×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
9 Pantai indah di Bali ini bisa kamu jadikan rekomendasi liburan

0

Jalan-Jalan

9 Pantai indah di Bali ini bisa kamu jadikan rekomendasi liburan

Panorama yang menakjubkan yang dimiliki pantai-pantai ini jadi pilihan penulis.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

yosi sugiarto

10 / 02 / 2019 15:32

Pulau Bali adalah gugusan kepulauan di Indonesia yang menyuguhkan keindahan panorama alam serta keunikan adat istiadatnya. Tidaklah akan merasa jenuh serta bosan untuk mengunjungi  pulau yang satu ini. Maka tak heran jika Pulau Bali menjadi salah satu ikon pariwisata kita.

Berikut ini saya akan mereview 9 dari beberapa pantai yang ada di Pulau Bali dengan panorama yang menakjubkan. Bisa kamu jadikan rekomendasi untuk berkunjung jika berlibur ke Bali.

1. Pandawa Beach (Pantai Pandawa).

pandawa beach 

Pantai ini adalah salah satu pantai dengan pasir putihnya yang indah dan menarik. Pantai Pandawa ini merupakan pantai yang sedang naik daun akhir-akhir ini dan menjadi tujuan wisata bagi wisatawan domestik.

Loading...

Pantai Pandawa menyuguhkan pemandangan pantai yang berpasir putih dan bersih dengan ombak yang tenang serta bebas dari polusi kendaraan. Kita juga tidak akan terganggu oleh adanya pedagang Acung yang biasanya terdapat di beberapa Pantai lain di Pulau Bali.

 

9 Pantai indah di Bali ini bisa kamu jadikan rekomendasi liburan

Di sekitar pantai ini terdapat dua tebing yang sangat besar yang pada salah satu sisinya dipahat lima patung Pandawa dan Kunti. Pantai Pandawa di kenal juga dengan nama Secret Beach, karena lokasinya yang bisa dibilang agak tersembunyi dari hiruk pikuk aktivitas masyarakat sekitar.

Selain untuk tujuan wisata dan olahraga air, pantai ini juga dimanfaatkan untuk budidaya rumput laut karena kontur pantai yang landai dan ombak yang tidak sampai ke garis pantai. Cukup banyak wisatawan yang melakukan paralayang dari Bukit Timbis hingga ke Pantai Pandawa ini. Kawasan pantai ini juga sering digunakan sebagai lokasi pengambilan gambar untuk film sinetron layar kaca kita dan yang pasti spot yang sangat indah untuk berfoto ria.

 

2. Karma Kandara Beach (Pantai Karma Kandara).

9 Pantai indah di Bali ini bisa kamu jadikan rekomendasi liburan

Pantai Karma Kandara mungkin belum familiar di telinga kita, namun pantai yang satu ini sangatlah memesona. Pantai ini sangatlah sepi dan sangatlah cocok bagi kamu untuk mencari inspirasi ataupun menenangkan diri. Pantai ini berada di sebuah tebing yang sangat tinggi dan curam.

Pantai Karma Kandara dikelola oleh sebuah Resort dengan nama Karma Kandara dan pantai ini merupakan fasilitas yang ditawarkan oleh Resort tersebut. Namun demikian Pantai ini bisa kita kunjungi walaupun kita bukan tamu resort.

Pantai Karma Kandara merupakan salah satu objek wisata yang tergolong indah dan memesona. Keindahan pantai ini bukan hanya dari pasir putihnya yang bersih, namun menyuguhkan pemandangan tebing-tebing tinggi di sekitar pantai yang menjadi pembatasnya.

Karena tempat dan lokasinya yang privasi inilah yang menjadi nilai lebih dari obyek wisata ini. Maka hanya wisatawan yang ingin berjemur sambil bermalas-malasan saja tidak perlu terganggu dengan aktivitas hiruk pikuk orang lalu lalang berjualan. Bagi yang sedang honeymoon atau berbulan madu, mengunjungi Pantai Karma Kandara dan menginap di Resortnya adalah pilihan yang recommended dan tempat yang paling romantis bagi pasangan yang baru menikah.

Mereka yang menginap dan berkunjung di pantai ini didominasi oleh wisatawan asing. Karena letaknya tersembunyi dan lebih privasi, sehingga wisatawan lebih aman dan nyaman berada di sini. Jadi jangan heran jika situasi di sini sangat tenang dan sepi jika dibanding pantai-pantai lainnya di Bali.

