Indonesia sebagai negara berkembang pada saat ini memasuki era pembangunan infrastruktur yang guna menyejahterakan kehidupan bagi rakyat seluruh indonesia. Bagi para masyarakat tentu sering melihat para pekerja kontruksi yang di sana yang memakai helm ketika bekerja. Setiap pekerja kontruksi bahkan untuk tamu yang cuma sekedar berkunjung pun diwajibkan untuk memakai helm tersebut.

Memang dalam kenyataannya hal ini belum diterapkan oleh semua kontraktor atau pemborong terutama mereka yang bandel, tetapi memakai helm di lokasi proyek itu sebenarnya adalah wajib hukumnya sesuai dengan UU ketenaga kerjaan di Indonesia karena ini berhubungan dengan keselamatan hidup seseorang seperti halnya kewajiban memakai helm pada saat mengendarai kendaraan bermotor.

Tujuan utama dipakainya helm atau sering disebut helm proyek yaitu untuk melindungi jatuhan material dari atas ketika para pekerja bekerja. Tentu akan sangat berbahaya jika saat sedang bekerja tiba-tiba karena tertiup angin atau pun karena pekerja yang bekerja dibagian atas secara tidak sengaja menjatuhkan peralatan yang digunakannya seperti mur baut tang dll. jika langsung mengenai kepala yang tidak terlindungi.

Ternyata warna helm ini ada artinya yang biasanya mencerminkan posisi atau pun peranan orang tersebut dalam proyek tersebut. Jadi tidak bisa suka-suka pilih warna helm proyek saat berada di lokasi proyek sesuai keinginan pemakai. Ada aturan mengenai kode warna helm proyek namun aturan ini tidak berlaku secara umum di semua negara atau pun perusahaan.
adapun arti dari beberapa warna Helm Proyek antara lain :

1. Helm Putih

Tak disangka, ini makna 7 warna helm safety proyek yang kudu kamu tahu

Orang-orang yang memakai helm dengan warna putih mereka biasanya adalah para manajer proyek, pengawas pada proyek tersebut, para insinyur dan juga mandor. Ini kasta tertinggi dalam suatu proyek. Mereka lah yang bertanggung jawab segala sesuatu mengenai pekerjaan proyek tersebut

2. Helm Kuning

Tak disangka, ini makna 7 warna helm safety proyek yang kudu kamu tahu

Helm yang paling banyak pemakainya ini jika kalian berada di suatu proyek ini biasa dipakai oleh pekerja biasa atau pun buruh warna ini tergolong cukup mencolok. Dengan warna yang mencolok mereka akan lebih mudah terlihat apabila ada kendaraan yang lalu lalang lewat proyek. Sehingga diharapkan resiko kecelakaan pun bisa diminimalisir.

3. Helm Biru

Tak disangka, ini makna 7 warna helm safety proyek yang kudu kamu tahu

Helm dengan warna biru ini biasanya digunakan oleh site supersivor, elektrikal contraktor, pengawas sementara, namun di kenyataan lapangan helm ini lebih sering digunakan oleh operator alat-alat berat seperti forklift, bulldozer, crane

4. Helm Hijau

Tak disangka, ini makna 7 warna helm safety proyek yang kudu kamu tahu

Beberapa pekerja proyek mungkin ada beberapa orang yang sedang membersihkan sampah-sampah di area proyek, untuk itu mereka menggunakan helm berwana hijau yang biasanya digunakan untuk petugas cleaning dan lingkungan. Alasan menggunakan helm warna ini mungkin sesuai semboyan mereka yaitu Go Green

5. Helm Pink

Tak disangka, ini makna 7 warna helm safety proyek yang kudu kamu tahu

Untuk warna pink, ini biasanya dipakai para Pekerja Baru atau pun anak-anak Magang. Berbahagialah kamu anak magang yang punya warna favorit pink karena kamu bisa bergaya dengan helm proyekmu selama magang.

6. Helm Orange

Tak disangka, ini makna 7 warna helm safety proyek yang kudu kamu tahu

Untuk para Tamu perusahaan atau dari luar yang datang meninjau lokasi proyek biasanya mereka diberi helm keselamatan yang berwarna oranye

7. Helm Merah

Tak disangka, ini makna 7 warna helm safety proyek yang kudu kamu tahu

Helm yang bisa dibilang paling sedikit namun perannya sungguh besar untuk pekerjaan proyek. Helm ini dipakai oleh petugas Safety, mereka mungkin agak cerewet namun itu bertujuan untuk menjaga kesehatan dan keselamatan kerja seluruh orang yang ada di proyek tersebut.

Mengingat tingginya angka kecelakaan kerja proyek akibat kurangnya kesadaran mengenai keselamatan kesehatan kerja di ruang lingkup proyek di negara ini. Hendaknya kita selalu menanamkan berbudaya disiplin kesehatan keselamatan kerja (K3) ketika sedang melakukan pekerjaan yang kita lakukan sehari-hari.

Keselamatan berasal dari diri kita sendiri bukan orang lain, Safety Yess Accident No !!!