×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Tips menjaga kesehatan mental semasa pandemi Covid-19

0

Kesehatan

7 Tips menjaga kesehatan mental semasa pandemi Covid-19

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan guna menjaga kesehatan mental semasa pandemi.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Damara Raymond

07 / 01 / 2021 10:38

Di masa pandemi Covid-19 ini, rata-rata orang sangat sibuk dan panik dengan masalah kesehatan fisik. Tidak ada satu pun orang yang siap untuk menghadapi pandemi Covid-19 yang berlangsung selama ini. Karena hampir semua orang terlalu panik dengan kondisi fisik dan keadaan saat pandemi ini, mereka sampai lupa untuk menjaga kesehatan mentalnya.

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental adalah salah satu hal yang paling penting untuk dijaga, terutama saat pandemi. Banyak yang mengalami stres, cemas berlebihan, depresi, dan penyakit mental lainnya karena terpaksa untuk beradaptasi dengan kebiasaan dan keadaan baru ini. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kesehatan mentalmu tetap terjaga.

1. Olahraga.

Olahraga

Melakukan olahraga adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan semua orang, saat pandemi maupun tidak. Selain dapat menambah kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit, olahraga juga bisa memperbaiki suasana hati dan mengurangi rasa depresi serta stres pada pikiran.

Loading...

Secara ilmiah, saat melakukan kegiatan olahraga kamu mengurangi kadar kortisol yang merupakan hormon penyebab stres dalam tubuh dan juga merangsang produksi endorfin, yaitu hormon yang mampu memperbaiki suasana hati serta mencegah stres dan depresi. Endorfin bahkan dapat membuatmu merasa lebih rileks dan optimis setelah melakukan kegiatan olahraga.

Olahraga bisa dilakukan di mana saja, baik di dalam ataupun di luar rumah. Jika merasa malas untuk melakukan olahraga di luar rumah, kamu bisa berolahraga sangat mudah di dalam rumah, salah satu contohnya adalah naik turun tangga berulang kali. Jika merasa tidak mampu untuk melakukan olahraga yang berat, kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging, stretching, berenang, skipping, bersepeda, dan olahraga ringan lainnya.

Pastinya setiap kegiatan olahraga mempunyai manfaat masing-masing, tetapi semua kegiatan olahraga sangat bermanfaat bagi kekebalan tubuh dan kesehatan mental. Lakukan kegiatan olahraga semampumu.

2. Hobi.

Hobi

Saat pandemi ini berlangsung, semua orang disarankan untuk melakukan berbagai macam kegiatan dari rumah. Banyak sekali waktu luang yang terbuang begitu saja hanya untuk rebahan dan bermalas-malasan. Akan lebih baik jika waktu tersebut kamu gunakan untuk mengasah hobi atau bahkan mencari hobi baru. Mengasah hobi dan mencari hobi baru dapat membuat pikiran rileks, mengalihkan pikiran, dan membuatmu melupakan saat-saat stres ini untuk sementara waktu.

Banyak hobi yang bisa kamu lakukan di lingkungan rumah atau di dalam rumah, seperti masak, membuat kerajinan tangan, fotografi, main game, membaca buku atau majalah, menulis, dan lain-lain. Beberapa hobi tersebut dapat menghasilkan uang, seperti menjual hasil masakan sendiri, jasa fotografi atau videografi, ikut turnamen game, dan lain-lain. Ada beberapa hobi yang tidak dapat menghasilkan uang, tetapi hobi tersebut juga dapat berpengaruh kepada kesehatan mental dan melatih keterampilanmu.

3. Melakukan kegiatan yang kreatif.

Kegiatan Kreatif

Jika merasa bosan saat ada waktu luang, bingung mau melakukan apa, dan ingin melakukan kegiatan yang seru, kamu bisa menjalankan kegiatan kreatif dengan tujuan untuk bersenang-senang dan tidak perlu melakukannya dengan serius. Misalnya membuat hal kreatif dengan menggunakan cat atau spidol yang mudah untuk dilakukan dan tidak menggunakan banyak bahan.