Pantai ini berlokasi di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Lokasinya bisa ditempuh sekitar 40 menit perjalanan dari Bandara Ngurah Rai atau sekitar 27 km dari Kota Denpasar. Dulu pantai ini dikenal sebagai Pantai Nammos, namun semenjak Karma Kandara Resort dan Villas didirikan, sekarang lebih dikenal dengan Pantai Karma Kandara.

Untuk dapat menikmati keindahan alam di Pantai Karma Kandara ini, kita harus membayar sejumlah Rp250.000,00. Rp100.000,00 di antaranya adalah untuk membayar fasilitas makanan dan minuman yang disediakan oleh resort. Dengan menggunakan lift (eskalator), pengunjung diantar menuju ke bibir pantai. Lift (eskalator) ini digunakan sebagai sarana untuk menuruni bukit, karena pantai indah ini terletak di balik bukit yang curam.

Bagi kamu yang lebih suka berjalan kaki untuk menuruni tebing, kamu harus lebih ekstra hati-hati dan persiapkan fisik yang kuat. Karena hampir 350 anak tangga harus kamu tapaki, melewati lorong dan gang sempit di antara tembok pura dan Restaurant De Mare menuju Pantai Karma Kandara. Bagi kamu yang berjiwa petualang tentu lebih menyukai melewati jalur yang satu ini. Dan tentu saja lewat jalan ini gratis tidak dipungut biaya sepeser pun.

 

3. Dreamland Beach (Pantai Impian).

9 Pantai indah di Bali ini bisa kamu jadikan rekomendasi liburan

Pantai Dreamland ini hampir mirip dengan Pantai yang sangat tidak asing bagi kita, yakni Pantai Kuta. Pasirnya yang putih dan celah karang yang terjal menjadi sebuah pemandangan yang begitu memikat mata untuk dipandang.

Lokasi pantai ini tepat di bawah dinding karang yang curam dan sangatlah cocok untuk menikmati matahari tenggelam atau sekadar menyaksikan atraksi para peselancar. Ombaknya yang tinggi dan besar banyak diminati oleh para penggemar olahraga selancar air (surfing). Bahkan Pantai Dreamland ini telah dijadikan sebagai surfing spot untuk kawasan Bali.

Asal usul nama Dreamland ini dikarenakan dahulu di area ini sempat terdapat sebuah mega proyek perumahan dan objek wisata. Namun proyek tersebut terhambat dan terbengkalai sedangkan para penduduk desa Pecatu yang dulunya hidup sebagai petani sangat berharap proyek selesai dan mereka bisa menekuni bisnis lain di bidang pariwisata. Karena itulah lahan disekitar pantai disebut dengan Dreamland (tanah impian).

Konon Resort itu akan dipadukan dengan kawasan wisata, seraya memanfaatkan keindahan panorama dan keaslian alam sekitar, sekaligus pelestarian lingkungan hidup. Pemilik Resort tersebut adalah Tommy Soeharto sang anak mantan Presiden Soeharto, yang hendak membuat "lingkungan permukiman dan wisata paling unik di seluruh Asia Tenggara". Tapi seiring Indonesia tersapu krisis moneter dan krisis kredibilitas pimpinan, megaproyek ini mulai meredup. Lokasi pantai ini berada dalam kompleks Bali Pecatu Graha (Kuta Golf Link Resort) yaitu sekitar 30 menit dari Pantai Kuta.

 

4. Nusa Dua Beach (Pantai Nusa Dua).

9 Pantai indah di Bali ini bisa kamu jadikan rekomendasi liburan

Nusa Dua Bali  merupakan salah satu lokasi wisata di Pulau Bali, yang lokasinya berada di Bukit Peninsula, di bagian ujung tenggara Pulau Bali. Terbentang dari Semenanjung Tanjung Benoa, hingga ke area timur bukit Sawangan. Sedangkan untuk kawasan pariwisata Nusa Dua adalah sebuah kawasan pariwisata yang lebih terkenal dengan nama ITDC Nusa Dua.

