×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Kuliner Jogja yang wajib kamu coba, nikmat dan khas

0

Jalan-Jalan

7 Kuliner Jogja yang wajib kamu coba, nikmat dan khas

Tak hanya terkenal dengan berbagai destinasi wisata alam dan budaya yang menarik, Jogja juga punya kuliner yang lezat dan khas.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Tyas Arini

17 / 10 / 2019 12:10

Sisa 3 bulan lagi kita akan meninggalkan tahun 2019. Tidak terasa segala aktivitas dan hiburan sudah terlaksana selama sembilan bulan ini. Kalau ngomongin liburan, mungkin dari kita ada bucketlist destinasi liburan yang belum tercapai. Bisa destinasi dalam negeri maupun luar negeri. Atau tujuannya berpindah karena suatu hal? Tidak masalah, asal semuanya berjalan lancar.

Nah, salah satu destinasi liburan favorit dalam negeri, Jogja, juga memiliki banyak wisata dan atraksi yang menarik. Tiap weekend, Jogja selalu penuh dengan pelancong. Tak sedikit yang menuju Jogja untuk menikmatinya kulinernya.

Kira-kira apa saja list kuliner Jogja yang wajib kamu coba? Simak di sini, ya!

1. Saoto Bathok Mbah Katro.

Saoto Bathok

Loading...

Soto Bathok (www.instagram.com/rasajogja)

Rekomendasi kuliner Jogja yang wajib kamu coba dimulai dari masakan soto. Soto Bathok Mbah Katro ini menyajikan soto dalam wadah yang unik, yaitu bathok kelapa. Pengunjung dapat menikmati gurihnya soto yang disajikan dengan daging sapi yang empuk. Ada pun makanan pendamping soto seperti tempe garit dan aneka sate, yang tak kalah enaknya.

Soto Bathok Mbah Katro ini dekat dengan Candi Sambisari, terletak di Jalan Sambisari No.6, Purwomartani, Kalasan, Sleman. Rekomendasi kuliner Jogja yang pertama ini buka pukul 06.00 hingga 16.00. Soto Bathok Mbah Katro cocok untuk pilihan sarapanmu!

2. Sate Ratu.

Sate Ratu

Sate Ratu (www.instagram.com/perutfirasenang)

Beranjak ke kota, kamu akan menemukan kuliner sate yang enak. Sate Ratu menyajikan menu Sate Ayam Merah, Lilit Basah, dan Ceker Tugel. Restoran yang menjadi nomor 1 di TripAdvisor ini memiliki cita rasa yang menggugah selera.

Sate Ayam Merah yang menjadi menu rekomendasinya memiliki rasa yang manis, gurih, pedas dari bumbu merahnya yang meresap hingga ke daging. Daging ayamnya pun saat digigit terasa juicy dan lembut, tidak alot atau keras sama sekali. Sate Ratu bisa kamu temukan di Jogja Paradise, Jalan Magelang Km.6 dan beroperasi dari pukul 11.00 hingga 21.00.

3. Tengkleng Gajah.

Tengkleng Gajah

Tengkleng Gajah (www.instagram.com/kulineryogya)

Tenang, sajian makanan di restoran ini bukan gajah, kok. Dinamai Tengkleng Gajah karena porsinya yang banyak. Tengkleng Gajah menyajikan olahan kambing, mulai dari tengkleng, tongseng, sate, hingga nasi goreng kambing.

Menu favorit di sini adalah tengkleng karena bumbunya merasuk hingga ke dalam daging-daging dan tulangnya. Rasa manis dari kecap berpadu dengan pedasnya bumbu membuat makan satu porsi tidak akan cukup. Tengkleng Gajah terletak di Jalan Kaliurang Km. 9,3, Bulurejo, Minomartani, Ngaglik. Tengkleng Gajah ini buka dari pukul 09.00 hingga 21.00

4. Mangut Lele Mbah Marto.

Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto (www.instagram.com/javafoodie)

Mangut lele ini adalah masakan olahan lele yang terlebih dahulu diasap selama 5 jam lalu dimasak dengan kuah santan yang pedas dan gurih. Rempah-rempahnya membuat rasa lele dan kuah santannya semakin kuat dan enak.

Mangut Lele Mbah Marto ini bisa ditemukan di Desa Nengahan, Ngiring-iring, Panggungharjo, Sewon. Warung ini agak susah ditemukan karena harus 'mblusuk' ke desa-desa. Tapi begitu sampai, kamu akan disuguhkan warung makan sederhana dengan tungku dan peralatan masak tradisional lainnya. Yang membuat unik, pengunjung dapat mengambil makanannya sendiri di dapur.

5. Gudeg Pawon.

Gudeg Pawon

Gudeg Pawon (www.instagram.com/tumbarmerica)

Ada yang kurang rasanya ketika menjelajahi kuliner Jogja tidak mencicipi masakan legendaries ini. Rekomendasi kali ini ialah Gudeg Pawon yang terletak di Jalan Janturan UH/IV No.36, Warungboto, Kec. Umbulharjo. Buka dari 21.30 hingga dini hari, sudah banyak yang mengantri untuk menikmati masakan nangka muda ini.

Gudeg Pawon menyuguhkan rasa gudeg yang tidak terlalu manis tapi gurih. Untuk lauknya pun tersaji lengkap dari ayam hingga krecek. Dinamakan Gudeg Pawon karena pengunjung yang datang ke sini dipersilakan untuk mengambil makanannya sendiri di ‘pawon’ atau dapur.

6. Mie Ayam Tumini.

Mie Ayam Tumini

Mie Ayam Tumini (www.instagram.com/foodjogja)

Mie ayam memang bisa ditemukan di mana pun, namun Mie Ayam Tumini menawarkan mie ayam yang berbeda dari biasanya. Mie Ayam Tumini menyajikan mie ayam dengan kuah cokelat yang kental, penuh cita rasa ayam. Potongan ayam yang disajikan pun besar-besar. Adapun menu tambahan berupa ceker yang tak kalah enaknya.

Mie Ayam Tumini ini menempati lokasi Jl. Imogiri Tim. No.187, Giwangan, Kec. Umbulharjo dan buka pukul 10.00 hingga 17.00. Namun, terkadang sebelum pukul 17.00 Mie Ayam Tumini sudah memberikan tanda ‘Habis’.

7. Kopi Klothok.

Kopi Klothok

Kopi Klotok (www.instagram.com/auliasari_)

Rekomendasi kuliner wajib Jogja 2019 yang terakhir adalah Kopi Klothok. Restoran yang sudah didatangi banyak artis ini memang sedang naik daun. Kopi Klothok menawarkan menu masakan rumahan yang ‘ndeso’ lengkap dengan interior rumah joglo khas Jawa. Tidak hanya itu, ada tempat outdoor yang bisa ditempati untuk menikmati udara luar.

Masakan yang disajikan di sini meliputi sayur lodeh, sayur asem, telur goreng crispy hingga pisang goreng. Kopi Klothok terletak di Jalan Kaliurang No.KM.16, Area Sawah, Pakembinangun, Pakem, dan buka mulai pukul 07.00 hingga 22.00

Nah, itu dia rekomendasi 7 kuliner wajib yang bisa kamu datangi ketika berkunjung di Jogja. Yuk, persiapkan liburanmu ke Jogja!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red