Di balik suksesnya sebuah games, selalu ada sekelompok orang yang bekerja keras di balik layar. Kelompok tersebut biasanya tergabung dalam sebuah unit usaha yang disebut developer games. Penggemar games, pasti akan mengingat nama-nama developer dan publisher yang membuat dan merilis games kesayangannya.

Dari sekian banyak nama perusahaan, berikut adalah 7 developer games legendaris yang telah melahirkan permainan terbaiknya sepanjang masa. Tak jarang, game-game yang tercipta tersebut menjadi inspirasi bagi banyak developer untuk menciptakan permainan dengan tema sejenis.

1. Sierra Entertainment

Pernah mendengar atau mungkin pernah memainkan games Caesar 1-3, Red Dragon, Nascar, The Lord of The Rings: War of the Rings, Kings Quest atau Velocity 2x?

Daftar games yang disebutkan tersebut hanya sebagian kecil dari ratusan games yang dikembangkan Sierra Entertaiment. Penerbit game dari Amerika Serikat ini, didirikan oleh Ken Williams dan Roberta Williams pada tahun 1979. Developer ini, sebenarnya merupakan anak perusahaan dari Activision Blizzard yang memang fokus pada pengembangan games.

Sierra Entertainment adalah legenda di dunia games dengan Mystery House-nya. Game yang dirilis tahun 1980 ini, dinobatkan sebagai grafical adventure game pertama di dunia. Karenanya, wajar jika Sierra Entertainment kemudian dinobatkan menjadi developer games legendaris yang masih sangat produktif hingga kini.

2. Electronic Art

Electronic Art dengan inisial EA sebagai logonya ini, berdiri sejak 28 Mei 1982 di San Mateo, California, Amerika Serikat. Adalah Trip Hawkins, seorang developer yang menggawangi lahirnya game-game legendaris di bawah label Electronic Arts. Beberapa games legendaris yang memiliki banyak peminat antara lain: Call of Dutty, Road Race: Jail Break, Need for Speed dan masih banyak lagi.

Perusahaan ini bisa dikatakan sebagai developer game terbesar yang pernah mempekerjakan hingga 8000 orang karyawan di tahun 2008. Menempatkan Redwood City, California, Amerika Serikat, sebagai markas besarnya, perusahaan ini menjadi raksasa di dunia games dengan puluhan anak cabang yang tersebar di benua Amerika, Eropa dan Asia.

3. Ensemble Studio

Age of Empires bisa jadi merupakan Real Times Strategy Games paling sukses dan paling banyak merebut hati para penggemarnya. Kesuksesan games ini, tentu tak lepas dari orang-orang kreatif yang bernaung dalam Ensemble Studio.

Didirikan pada tahun 1995 oleh Tony Goodman, Rick Goodman, Bruce Shelley, Brian Sullivan dan John Boog-Scott, Ensemble Studio kemudian diakuisisi oleh Microsoft Studios pada tahun 2001.

Memang, tak banyak games yang diproduksi oleh pengembang yang resmi dibubarkan pada tahun 2009 ini, baik sebelum mau pun setelah akuisisi. Namun demikian, bisa dikatakan semua games yang diproduksi tangan-tangan kreatif di Ensamble Studio, masih memiliki fans bassed hingga kini, terutama Age of Empire yang mendunia.

4. Namco

Siapa yang tak kenal Pac-Man? Arcade Games yang ikonik ini, selalu berhasil membangkitkan nostalgia bagi penggemar PC Games di awal 90an. Atau Tekken? Sebuah battle games di konsol PS 1 yang memiliki penggemar sejuta umat.

Games tersebut adalah beberapa games legendaris yang diproduksi oleh Namco Ltd. Adalah Masaya Nakamura, seorang tokoh penting di balik pendirian Namco pada tahun 1995 di Tokyo, Jepang. Saat ini, Namco dikendalikan oleh Kyushiro Takagi sebagai CEO.

5. Maxis Software

Penggemar Sim City atau The Sims pasti tak asing lagi dengan Maxis Software. Pada tahun 1987, Will Wright dan Jeff Braun mendirikan perusahaan yang populer dengan game simulasinya ini.

Saat ini, maxis menjadi salah satu perusahaan dari Electronic Arts dengan seri Sim sebagai produk unggulannya. Bahkan, The Sims yang memiliki puluhan expansion pack, kini sudah merambah ke konsol Play Station dan Android. Tertarik untuk memainkan games ini?

6. Microsoft Games Studio

Dari namanya saja, sudah bisa dipastikan jika perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan yang dimiliki Microsoft Corp, sebuah perusahaan raksasa yang sempat merajai industri komputer dengan politik monopolinya. Politik ini, sepertinya diterapkan juga di Microsoft Games Studio sebagai pengembang dan pembuat games berbasis Windows dan hampir semua konsol Xbox.

Telah banyak perusahaan dan developer studio yang diakuisisi oleh Microsoft Games Studio dengan rilisan game terbaiknya. Sayangnya, banyak juga perusahaan yang kemudian harus meninggalkan namanya sebagai bukti sejarah. Termasuk di dalamnya Ensemble Studio dengan Age of Empire-nya.

7. Nintendo

Dilihat dari namanya saja, bisa dipastikan jika developer ini sangat berkaitan dengan konsol game dengan nama yang sama, Nintendo yang merupakan kependekan dari Nintendo Entertainment System. Perusahaan ini merupakan developer game legendaris Super Mario Bross yang menjadi salah satu ikon game skala dunia.

Nintendo adalah perusahaan multinasional yang didirikan oleh Fusajiro Yamauchi pada tanggal 23 September 1889 di Kyoto Jepang. Kurang lebih seabad sebelum masuk dalam industri games video, perusahaan ini memproduksi kartu-kartu buatan tangan Hanafuda.

Mengingat sejarah panjang dalam menjalani usaha, kiranya wajar jika Nintendo tak membutuhkan waktu yang lama untuk menjadi legenda dalam industri games.

Itulah tujuh developer games legendaris yang bisa dihimpun. Daftar developer di atas hanyalah penomoran, bukan sebagai ranking. Yang menjadi point penting adalah, kontribusi mereka yang sangat besar terhadap perkembangan games saat ini.

Meski banyak games yang akhirnya harus menyerah termakan zaman, akibat tak lagi kompatibel dengan perkembangan IT. Namun demikian, ada juga beberapa games yang dibangkitkan kembali untuk mengulang kesuksesannya.

Bagaimana? Tertarik untuk memainkan games-games tersebut? Atau barangkali terinspirasi untuk menjadi developer games? [~hers]