Kawasan pariwisata Nusa Dua ini merupakan salah satu kawasan pariwisata kelas mewah yang ada di Pulau Bali dan sangat terkenal ke mancanegara. Berbagai event besar kenegaraan yang mendatangkan tamu dari berbagai negara selalu diselenggarakan di kawasan pariwisata Nusa Dua, Bali. Sebagian besar hotel di kawasan pariwisata Nusa Dua Bali ini adalah hotel mewah bintang lima. Selain hotel mewah, di kawasan pariwisata Nusa Dua juga terdapat fasilitas pendukung yang lain, di antaranya Nusa Dua Theater, Rumah Sakit Internasional, BIMC Hospital Nusa Dua, Pusat perbelanjaan atau Bali Collection Nusa Dua, Lapangan Golf terkenal Bali National Golf Club.

Nusa Dua sebagai salah satu tempat wisata Bali sangat terkesan dengan kemewahan dan sangat tertata rapi. Kebersihan sangat terjaga dan pepohonan terpelihara. Bagi kamu yang menginginkan untuk menginap di hotel resort berbintang lima dengan pemandangan pantai pasir putih yang bersih, maka hotel di kawasan Nusa Dua Bali ini mungkin dapat kamu prioritaskan untuk tempat menginap selama liburanmu di Bali.

Lokasi Pantai Nusa Dua ini terletak di paling ujung bagian tenggara Pulau Bali. Nusa Dua berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Denpasar. Jika kamu dari Bandara Internasional Ngurah Rai, jaraknya kurang lebih 8 kilometer, atau sekitar tiga puluh menit perjalanan dengan menggunakan mobil.

Kawasan wisata pantai Nusa Dua sendiri terdiri dari beberapa lokasi pantai, yakni Pantai Samuh, Pantai Mengiat, Pantai Geger, dan Pantai Sawangan.

 

5. Jimbaran Beach (Pantai Jimbaran).

9 Pantai indah di Bali ini bisa kamu jadikan rekomendasi liburan

Pantai Jimbaran Bali juga merupakan salah satu pantai berpasir putih di Pulau Bali yang sangat terkenal. Tekstur pasirnya halus dan berwarna putih kekuning–kuningan. Kebersihan pantai ini selalu terjaga dikarenakan ada petugas kebersihan yang bertugas membersihkan areal pantai setiap harinya.

Di sepanjang bibir pinggir pantai Jimbaran ini banyak dibangun hotel, spa, dan villa. Seperti Hotel Intercontinental dan Hotel Four Seasons Jimbaran, pihak hotel sendiri juga selalu menjaga kebersihan di tepi pantai, dengan mengadakan acara gotong royong membersihkan pantai dari sampah.

Dengan pemandangan pantainya yang indah dan memiliki pasir putih serta pemadangan matahari terbenam, maka banyak hotel di pinggir pantai yang sering menggelar berbagai acara. Dari tepi pantai kamu dapat melihat bandara Ngurah Rai yang merupakan satu-satunya bandara berstandar internasional di Bali.

Restoran yang berada di tepi pantai Jimbaran atau lebih familiar dengan sebutan cafe, menawarkan hidangan laut dengan berbagai macam olahan. Misalnya ikan bakar, cumi–cumi, kerang bakar, lobster, udang serta olahan hidangan laut lain nya. Hidangan laut ini disajikan dilengkapi dengan nasi, sayur plecing, sambal, lengkap dengan es kelapa muda dan minuman lain nya. Para pengunjung restauran atau café ini bebas menentukan seberapa banyak ikan yang diinginkan. Biasanya sebelum diolah dihitung per gram dari masing–masing jenis hidangan laut yang diinginkan. Harga dari makanan di Pantai Jimbaran Bali ini pun bervariasi, tergantung dari menu seafood yang dipilih oleh pengunjung. Selain itu juga tiap cafe tepi pantai ini menawarkan harga makanan seafood yang berbeda-beda.

Di sore hari menjelang malam, tempat wisata Jimbaran ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan mancanegara ataupun wisatawan domestik. Areal parkir restoran cukup luas dan dikelola oleh masyarakat setempat, jadi kamu tidak akan kesulitan untuk mencari tempat parkir. Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Jimbaran ini, selain mencari hidangan laut khas Bali, ada tujuan lain yaitu melihat pemadangan matahari terbenam atau sunset. Suasana pemadangan sunset sambil menyantap hidangan laut yang lezat serta desiran lembut ombak di pantai dengan pasir putihnya, adalah daya tarik utama dari tempat wisata Jimbaran ini.

 

6. Sanur Beach (Pantai Sanur).

9 Pantai indah di Bali ini bisa kamu jadikan rekomendasi liburan

Pantai Sanur adalah sebuah tempat pariwisata yang juga tidak kalah terkenal di Pulau Bali. Tempat ini terletak persis di sebelah timur Kota Denpasar. Sanur berada di kawasan Kotamadya Denpasar.

