×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Kebiasaan yang bisa bikin dompetmu lebih 'sehat'

0

Life

6 Kebiasaan yang bisa bikin dompetmu lebih 'sehat'

Jangan biarkan gaji kamu cepat menguap, lakukan hal ini supaya dompet kamu jadi lebih sehat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Endah Asmo

25 / 09 / 2018 17:59

Pusing karena mengatur pengeluaran agar tetap berada di batas aman pemasukan bulanan bisa jadi menguras konsentrasi dan menurunkan kinerja kamu di kantor lho. Pengeluaran yang dirasa makin tinggi berbanding dengan jumlah pemasukan yang segitu-gitu aja, bisa terasa mencekik saluran pernapasan. Tapi tunggu dulu! Jangan-jangan bukan gaji kamu yang kecil tapi pengeluaran kamu yang gak terkontrol? Lalu hal apa yang bisa dilakukan agar pengeluaran tetap sehat dan gaji kamu gak lenyap begitu aja? Yuk simak hal apa aja yang bisa bikin dompet kamu lebih sehat.

 

1. Buat Daftar Pengeluaran

Image result for pengeluaran

Mungkin memang terdengar membosankan, namun membuat daftar pengeluaran akan membantu kamu menentukan mana saja pengeluaran yang lebih penting.

Loading...

 

2. Beli Sesuai Kebutuhan

Image result for grocery shopping

Beberapa barang kebutuhan rumah tangga dan dapur ukuran besar seringkali memiliki perbandingan kurang dari dua kali harga barang untuk ukuran yang lebih kecil. Namun alih-alih mengejar selisih uang untuk mendapat harga yang lebih murah,  membeli barang dalam ukuran besar nyatanya tidak terlalu berpengaruh dalam menghemat pengeluaran kamu lho. Hal ini disebabkan karena otak kamu justru menghitung berapa banyak sisa uang yang masih bisa dibelanjakan.

 

3. Isi lemari dapur

Belilah beberapa cemilan, beras, telur, mie instan, kopi/susu/teh, biskuit, roti, gula pasir, dan bumbu dapur saat kamu berbelanja di awal bulan. Hal ini akan membuat kamu enggan membeli cemilan lain karena ingat kalau persediaan di rumah masih ada.

 

4. Turunkan Standar

Image result for warteg

Dengan gaji yang diperoleh setelah sebulan bekerja bagai quda, kamu tetap bisa tetap pergi ke salon, menonton film di bioskop, pergi ke restoran, membeli baju baru, atau hangout di cafe yang sedang tren. Toh tak ada yang salah dengan ide memanjakan diri dan sejenak melupakan rutinitas kantor yang melelahkan. Kamu hanya harus ingat bahwa uang di rekening bukan pohon duit yang bisa berkembang. Kamu tetap harus mendahulukan prioritas. Jika bulan ini kamu 3 kali pergi ke bioskop, maka seharusnya kamu tidak perlu makan di restoran. Atau jika kamu membeli 1 pasang sepatu bulan ini, maka kamu tidak perlu pergi ke salon.

 

5. Simpan uang receh

Jangan meremehkan kekuatan uang receh. Siapkan dompet kecil dan bawalah saat berbelanja. Hal ini akan memperkecil kemungkinan mendapatkan uang koin sebagai kembalian saat berbelanja yang tentu saja justru lebih mudah tercecer.

 

6. Bahagialah

Image result for happy

Tidak perlu malu jika kamu terpaksa menolak ajakan hangout dengan alasan gak punya uang. Tersenyumlah, setidaknya kamu sudah terhindar dari polusi udara dan jalanan yang macet!

 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red