×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
7 Cara meningkatkan minat baca ketika memasuki usia dewasa

0

Serius

7 Cara meningkatkan minat baca ketika memasuki usia dewasa

Yuk, sempatkan membaca buku!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Nuraina Fika Lubis

24 / 06 / 2020 11:55

Membaca buku umumnya merupakan salah satu kegiatan untuk mengisi waktu luang. Namun semakin beranjak dewasa, kamu akan lebih fokus pada pekerjaan dan keluarga sehingga minat dan waktumu untuk membaca buku yang menyenangkan menjadi sedikit.

Kamu mungkin saja diwajibkan membaca buku yang berkaitan dengan pekerjaanmu, tetapi buku tersebut bisa saja mempunyai topik yang berat dan tidak kamu sukai. Selain itu, ada faktor lain yang sangat memengaruhi kemauanmu membaca, seperti kecanggihan teknologi yang membuatmu lebih suka membaca melalui gadget daripada buku. Ditambah lagi harga buku yang semakin mahal sehingga kamu enggan membelinya.

Nah, bagaimana solusinya supaya kamu semakin berminat membaca buku? Yuk, simak daftar berikut ini.

1. Mengunjungi pameran buku atau perpustakaan.

Pameran buku

Loading...

Foto: pexels.com/@pixabay

Jika ingin mendapatkan buku dengan harga yang terjangkau, kamu bisa mengunjungi pameran buku. Contoh pameran buku yang biasa diselenggarakan di Indonesia adalah Indonesia International Book Fair (IIBF), Islamic Book Fair dan Big Bad Wolf. Ditambah lagi, ketiga pameran buku tersebut menjual buku impor dengan harga miring.

Sebaliknya, jika tak memiliki uang untuk membeli buku saat ini, kamu bisa meminjam buku di perpustakaan kotamu. Perlu diingat bahwa kamu harus mengembalikan buku tersebut pada batas waktu yang ditentukan.

2. Pilih topik buku yang kamu minati.

Memilih buku

Foto: pexels.com/@element5

Memilih buku dengan topik yang kamu minati akan membuatmu menyelesaikan membaca buku tersebut, seperti kamu berminat membaca buku bergenre fiksi yang berupa antologi puisi. Kamu bisa juga memilih topik yang ingin kamu kuasai, seperti buku tentang komputer jika kamu tertarik mendalami komputer. Topik yang sulit bagimu akan membuat otakmu lelah sehingga kamu tidak mau lagi membaca buku tersebut.

3. Jadwalkan waktu membaca.

Buku dan jam

Foto: pexels.com/@chuck

Saat pertama kali memulai rutinitas membaca buku, kamu bisa menyisakan waktu 5 sampai 10 menit setiap hari. Pilihlah keadaan saat kamu sedang santai dan tidak bekerja, seperti saat sore hari.

Mengatur waktu membaca buku setiap hari akan berdampak pada kebiasaan membacamu. Semakin lama kamu membangun kebiasaan membaca maka waktumu untuk membaca akan semakin banyak di sela-sela kesempatan yang ada.

4. Jauhkan gadget saat membaca.

Jauhkan gadget saat membaca

Foto: pexels.com/@tranmautritam

Gadget seperti ponsel, tablet, dan laptop dapat menghilangkan fokusmu saat membaca. Sebab, kamu akan lebih tertarik pada notifikasi di gadget sampai kamu lupa waktu untuk membaca. Setiap menit yang kamu habiskan saat memerhatikan gadget-mu membuat waktumu untuk membaca berkurang. Rugi sekali, kan?

5. Ciptakan suasana yang rileks saat membaca.

Rileks saat membaca

Foto: pexels.com/@nietjuh

Kamu perlu membangun suasana rileks supaya mendapatkan ketenangan saat membaca buku. Suasana tersebut dapat berupa adanya kopi atau teh beserta cemilan sebagai teman membaca.

Kamu juga harus memperhatikan lokasi membaca supaya mendapatkan suasana tersebut, seperti di ruang santai, kamar tidur, teras, ataupun balkon rumahmu. Jika ingin mencari lokasi di luar ruangan, kamu bisa pergi ke taman di kotamu.

6. Selalu bawa buku ke mana pun kamu pergi.

Membawa buku ke mana saja

Foto: pexels.com/@olly

Kebiasaan membawa buku ke mana pun kamu pergi akan meningkatkan kemauanmu untuk membaca. Kamu pun bisa membaca buku saat menunggu kendaraan umum, saat bersantai di taman, saat menunggu orang lain di kafe, dan sebagainya. Kegiatan ini lebih bermanfaat daripada kamu hanya melamun atau memainkan ponselmu.

7. Bacakan buku untuk anak-anak.

Membaca buku untuk anak-anak

Foto: pexels.com/@olly

Kebiasaan membacakan buku untuk anak-anak seperti adik kecilmu atau anakmu juga akan meningkatkan minatmu membaca. Usahakan membacanya dengan intonasi yang menarik sehingga anak-anak tertarik mendengar bacaanmu.

Pilihlah buku dan waktu membaca yang pas untuk mereka, seperti buku cerita anak-anak yang dibacakan sebelum tidur. Jika kegiatan ini rutin dilakukan maka kamu akan merangsang minat dan kebiasaan membaca mereka.

Nah, tidak bingung lagi kan bagaimana meningkatkan minat membacamu? Semoga membaca menjadi rutinitasmu yang menyenangkan, ya!

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red