×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
8 Warna cat terbaik untuk tiap ruang rumah berdasarkan psikologi warna

0

Rumah

8 Warna cat terbaik untuk tiap ruang rumah berdasarkan psikologi warna

Ternyata warna yang kamu lihat pada setiap ruang di rumah memiliki efek psikologis, loh.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Audy Ramadhani

04 / 06 / 2020 11:50

Rumah adalah tempat bernaung, melepas penat dan melakukan berbagai aktivitas. Berhubung sudah pertengahan tahun dan masih dalam masa karantina, mungkin ada yang sedang berencana mengganti warna cat rumah atau bingung memilih warna yang pas untuk setiap ruangan di rumah.

Warna yang tertangkap oleh mata nyatanya memiliki efek psikologis yang bisa kamu rasakan. Penggunaan warna-warna baru dan menarik akan menimbulkan beragam efek psikologis yang positif.

Psikologi warna sendiri menurut Carl Gustav Jung, seorang psikolog ternama asal Swis, menyakini dan membuktikan bahwa warna punya makna, potensi, dan kekuatan untuk memengaruhi. Bahkan menghasilkan efek tertentu pada produktivitas, emosi, hingga perubahan mood (suasana hati) seseorang.

Nah, supaya lebih nyaman beraktivitas di rumah, yuk kita cari tahu warna terbaik untuk setiap ruangan rumah.

1. Dapur: kuning.

Loading...

dapur kuning

foto: brightside.me

Dapur dengan warna kuning ini bisa meningkatkan nafsu makan karena warna tersebut mampu memproduksi serotonin dalam tubuh sehingga warna ini cocok digunakan di dapur. Warna ini dianggap bisa menstimulasi perasaan bahagia dan semangat. Ini juga alasan sebagian besar restoran berwarna kuning.

2. Ruang kerja dan gym: merah.

ruang kerja merah

foto: brightside.me

Jika kamu sedang bingung memilih warna yang pas untuk ruang kerjamu, merah bisa menjadi pilihan. Menurut para ahli, warna ini mempunyai sifat membangkitkan gairah sehingga kita lebih berenergi juga produktif. Saat bekerja di kantor atau ruangan berwarna merah, kecepatan dan kekuatan reaksi seseorang pun meningkat.

3. Kamar tidur: biru.

kamar tidur biru

foto: brightside.me

Ruang tidur membutuhkan kesan yang tenang supaya kita bisa rileks. Oleh karena itu, biru merupakan warna yang cocok jika digunakan di ruang tidurmu. Warna ini mampu mengisi ruangan dengan ketenangan, kesejukan, dan kebebasan. Selain itu, warna biru membangkitkan emosi dan dapat menurunkan denyut nadi seseorang.

4. Pintu masuk dan lorong: abu-abu.

pintu masuk abu-abu

foto: brightside.me

Menurut desainer interior terkenal, Susan Bednar Long, warna abu-abu paling cocok untuk pintu masuk dan lorong karena berfungsi sebagai warna netral terhadap ruang yang lain. Penggunaannya dapat menciptakan kontras yang baik dan dapat dipadukan dengan warna lain, namun tidak membuat warna tersebut tenggelam.

5. Ruang belajar atau ruang kerajinan: lilac.

ruang belajar ungu

foto: brightside.me

Ruang belajar maupun ruang kerajinan yang berwarna ungu atau rona ungu mampu memberi dorongan kreatif bagi diri. Hal ini karena warna ungu sangat terkait dengan imajinasi dan kreativitas.

Leonardo da Vinci percaya bahwa kekuatan meditasi meningkat 10 kali ketika dilakukan dalam cahaya ungu. Ungu tua memiliki vibe yang menyenangkan dan warna turunannya dapat kamu gunakan untuk mengubah mood sebuah ruangan yang sudah membosankan.

6. Ruang keluarga: oranye.

ruang keluarga oranye

foto: brightside.me

Pemakaian warna oranye dapat membuatmu merasa bersemangat dan antusias sekaligus membangkitkan perasaan hangat. Karena sifatnya, ia paling cocok untuk ruang tamu atau area inti rumahmu.

7. Kamar anak: hijau muda.

kamar anak hijau muda

foto: brightside.me

Cat yang digunakan untuk kamar anak, terutama balita mampu memengaruhi perkembangannya sehingga yang paling cocok adalah hijau. Hijau memiliki efek menenangkan, terkesan sejuk, lembut, dan mewakili kesehatan. Selain itu warna hijau juga bisa mengurangi tekanan dan dapat membantu bayimu tidur nyenyak.

8. Space sibuk: pink.

ruang sibuk pink

foto: brightside.me

Dinding merah muda cenderung memecah ketegangan yang terbentuk dan membantu menghindari konflik. Pink dapat membangkitkan sifat-sifat kebaikan dan kasih sayang. Untuk ruang yang sibuk seperti kantor, toko, atau bahkan ruang besar, pilihlah warna pink.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red