Karena memiliki deburan ombak yang lumayan cukup tenang, maka Pantai Sanur ini tidak bisa dipakai untuk berselancar atau surfing layaknya Pantai Kuta. Tak jauh dari lepas Pantai Sanur ini terdapat juga lokasi wisata selam dan snorkeling. Oleh karena kondisi lokasinya yang ramah dan aman, lokasi selam di area lepas pantai Sanur ini dapat digunakan oleh para penyelam dari semua tingkatan keahlian, mulai dari pemula hingga penyelam berpengalaman.

Pantai Sanur ini juga dikenal sebagai pantai matahari terbit atau Sunrise Beach karena lokasinya di sebelah timur Pulau Bali maka tepat sekali jika kamu ingin menikmati pemandangan matahari terbit di tempat ini. Sepanjang pantai Sanur ini menjadi tempat yang pas untuk melihat Matahari terbit. Apalagi saat ini telah dibangun oleh pihak dinas Pariwisata setempat semacam pondok-pondok mungil yang bisa dijadikan sebagai tempat duduk untuk menunggu Matahari terbit. Selain itu, ombak di pantai ini relatif sangat tenang dan aman sehingga sangatlah cocok untuk rekreasi dan tempat bermain air bagi anak-anak.

 

7. Kuta Beach (Pantai Kuta).

9 Pantai indah di Bali ini bisa kamu jadikan rekomendasi liburan

Namanya tidaklah asing bagi para wisatawan domestik atau wisatawan mancanegara. Setiap wisatawan jika berkunjung ke Pulau Bali pasti mengagendakan kunjungannya ke pantai yang satu ini.

Pantai Kuta merupakan simbol dari pariwisata pulau Bali dan merupakan objek wisata andalan sejak tahun 70-an, pantai ini terletak di kawasan Kecamatan Kuta yang berada di sebelah selatan Kota Denpasar. Pantai Kuta ini tempat yang pas untuk menikmati matahari tenggelam yang merupakan kebalikan dari Pantai Sanur. Pantai Kuta ini sangatlah tepat untuk menikmati berpulangnya sang mentari di ufuk barat dengan warnanya yang memesona. Maka bisa dikatakan rugi jika kita berkunjung ke Pulau Bali tanpa menginjakkan kedua kaki di hamparan pasir putih pantai ini.

Sebelum menjadi objek wisata, menurut sejarah Pantai Kuta merupakan sebuah pelabuhan dagang di mana produk lokal diperdagangkan kepada pembeli dari luar Bali. Pada abad ke-19, Mads Lange, seorang pedagang Denmark, datang ke Bali dan mendirikan basis perdagangan di Kuta. Ia ahli bernegosiasi sehingga dirinya terkenal di antara raja-raja Bali dan Belanda.

Pantai Kuta terkenal memiliki ombak yang bagus untuk olahraga selancar (surfing), terutama bagi peselancar pemula. Selain keindahan pantainya, wisata pantai Kuta juga menawarkan berbagai jenis hiburan bagi wisatawan yang berkunjung ke sana, seperti bar, restoran, pertokoan, hotel, dan toko-toko kelontong, serta tidak kalah ramainya beberapa pedagang kaki lima (Acung) di sepanjang pantai.

Sebagai tempat wisata pantai, Pantai Kuta dilengkapi lahan parkir di sepanjang pantai, kamar mandi umum, payung pantai untuk bersantai, dan menikmati deburan ombak samudera Hindia, kios makanan dan minuman, serta tempat penyewaan papan selancar.

 

8. Tanah Lot Beach (Pantai Tanah Lot).

9 Pantai indah di Bali ini bisa kamu jadikan rekomendasi liburan

Spot wisata pantai ini tidaklah seperti pantai yang lain yang mana kita bisa menikmati pesona pantai dengan duduk santai atau bermain air serta berenang, karena letak geografis pantai ini sangatlah terjal dan tidak banyak bahkan bisa di bilang tidak ada turis lokal maupun mancanegara yang berenang di area pantai ini.