Kamu bisa menggambar dengan spidol warna-warni di atas kertas, membuat gambar menggunakan tangan, dan mewarnai kertas dengan spons. Adapun hal kreatif lain yang tidak menggunakan cat atau spidol seperti melipat kertas menjadi berbagai macam bentuk, menghias dinding dengan dekorasi, atau menempelkan gambar-gambar yang sudah dicetak. Sesudah itu, kamu dapat mengambil foto hasil kreativitasmu tadi dengan pengaturan lampu yang unik agar fotomu terlihat bagus. Kegiatan-kegiatan tersebut bisa kamu lakukan untuk kesenangan diri sendiri dan membuatmu lupa sejenak dengan kesulitan yang terjadi pada saat ini.

4. Perawatan atau memanjakan diri.

Perawatan

Melakukan perawatan diri adalah hal yang penting. Dengan keadaan pandemi seperti sekarang, luangkan sedikit waktu untuk melakukan perawatan diri. Perawatan diri bisa kamu lakukan dengan mudah, tetapi ada juga yang memerlukan banyak langkah.

Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan dengan mudah, seperti istirahat cukup, mengonsumsi makanan sehat, pergi ke salon untuk creambath, dan lain-lain. Ada pula perawatan diri yang membutuhkan waktu cukup lama atau kompleks, seperti luluran, maskeran, dan berendam di air hangat. Jika melakukannya secara bersamaan, kamu pasti akan merasakan relaksasi pada badan, hati pun merasa senang dan tenang.

5. Bercerita tentang perasaan.

Bercerita Tentang Perasaan

Di masa-masa sulit ini, ada kalanya kamu merasa sangat lelah atau stres dengan keadaan yang terus-menerus seperti ini. Pada saat seperti inilah kamu membutuhkan teman untuk bercerita dan mendengarkan cerita tentang perasaan yang sedang kamu alami seperti senang, sedih, kesal, putus asa, dan lain-lain.

Orang yang bisa menjadi teman bercerita bukan hanya teman, tetapi juga keluarga. Tetapi jika kamu merasa tidak bisa atau tak nyaman untuk menceritakan perasaanmu kepada teman atau keluarga, kamu bisa menggunakan buku jurnal dan mengisinya dengan curahanmu ataupun bisa konsultasi dengan psikolog atau psikiater. Dalam bentuk apa pun, asal kamu mencurahkan perasaan dan merasa nyaman melakukannya, akan sangat membantu kesehatan mentalmu. Dengan melakukan kegiatan ini, kamu bisa merasa tenang dan nyaman.

6. Meditasi.

https://cdn-brilio-net.akamaized.net/community/content_image/2021/01/06/image_1609918442_5ff567eaa677d.jpg

Meditasi adalah kegiatan untuk melatih fokus pikiran sehingga pandanganmu jernih akan kondisi saat ini dan tetap merasa tenang. Meditasi umumnya dilakukan dengan posisi duduk tenang dan mengatur pernapasan perlahan-lahan selama setidaknya 15-20 menit.

Selain untuk menangani gangguan mental, meditasi juga dapat mengatasi penyakit fisik. Meditasi diyakini dapat memberikan ketenangan dan keseimbangan jiwa, sehingga emosi dan kesehatan tubuh stabil secara keseluruhan. Dengan melakukan meditasi, kamu akan merasa lebih fokus terhadap hal-hal yang lebih layak dan penting untuk dipikirkan.

7. Menjauhkan diri dari hal-hal yang merugikan.

Stress

Menjauhkan diri dari hal-hal yang merugikan bukan berarti egois, tetapi itu berarti kamu mengetahui dan mengenali batasan yang wajar bagi dirimu. Beberapa contoh hal yang akan berdampak negatif terhadap diri adalah saat orang yang tidak terlalu kamu kenal mulai mengomentari hal negatif tentang kamu, melihat media sosial dan mulai membandingkan dirimu dengan orang lain yang akan menjadi beban pikiran, terlalu sering memegang handphone sampai lupa waktu, atau ada orang yang kasar secara verbal maupun non-verbal terhadap dirimu. Hal-hal negatif tersebut harus kamu jauhi agar merasa tenang, nyaman, dan aman yang akan memengaruhi ketenangan jiwa dan kesehatan mentalmu.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental di masa susah, terutama saat pandemi Covid-19 ini. Jika terjadi stres berlanjut, maka disarankan untuk menghubungi psikolog.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red