Ruang Terbuka Hijau (RTH) adalah area atau jalur memanjang atau mengelompok yang penggunaannya lebih bersifat terbuka, tempat tumbuh tanaman, baik yang tumbuh secara alamiah maupun yang sengaja ditanam.

RTH 30% adalah salah satu yang menjadi ukuran untuk menilai sebuah wilayah tergolong sebagai kawasan hijau, khususnya di kota di Indonesia. Ada sejumlah kota di Indonesia yang sudah menerapkan RTH 30% dari luas wilayahnya seperti amanat undang-undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang. Mana saja sih 6 kota paling hijau di Indonesia? Yuk cek di sini.

1. Yogyakarta.

Hingga 2014, Kota Yogyakarta telah memiliki 35 lokasi RTH di 14 kecamatan, dan akan terus menambah RTH di setiap kelurahan yang belum memiliki. Di pusat kota, ruang terbuka hijau antara lain berada di Abu Bakar Ali, Gejayan, Malioboro, sedangkan di kelurahan salah satunya Kelurahan Brontokusuman.

2. Aceh.

Jumlah RTHdi Aceh hingga tahun 2011 meliputi taman kota yang tersebar pada 40 gampong (desa) dan hutan kota yang tersebar pada 19 gampong. Target pencapaian RTH gampong setiap 5 tahun sebanyak 12 taman kota dan 18 hutan kota, sehingga pada 2029 pemanfaatan RTH telah tersebar merata di seluruh gampong di Kota Banda Aceh.

3. Surabaya.

RTH Kota Surabaya hanya 26% dari total luas wilayah yang mencapai 333.063 kilometer persegi. Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengatakan bahwa beberapa tahun lalu luas RTH di Surabaya hanya 9%, kemudian naik 12%, dan naik lagi menjadi 26% di tahun 2015. Ke depannya, pemkot menargetkan luas RTH di Surabaya mencapai 35%.

4. Bandung.

Saat ini Kota Bandung baru memiliki sekitar 1.700 hektare RTH. Sedangkan idealnya RTH untuk kota yang memiliki luas 16.729,65 hektare ini adalah sekitar 6.000 hektare. Saat ini jumlah pohon pelindung di Kota Kembang sebanyak 229.649 pohon.

5. Balikpapan.

RTH Kota Balikpapan terdiri dari kawasan hutan Lindung Sungai Wain, Kebun Raya Balikpapan, Hutan Kota Pertamina dan taman-taman kota serta taman median jalan. Berdasarkan hasil identifikasi terhadap kawasan non budidaya atau lindung dan RTH yang ada di Kota Balikpapan yaitu 18.821,742 Ha atau sekitar 37,396 % dari luas Kota Balikpapan (50.330,57 Ha).

6. Malang.

Tingkat infiltrasi (kapasitas resapan air hujan) Kota Malang termasuk sangat tinggi atau lebih dari 53 mm/jam. Hal ini menunjukkan bahwa Malang merupakan daerah resapan air yang sangat baik. Total kontribusi RTH dengan luas keseluruhan 49.277,5 m2 memberikan suplai air tanah sebesar 13.594.536 m3/jam.

Ruang terbuka hijau memiliki banyak manfaat. Selain untuk estetika dan penyegaran,RTH juga bisa membantu menghilangkan polusi udara.Mengutip berbagai sumber, ruang terbuka hijau akan membantu memasok oksigen, menyaring kotoran serta polusi yang mencemari udara. Ruang terbuka ini akan membantu menambah cadangan air tanah dan mengurangi cemaran karbondioksida.Bukan cuma membersihkan udara, tapiRTH juga bisa berguna dalam urusan sosial.Artinya, ruang terbuka hijau ini juga sebenarnya berfungsi sebagai tempat bersosialisasi, tempat bermain anak, dan tempat berolahraga.