×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Tips sederhana mencegah penyebaran Covid-19

0

Kesehatan

6 Tips sederhana mencegah penyebaran Covid-19

Foto: pexels.com/photo/cooking-hands-handwashing-health-545013/

Yuk, selalu ingat untuk senantiasa menjalankan protokol kesehatan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Oxi Dewi

23 / 07 / 2021 11:05

Pencegahan apa yang harus kita lakukan supaya kita bisa terhindar dari penularan Covid-19 di masa pandemi ini? Sebelum membahas cara pencegahan. Mari cari tahu apa itu Covid-19.

Covid-19 adalah gangguan atau penyakit yang disebabkan oleh virus Corona. Virus ini menyerang sistem pernapasan manusia. Virus ini mampu menyebabkan gangguan ringan, berat, bahkan sampai kematian. Orang yang berusia lanjut dan dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya (diabetes dan jantung), biasanya lebih rentan terkena Covid-19 dan bisa berdampak menjadi sakit parah.

Virus ini pertama kali ditemukan di Wuhan, China tepatnya pada bulan Desember 2019. Penyebaran ini bisa dibilang cukup cepat. Menurut WHO virus Corona umumnya hanya menular melalui kontak dengan droplet dari saluran pernapasan orang yang terinfeksi, bukan melalui udara. Bahkan orang yang mengidap Covid-19 dapat menularkan virusnya dengan tetesan kecil dari batuk ataupun bersinnya. Namun penularan itu bisa kita cegah dengan beberapa cara yang telah diimbau oleh pemerintah dan WHO untuk masyarakat.

1. Hindari menyentuh atau bersalaman dengan orang lain.

Hal ini sebagai upaya pembatasan sosial (sosial distancing) yang telah diimbau oleh pemerintah. Jagalah jarak sejauh dua meter, khususnya dengan orang yang sedang batuk dan bersin.

Loading...

Untuk saat ini, hindari dulu bersalaman dengan orang lain. Tetaplah menjaga jarak supaya tidak bersentuhan dengan orang lain dan tidak kontak langsung atau berdekatan dengan orang yang sakit.

2. Selalu mencuci tangan.

Cucilah tangan sesering mungkin guna memperkecil kemungkinan terjangkit virus Corona. Sebaiknya dalam mencuci tangan harus sampai ke sela-sela jari dan keseluruhan tangan.

Cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik hingga bersih. Setelah memegang barang ataupun dari luar ruangan, hendaknya mencuci tangan terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas selanjutnya.

3. Menggunakan masker.

Penggunaan masker di saat seperti ini sangatlah diperlukan. Sebelum memakai masker, hendaknya untuk mencuci tangan terlebih dahulu supaya tangan selalu bersih dan masker yang akan kita pakai juga bersih.

Belilah jenis masker yang dapat melindungimu dari paparan virus Corona. Terdapat tiga jenis masker yang disarankan kepada masyarakat agar dapat memutus penyebaran virus Corona, seperti masker medis, masker kain, dan masker N95. Penggunaan masker sangat disarankan apabila kita sedang berada di lingkungan umum.

4. Biasakan mencuci bahan makanan setelah kita beli.

Sebelum mengolah bahan makanan yang telah kamu beli, hendaknya kamu terlebih dahulu mencuci semua bahan makanan. Dengan mencuci, kamu bisa memastikan bahwa semua bahan makanan yang kamu beli telah bersih. Bisa dipastikan bahwa bahan makanan itu aman untuk dikonsumsi. Tidak hanya bahan makanan, kita juga diimbau untuk membersihkan dan mensterilkan permukaan benda yang sering digunakan.

5. Menerapkan pola hidup sehat.

Lakukan aktivitas sehat seperti berjemur di bawah sinar matahari dan olahraga. Hindari berkerumun di lingkungan yang banyak orang. Tetaplah menjaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan yang telah dihimbau oleh pemerintah. Hal tersebut ditujukan untuk mencegah penularan virus Corona dan meminimalisir bertambahnya angka kasus infeksi.

6. Meminimalkan keluar rumah.

Di masa pandemi seperti ini, rentan sekali seseorang dapat terjangkit penyakit ataupun virus. Maka dari itu pemerintah membuat program stay at home atau harus tetap di rumah yang merupakan antisipasi pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Corona. Pemerintah mengharuskan setiap orang untuk tidak keluar rumah demi keselamatan dan kesehatan orang tersebut. Tujuan dari program ini agar kita tidak terpapar virus Corona. Dengan membatasi jumlah aktivitas yang ada di luar ruangan mampu mencegah penyebaran virus Corona.

Itulah beberapa cara pencegahan Covid-19 di masa pandemi ini. Apabila mencurigai diri sendiri, keluarga, atau kerabat terdekat mengidap infeksi virus Corona atau sulit membedakan gejala flu dengan Covid-19, segeralah hubungi atau tanyakan kepada dokter. Dengan begitu, kamu tidak perlu ke rumah sakit dan meminimalkan risiko terjangkit berbagai virus dan penyakit.

Penambahan kasus ini bukan hanya menjadi momen yang paling menyedihkan. Namun juga sebagai pengingat agar kita senantiasa menjalankan protokol kesehatan.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red