×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Tips hidup super hemat buat anak kos yang lagi merantau

0

Life

7 Tips hidup super hemat buat anak kos yang lagi merantau

Biar gak kelabakan pas akhir bulan nih.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Hanifah Ist

22 / 10 / 2018 11:04

 

Gak bisa dipungkiri lagi kalau zaman sekarang ini kebutuhan dan juga gaya hidup yang disuguhin kebanyakan mahal-mahal. Dari makanan hingga kebutuhan lainnya bisa jadi mahal banget. Apalagi bagi anak yang merantau alias jauh dari orang tua, harus bisa pintar memanage uang bulanan yang dikasih supaya kebutuhan hidup tetap terpenuhi. Nah, berikut ini tips-tips yang bisa kamu ikuti.

1. Bikin skala prioritas.

Kalau mau hemat, harus bisa bedain antara keinginan dan kebutuhan. Supaya jangan sampe terlena sama apa yang di depan mata. Dengan membuat skala prioritas, kita bisa melihat betul apa yang bener-bener kita butuhkan berdasarkan prioritas kebutuhan kita sebagai mahasiswa. 

 

Loading...

2. Tentukan jadwal makan dalam sehari.

Biasanya uang kita akan boros untuk makanan atau jajan-jajan iseng. Karena ngerasa uang yang dikeluarin dikit, tapi tanpa disadari kalau dihitung-hitung lagi pengeluaran seperti inilah yang bikin uang cepat habis. Pastikan makan hanya 3 kali sehari atau ini bisa disesuaikan dengan diri masing-masing. Namun, poinnya adalah dengan begini jadi terlihat jelas ke mana pengeluaran kita.

 

3. Tentukan hari untuk bersenang-senang.

Maksudnya adalah, dalam seminggu kita menentukan satu hari di mana kita bisa bersenang-senang. Biasanya sih weekend, karena hari libur. Tapi bisa juga hari lain apalagi kalau melihat weekend biasanya harga-harga pada naik. Intinya tetap adakan satu hari untuk bersenang-senang supaya hidup tidak monoton dan tetap bisa menikmati hidup. Hal yang bisa dilakukan pada hari senang-senang ini adalah bebas jajan makanan kecil setelah dari kemarin-kemarin tidak bisa jajan. Tapi tetap harus ditetapkan pengeluaran maksimal dalam satu hari ini.

 

4. Ikuti kegiatan yang bisa menghasilkan uang.

Banyak sekali kegiatan di kampus yang bisa membantu kita meghasilkan uang tambahan setidaknya buat makan atau parkir kendaraan. Coba cari di kampus masing-masing ya!

 

5. Simpan uang koin.

Terkadang karena hanya "sekadar" koin kita suka melupakan keberadaannya. Tetapi dengan kita mengumpulkan pundi-pundi tersebut, bisa buat tambahan uang untuk bayar parkir di kampus atau di manapun.

 

6. Cari part time job.

Nah, ini dia hal yang bisa banget nambah uang jajan kita dalam sebulan. Biasanya mahasiswa suka mencari-cari part time atau kerja sambilan. Biasanya kerja sambilan ini dibayar dalam sehari dan kita gak kerja full satu minggu. Jam kerjanya pun beragam dan tentunya disesuaikan dengan jadwal kuliah masing-masing.

 

7. Bawa rice cooker.

Sebenarnya ini sangat opsional sih, karena banyak juga yang sayang jika harus nambah biaya listrik lagi di kosan. Tapi kalau dihitung-hitung lagi, dengan memasak nasi sendiri kita tinggal beli saja lauknya di warung makan tanpa nasi. Mengingat jadwal makan yang tiga kali sehari, ini akan jadi hal yang bisa menekan pengeluaran dalam sebulan.

Nah, itu dia tips-tips untuk hidup hemat bagi mahasiswa rantau. Selamat mencoba!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red