Deburan ombak pantai ini sangatlah besar dan sangat berbahaya untung di buat berenang. Di pantai ini terdapat sebuah obyek wisata yang menarik untuk di kunjungi yakni pura Tanah Lot yang letaknya di atas sebuah batu besar dan satunya lagi di sebuah tebing dimana pura ini lokasi nya ada di bibir pantai samudera hindia. Lokasi ini sangatlah pas untuk menikmati moment matahari tenggelam atau sunset dan ber-selfie ria dengan background pura.

9 Pantai indah di Bali ini bisa kamu jadikan rekomendasi liburan

Nama Tanah Lot sendiri mempunyai makna yakni batu karang di tengah pantai, yang mengacu pada legenda tentang penyebaran agama Hindu di Bali. Menurut legenda, pura ini dibangun oleh seorang brahmana pengembara dari Pulau Jawa, yaitu Brahmana Danghyang Nirartha yang berhasil menguatkan kepercayaan penduduk Bali akan ajaran Hindu dan membangun Sad Kahyangan tersebut pada abad ke-16.

Pada saat itu, penguasa Tanah Lot yang bernama Bendesa Beraben merasa iri kepadanya dikarenakan para pengikutnya mulai pergi meninggalkannya untuk mengikuti ajaran Brahmana Danghyang Nirartha. Bendesa Beraben kemudian menyuruh Danghyang Nirartha meninggalkan Tanah Lot. Danghyang Nirartha menyanggupi, tetapi sebelumnya ia dengan kekuatannya memindahkan Bongkahan Batu ke tengah pantai (bukan ke tengah laut) dan membangun pura di sana. Ia juga mengubah selendangnya menjadi ular penjaga pura. Ular ini masih ada sampai sekarang dan secara ilmiah ular ini termasuk jenis ular laut yang mempunyai ciri-ciri berekor pipih seperti ikan, warna hitam berbelang kuning dan mempunyai racun bisa yang 3 kali lebih kuat dan mematikan dari ular cobra.

Objek wisata Tanah Lot ini terletak di Beraban, Kediri, Tabanan sekitar 13 kilometer di sebelah selatan Kota Tabanan. Di sebelah utara Pura Tanah Lot, sebuah pura lain yang dibangun di atas tebing yang menjorok ke laut. Tebing ini menghubungkan Pura dengan daratan dan berbentuk seperti jembatan (melengkung). Pura ini disebut Pura Karang Bolong.

 

9. Menjangan Beach (Pantai Menjangan).

9 Pantai indah di Bali ini bisa kamu jadikan rekomendasi liburan

Namanya saja sudah bisa kita tebak jika di pantai ini banyak menjangan berkeliaran. Memang benar bahwa di kawasan pantai ini banyaklah menjangan liar berkeliaran dan jika kita berkunjung ke lokasi wisata yang satu ini kita bisa melihat menjangan atau rusa yang sedang bermain air di bibir pantai yang berpasir putih dengan suasana birunya langit yang membuat kita serasa berada di surga.

Pantai Menjangan termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat. Taman Nasional yang mencakup area seluas lebih dari 19.000 hektar. Taman Nasional Bali Barat ini penuh dengan berbagai macam flora dan fauna. Dan pantai ini merupakan bagian terbaik dari Taman Nasional Bali Barat.

Kamu dapat menghabiskan pagi harimu menjelajahi taman wisata ini bersama pemandu dan masih memiliki waktu untuk kegiatan yang lain, karena kamu bisa berkeliling di seluruh pulau dalam waktu sekitar 1 jam dan 15 menit. Jika beruntung, kamu dapat bertemu dengan beberapa rusa rusa langka di sini. Tak lengkap rasanya jika kita datang ke Pulau Menjangan tanpa mencoba snorkling atau diving. Meskipun lokasi wisata ini tidak berpenghuni sepenuhnya, perairan di sekitar kawasan ini sangat terpelihara dengan baik, menawarkan beberapa terumbu karang yang spektakuler yang sempurna untuk dijelajahi.

Ada beberapa spot menyelam kelas dunia yang berbeda di lepas pantai pulau ini, yaitu Anker wreck, kapal berusia 150 tahun dengan kedalaman sekitar 40 meter, serta Kebun Belut Dangkal serta Pos 1 dan 2, di mana masing-masing merupakan habitat bagi beberapa spesies laut yang berwarna-warni.

Pulau Menjangan mungkin kecil, tetapi banyak hal menarik yang dapat ditawarkan pulau ini kepadamu. Lagi pula, di mana lagi di dunia ini kamu bisa bersantai di pinggir pantai di antara kawanan rusa?

 





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red