Terkadang ada kebiasaan yang secara tak sadar sering dilakukan. Hal ini pun membuat kita jauh lebih boros.Dalam artikel ini saya punya rekomendasi tujuh kebiasaan boros yang harus dihentikan. Dengan menghentikan kebiasan membeli barang yang tidak penting ini kamu bisa menghemat uang dan menabung. Dengan menyisihkan uang, kamubisa menggunakannyauntuk investasi sebagai passive incomekamu.

Menurut saya, inilah 9 kebiasaan boros yang harus kamu hentikan sekarang juga.

1.Makan di luar.

Makan di luar sepanjang waktu membuat pengeluaran membengkak. Sekalinya makan di luar kamu bisa habissetidaknya Rp100 ribu. Bayangkan kalau setiap hari makan di luar, selama sebulan kamuakan menghabiskan Rp3 juta.

Akan lebih baik lagi kalau kamu membatasi makan di luar dengan memasak di rumah agar lebih hemat. Kecuali memang ada eventtertentu seperti acara keluarga atau acara kantor. Kamu pun bisa mencari promo-promo sebelum makan di luar.

2. Minum kopi di luar.

Kalau kamu pencinta kopi, pasti wajib setiap hari minum kopi. Tapi saya saranin kamu bisa bikin di rumah atau di kantor karena itu lebih ramah di kantongmu.

3. Membeli gadget terbaru.

Saya sarankan kamu stop membeli gadget tiap kali ada model yang baru rilis. Kamu bisa banyak riset tentang gadget apa yang bisa sesuai dengan kebutuhanmu dan bisa awet sampai dua tahun atau lebih. Kalaupun gadget kamu rusak bukan berarti harus beli baru lagi. Kamu masih bisamemperbaiki bagian yang rusak.MIsalnya jika bagianbaterai yang rusak, kamu bisa ganti baterainya saja.

4. Pakaian trendi.

Sama seperti gadget, pakaian juga selalu memaksa kamu harus membeli barang baru mengikuti tren model dan perkembangan zaman. Jeleknya adalah ketika tren berakhir, kamu pasti gak nyaman lagi menggunakannya. Jadi saran saya, kamu lebih baik membeli baju yang bisa dipakai dalam jangka waktu lama.

5. Barang sale (diskon).

Masalahnya adalah sering kali kita tergoda dengan barang yang murah atau diskonan. Hal ini akan berimbas pada barang yang tidak kamu butuhkan atau berkualitas rendah. Saran saya lebih baik kamu membeli barang yang sedikit mahal tapi berkualitas dan tahan lama.

6. Barang murah.

Jangan mudah tergoda dengan berharga murah, namun dengan kualitasnya jelek. Malah itu akan membuat barang yang kamu beli tidak terpakai dan membuatmu harus membeli barang lagi dan mengeluarkan uang lebih banyak. Lebih baik kamu membeli barang yang sedikit mahal, namun berkualitas tinggi sehingga bisa dipakai lebih lama.

7.Impulse buying.

Awalnya kita gak berniat beli apa-apa, namun sesampainya di mall kita lihat barang-barang lucu dan jadi ingin membeli ini itu. Stop kebiasaan ini sekarang juga karena bakalan bikin kantong kamu bolong.

Itulah 7 kebiasaan boros yang harus segera dihentikan agar kamu bisa hidup lebih hemat.