×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
8 Tim Nasional sepak bola paling sukses di dunia

0

Olahraga

8 Tim Nasional sepak bola paling sukses di dunia

Mereka memenangkan World Cup dan medali emas Olimpiade.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Gus Eka

04 / 07 / 2018 10:59

Piala Dunia 2018 banyak menghadirkan kejutan, mulai dari tersingkirnya juara bertahan Jerman, tim-tim unggulan seperti Argentina, Spanyol dan Portugal hingga kejutan Korea Selatan yang di atas kertas tidak diunggulkan saat melawan Jerman, justru memenangkan pertandingan.

Dalam sejarah, selain Piala Dunia ada ajang sepak bola dan olimpiade yang juga tak kalah gengsinya. Berikut ini 8 negara yang paling sukses memenangkan ajang Piala Dunia dan olimpiade di dunia.

1. Rusia/Uni Soviet (2 medali emas Olimpiade).

Timnas Rusia

FIFA mengakui Timnas Rusia sebagai penerus Uni Soviet, sehingga bisa dikatakan semua prestasi dari Timnas Uni Soviet terdahulu adalah milik Timnas Rusia saat ini. Timnas Uni Soviet berhasil memenangkan medali emas pada Olimpiade Musim Panas tahun 1956 di Australia dan 1988 kembali meraih medali emas ini saat olimpiade dilakukan di Negeri Gingseng, Korea Selatan. Meskipun belum pernah memenangkan Piala Dunia FIFA World Cup, namun dari masa Uni Soviet hingga Rusia sekarang, timnas ini selalu mampu lolos kecuali pada tahun 1974 dan 1978. Wah, keren ya tim Beruang Merah ini, apalagi sudah menang melawan timnas Spanyol dalam fase 16 besar.

Loading...

2. Hungaria (3 medali emas Olimpiade).

Timnas Hungaria

Dibentuk diawal abad ke 20, Timnas Hungaria muncul ke kancah internasional pada tahun 1912 pada Olimpiade Musim Panas di Swedia. Hasil pertama permainan ini adalah Hungaria kalah 7-0 dari Inggris. Namun, rupanya hal ini tak membuat timnas negara tetap lemah, karena di Olimpiade Helsinki 1952 mampu meraih medali emas. Tak hanya itu tahun 1964 di Olimpiade Tokyo dan 1968 Olimpiade di Meksiko, Timnas Hungaria mampu mempertahankan medali emasnya. Buat FIFA World Cup negara ini pun rupanya bertaring juga guys, yakni mampu meraih medali perak tahun 1938 dan 1954.

3. Argentina (2 Piala Dunia dan 2 medali emas Olimpiade).

Timnas Argentina

Argentina dan Prancis menjadi dua negara yang berhasil memenangkan tiga kejuaraan sepak bola paling bergengsi di dunia yakni, FIFA World Cup, Olimpiade dan Piala Konfederasi. Awal kegemilangan Timnas Tango ini dimulai tahun 1978 saat memenangkan Piala Dunia FIFA, kemudian tahun 1986 menang lagi setelah mengalahkan Jerman Barat. Piala Konfederasi FIFA dimenangkan Jerman tahun 1992. Kegemilangannya di ajang Olimpiade dengan memenangkan dua kali medali emas berturut-turut pada Olmpiade Athena 2004 dan Beijing 2008. Selain itu, masih banyak ajang yang dimenangkan Timnas Argentina walau sayang belum pernah meraih juara Piala Dunia lagi.

4. Inggris/Inggris Raya (1 Piala Dunia FIFA dan 3 medali emas Olimpiade).

Inggris

Negara yang menyelenggarakan Olimpiade Musim Panas tahun 2012 ini juga menunjukkan taringnya dalam bidang sepak bola. Timnas Inggris ini mampu meraih satu kali juara dunia di FIFA World Cup tahun 1966 sebagai perwakilan Inggris. Serta untuk ajang Olimpiade keempat negara pembentuk United Kingdom yaitu Irlandia Utara, Inggris, Wales dan Skotlandia yang mengirim dalam satu tim dan berhasil meraih 3 kali medali emas hampir satu abad yang lalu yaitu tahun 1900, 1908 dan 1912. Wah, sepertinya Timnas Inggris bakal pengen dapat gelar lagi mengingat kedua kejuaraan yang dimenangkan sudah sangat lama.

