperoleh penghasilan? (profession)

Bagaimana cara untuk menemukan ikigai kamu? Ini penjelasannya

Bagaimana cara menjawab empat pertanyaan Ikigai?

Menemukan ikigai-mu diyakini akan membuatmu merasakan kebahagiaan dan panjang umur. Pertanyaan besarnya, bagaimana caramu menjawab empat pertanyaan dasar ikigai tersebut? Menurut Hector Garcia dan Francese Miralles dalam buku mereka Ikigai: The Japanese Secret to Long and Happy Life, terdapat 10 aturan untuk menemukan ikigai kamu.

1. Tetap aktif, cobalah berbagai hal-hal baru.

2. Hindari kebiasaan terburu-buru, usahan untuk melakukan kegiatan secara perlahan, nikmati setiap momennya.

3. Hanya makan hanya sampai 80 % kenyang.

4. Kelilingi diri dengan teman yang baik.

5. Lakukan olahraga ringan setiap hari.

6. Tersenyum kepada orang sekitar kita.

7. Berhubungan kembali dengan alam.

8. Bersyukur untuk setiap hal yang membuat harimu lebih baik dan membuatmu hidup setiap harinya.

9. Nikmati momen saat ini.

10. Ikuti ikigai-mu.

Bagaimana cara untuk menemukan ikigai kamu? Ini penjelasannya

Bagaimana? Apakah siap untuk menemukan ikigai kamu masing-masing? Kamu perlu menyakini adanya sebuah titik di mana kamu dapat mengerjakan apa yang ingin kamu kerjakan namun tetap dapat bermanfaat bagi sesama selain memperoleh benefit untuk menjalani kehidupanmu. Keseimbangan ini pada akhirnya tidak hanya membuatmu bahagia dalam menjalani aktivitas rutin sehari-hari, namun juga adanya perasaan berharga.

Mungkin banyak dari kamu yang belum menemukannya ikigai-mu masing-masing. Satu yang pasti mari sebagai generasi muda tetap aktif, tetap berani mencoba hal-hal baru, serta berani keluar dari rasa nyamanmu. Ketika masih muda, tidak apa jika kamu harus gagal. Saat gagal mungkin kamu akan menemui kegagalan yang lain, namun setiap kegagalan haruslah membuatmu terpacu untuk menemukan pola lain yang lebih pas yang membawamu pada sebuah keseimbangan hidup yang disebut ikigai. Siap temukan ikigai-mu?