×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Cara membuat dosen pembimbing tertarik dengan judul skripsimu

0

N/A

6 Cara membuat dosen pembimbing tertarik dengan judul skripsimu

Begini cara menemukan judul penelitian yang bisa membuat dosen pembimbing tertarik dan yakin sama skripsimu.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Yosea .

29 / 04 / 2019 16:17

Dalam menentukan judul dari skripsi yang akan kita buat untuk memenuhi kewajiban terakhir dari perkuliahan, gak cuma diri kita saja yang terlibat di dalam sana, ada peran besar dari dosen pembimbing juga.

Mungkin beberapa dari kalian ada yang merasakan sulitnya menemukan judul yang pas. Ketika judul sudah dirasa pas, ternyata si dosennya menolak karena gak pas untuk mereka. Nah, kira-kira bagaimana sih caranya bisa dapetin judul yang pas supaya dosen langsung setuju?

1. Pilih dosen yang bidangnya sesuai dengan minatmu.

Nah, ini adalah langkah awal yang paling krusial dan sebenarnya banyak mahasiswa sudah salah langkah bahkan dari tahap ini. Kebanyakan mungkin karena mepet deadline akhirnya gak sempat lobi dosen untuk jadi pembimbing, ga kenal deket sama dosen sampai jadi minder, atau takut untuk minta dosennya jadi pembimbing, dan sebagainya. Padahal ketika dosen pembimbing yang kita dapatkan itu adalah dosen yang bidangnya pas sama minat kita, pasti akan gampang banget untuk dapetin judul yang bisa menarik dosen pembimbing. lalu, jika sudah salah dari awal, gimana dong? Nah, lanjut ke poin berikutnya.

 

Loading...

2. Cari tahu topik apa yang diminati dosen pembimbing.

Nah, buat kalian yang dekat sama dosen pembimbing, ini gampang banget buat dilakukan. Iya, tinggal tanya saja langsung topik apa sih yang lagi diminati beliau untuk diteliti saat ini. Kalau misalnya gak dekat bagaimana? Kalau ternyata kalian gak deket sama dosen pembimbing, hal lain yang bisa kalian lakukan adalah dengan stalking. Gimana sih caranya stalking?

Pertama, banyak-banyak perhatikan si dosen di kelas sering bahas tentang hal apa, misalnya beliau dosen akuntansi keuangan, tapi ternyata beliau sering banget nih bahas tentang green accounting. Udah pasti dia lagi tertarik sama topik tersebut.

Kedua, search namanya di search engine. Iya guys, dosen itu salah satu kerjaannya adalah nulis jurnal. Jadi, search aja namanya di search engine dan baca jurnal yang pernah atau sering beliau tulis. Pasti itu topik yang beliau suka.

Ketiga, lihat dari sejarah membimbingnya. Nah kalau dua cara di atas masih gagal juga, bisa juga dengan cara ini. Datang deh ke perpus fakultas kalian, cari tahu beliau itu selama membimbing, membimbingnya skripsi dengan topik apa? Dari situ setidaknya kalian bisa tau topik apa sih yang bisa dijadikan judul menarik buat beliau.

Keempat, tanya ke kakak tingkat. Nah ini sebenarnya juga bisa dimasukkan ke dalam "lihat dari sejarah ngebimbingnya" sih. Jadi yang perlu kalian lakukan adalah tanya ke kakak-kakak tingkat kalian yang pernah dibimbing sama beliau, kira-kira beliau suka topik-topik semacam apa sih untuk dijadikan judul skripsi. Selain itu kalian juga bisa sekalian minta tips ke kakak tingkat, misalnya tips mengejar dosen pembimbing, tips biar gak banyak-banyak direvisi, ataupun tips untuk "maksa" dosen pembimbing biar mau bimbingan.

 

3. Cari judul yang real dan up to date.

Ini penting banget! Real dan up to date itu penting, jadi judul yang kalian tawarkan ke dosen itu gak berasa kayak ngayal banget dan juga gak seperti sudah ketinggalan zaman banget. Jadi judul kalian tuh harus judul yang bisa dilakukan dengan pasti penelitiannya dan juga harus sesuai sama trend pengetahuan yang ada di zaman sekarang.

 

4. Cari judul yang sudah punya jurnal pendahuluan.

Nah, ini juga gak kalah penting nih. Ketika kalian sudah tahu dosennya suka topik apa dan kalian sudah dapat nih kira-kira judul yang pas, real, dan up to date, kalian at least harus sudah punya dua sampai tiga jurnal pegangan yang topiknya pas sama judul kalian supaya dosennya yakin kalau penelitian kalian ini memang berdasar dan bisa dilakukan karena sudah ada yang melakukan penelitian sejenis sebelumnya.

 

5. Selalu siap ketika bimbingan.

Selalu siapnya maksudnya gimana nih? Jadi kalau misalnya kalian bimbingan, apalagi bimbingannya masih dalam penentuan judul, kalian setidaknya harus sudah tahu beberapa hal berikut.

Pertama, latar belakang secara kasar dari judul kalian. Maksudnya gimana? Ini sebenarnya semacam persiapan kalau seandainya kalian ditanya "kenapa pilih judul ini?". Yang bisa kalian lakukan adalah dengan menjelaskan secara singkat hubungan antara variabel yang kalian pilih untuk dijadikan judul dan hal-hal yang membuat mereka bisa jadi berhubungan.

Kedua, mau pakai metode apa. Ini juga penting, beberapa dosen kadang mau tahu seberapa yakin dan seriusnya kalian sih sama judul yang kalian tawarin. Jadi kalian sudah harus tahu nih mau pakai metode kuantitatif atau kualitatif. Kalau kalian sudah sampai tahu mau pakai uji statistik yang seperti apa juga bakal lebih bagus lagi.

 

6. Berdoa.

Iya, berdoa itu penting banget loh. Kalau misalnya kalian sudah usaha tapi masih gak ada hasilnya juga, hal yang paling bisa diandalkan adalah doa. Jadi jangan lupa berdoa ya guys.

 

Nah, sekin tips yang bisa saya berikan untuk kalian yang lagi pusing nyari judul biar bisa disetujuin sama dosen pembimbing. Semoga berhasil ya!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red