5. Uruguay (2 Piala Dunia FIFA dan 2 medali emas Olimpiade).

Timnas Uruguay

Negara ini memiliki timnas sepak bola yang tangguh. Memenangkan 15 kali Juara Copa America tentu tak bisa menganggap enteng saat menghadapi timnas ini ketika bertanding. Untuk ajang FIFA World Cup, Uruguay memenangkan ajang ini pada tahun 1930 saat FIFA World Cup berlangsung di negara mereka sendiri dengan mengalahkan Argentina. Selanjutnya tahun 1950 dengan mengalahkan Brazil. Untuk pentas Olimpiade, negara yang beribukota Montevideo ini mampu meraih gelar juara pada tahun 1924 dan 1928. Negara ini pun diakui sebagai negara terkecil di dunia yang mampu memenangkan Piala Dunia FIFA dan Olimpiade. Wow, bibit sepak bola negara in memang mumpuni banget ya! Dan ia sekarang lolos 8 besar, jadi bisa nambah kalau memenangkan ajang Piala Dunia 2018 di Rusia nih.

6. Italia (4 Piala Dunia FIFA dan 1 medali emas Olimpiade).

Timnas Italia

Timnas Italia adalah salah satu negara paling banyak mengoleksi gelar juara dunia yakni 4 kali pada tahun 1934, 1938, 1982 dan terakhir tahun 2006. Untuk 1 medali emas Olimpiade pernah dimenangkan tahun 1936 sehingga sudah sangat lama mereka tak meraihnya. 2018 pun menjadi tahun yang tak bagus buat Timnas Italia karena tak berhasil lolos ke ajang Piala Dunia di Rusia. Duh, jadi gak bisa nambah koleksi gelar deh.

7. Jerman Timur/Jerman Barat/Jerman (4 Juara Dunia FIFA dan 1 medali emas Olimpiade).

Timnas Jerman

Meskipun harus tersingkir dan menjadi juru kunci di fase grup Piala Dunia 2018, Jerman adalah salah satu tim sepak bola yang tangguh di dunia. Tim berjuluk Panser ini berhasil meraih gelar juara Piala Dunia FIFA tahun 1954, 1974, 1990 dan 2014. Selain menang sebagai juara, mereka juga pernah mendapatkan 4 kali medali perak dan 3 perunggu di Piala Dunia FIFA. Sebelum reunifikasi, Jerman Timur pernah memenangkan sekali medali emas Olimpiade tahun 1976 sehingga semakin menambah banyak gelar juara bagi Tim Panser ini.

8. Brazil (5 Piala Dunia FIFA).

Timnas Brazil

Brazil dianggap sebagai negara paling sukses dalam hal persepak bolaan. Sebab tim berjuluk Tim Samba ini berhasil meraih 62 gelar juara dalam kancah internasionalnya. Brazil sendiri menjadi sorotan sebagai negara yang timnasnya tangguh sejak tahun 1950an saat berhasil masuk babak final FIFA World Cup, namun sayang kalah dari Uruguay. Selanjutnya mereka berhasil memenangkan gelar juara pada tahun 1958, 1962, 1970, 1994 dan 2002. Berbeda halnya dalam ajang Olimpiade, Timnas Brazil belum bisa unjuk gigi dengan merebut medali emas satu kali pun. Di tahun 2018 ini, Timnas dari negara yang 4 tahun lalu menyelenggarakan ajang Piala Dunia ini mempunyai kesempatan untuk menambah gelar setelah berhasil mengalahkan Meksiko di 16 besar. Wih, makin tak terkejar deh jumlah gelarnya kalau berhasil jadi juara.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red