×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Gunung di Jawa Barat ini terdapat makam pada puncaknya

0

Jalan-Jalan

4 Gunung di Jawa Barat ini terdapat makam pada puncaknya

Para pendaki hendaknya tahu 4 gunung ini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

kumisrider

15 / 05 / 2018 15:55

Selain keindahan dan keunikannya, ternyata gunung menyimpan banyak misteri yang berhubungan dengan hal–hal mistis. Tak jarang ada beberapa gunung di Indonesia yang terdapat makam pada puncaknya. 

Nah, berikut ini beberapa gunung di Jawa barat yang terdapat makam di area puncaknya.

1. Gunung Manglayang.

manglayang

Sumber : qubicle.id

Gunung yang terletak di Bandung ini memiliki ketinggian sekitar 1818 mdpl. Pemandangannya cukup indah, namun karena relatif tak terlalu tinggi, gunung ini kurang dikenal oleh pendaki-pendaki gunung pada umumnya. 

Jika kita mendaki ke puncaknya, akan ada sebuah makam keramat. Namun, belum diketahui siapa yang dimakamkan di sana.

makam manglayang

Sumber : bapet.wordpress.com

Gunung ini memiliki cukup banyak jalur pendakian, antara lain melalui Wanawisata Situs Batu Kuda (Kabupaten Bandung), Palintang (Ujungberung, Kabupaten Bandung), dan Barubereum.

2. Gunung Salak.

salak

Sumber : rumah.com

Gunung ini terkenal dengan sebutan "gunung maut" terutama di kalangan para penerbang. Terletak di wilayah Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Gunung Salak berusia relatif tua dan memiliki beberapa puncak. Puncak Salak I dengan ketinggian 2.211 mdpl dan puncak Sumbul dengan ketinggian 1.926 mdpl.

makam salak

Sumber : acentrisusanto.com

Terdapat sebuah makam yang berada di titik ketinggian 2.211 mdpl. Makam ini dipercaya sebagai makam Embah Gunung Salak yang sering dikunjungi para peziarah. Di kaki Gunung Salak banyak terdapat tempat-tempat keramat. Selain makam keramat, ada juga pura dengan sebutan Kuil Prabu Siliwangi.

3. Gunung Tampomas.

4 Gunung di Jawa Barat ini terdapat makam pada puncaknya

Sumber : sportourism.id

Tampomas adalah sebuah gunung berapi yang terletak di Jawa Barat, tepatnya sebelah utara kota Sumedang. Bertipe stratovolcano dengan ketinggian 1684 mdpl, gunung ini juga memiliki sumber air panas yang keluar di daerah sekitar kaki gunung.

makam tampomas

Sumber : wisatawanalam.blogspot.com

Meskipun keberadaannya kurang diketahui oleh kebanyakan pendaki, gunung ini memiliki keunikan tersendiri. Terdapat kompleks makam yang dipercaya merupakan peninggalan Kerajaan Sunda, Medang Kahyangan, yang didirikan sekitar tahun 174 saka atau sekitar tahun 252 M di kaki Gunung Tampomas ini.

4. Gunung Tilu.

tilu

Sumber : picoku.com

Gunung yang berada di kawasan Bandung Selatan dan memiliki ketinggian 2074 mdpl ini punya berbagai cerita yang berhubungan dengan hal-hal berbau mistik. Tak jarang gunung ini menjadi tempat yang terkenal angker.

makam

Sumber : rikiridwana.blogspot.co.id

Di puncak Gunung Tilu terdapat  sebuah makam yang menurut masyarakat setempat adalah seorang keturunan Belanda. Makam ini berukuran 1x2,5 meter serta dikeramatkan oleh sebagian orang. Hal tersebut terbukti dengan sesajian yang masih tersisa di atas makam tersebut seperti secangkir kopi dan buah-buahan.

Nah, itulah 4 gunung di Jawa Barat yang terdapat makam pada puncaknya, semoga kamu tertarik untuk mengunjunginya.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red