Merokok membunuhmu! Itulah salah satu tag line atau salah satu peringatan yang terdapat pada bungkus rokok. Di berbagai iklan rokok, tag line ini juga ditulis sebagai pengingat begitu besar bahaya merokok. Akan tetapi, masih banyak orang yang tidak mempedulikan peringatan tersebut dan tetap merokok seperti sebelumnya.

Dampak buruk dari rokok tidak hanya menyerang perokok aktif saja, melainkan perokok pasif juga akan terkena imbasnya. Dampak buruk tersebut sudah tertera sangat jelas pada kemasan rokok merk apapun.

Bagi seorang pecandu, berhenti merokok seperti suatu hal yang sangat berat dan mustahil. Padahal pemikiran tersebut yang membuat seorang perokok aktif tidak bisa move on dari kebiasaan buruknya tersebut. Sebenarnya, mereka tahu pasti ada cara berhenti merokok yang bisa dilakukan.

Para perokok aktif yang ingin berhenti merokok, maka berhentilah secara tiba-tiba karena tindakan tersebut merupakan cara cepat berhenti merokok. Hal ini dibuktikan dengan adanya sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari University of Oxford yang dilansir dari laman Mens Health.

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa perokok akan merasakan akibat berhenti merokok secara mendadak yang mana memiliki 25% peluang berhasil berhenti selama 4 minggu dan 42% peluang lebih besar selama 6 bulan dibandingkan dengan perokok yang mencoba berhenti secara perlahan 2 minggu sebelum memutuskan untuk berhenti total.

Langkah sederhana berhenti merokok

Selain memutuskan berhenti merokok secara mendadak, cara berhenti merokok secara alami lainnya bisa dilakukan selama ada kegigihan untuk memerangi rokok dari dalam diri sendiri. Ada 6 langkah utama yang bisa dilakukan oleh orang yang ingin berhenti dari ketagihan mengisap nikotin.


1. Salah satu cara ampuh untuk berhenti merokok ialah dengan mengumumkan keinginan tersebut ke seluruh anggota keluarga, kerabat, dan rekan.

Mereka akan menjadi pendukung sekaligus sebagai pengingat untuk anda yang ingin bebas dari rokok. Mendapat dukungan dari orang terdekat bisa memberikan dampak yang besar bagi anda.

2. Sering melakukan aktifitas fisik seperti rutin berolah raga bisa mengurangi keinginan untuk mengisap rokok. Mulailah dari aktifitas fisik paling sederhana untuk memulainya.

3. Menggosok gigi secara teratur bisa mengurangi keinginan untuk merokok.

4. Menghindari konsumsi makanan atau minuman yang membuat anda ingin merokok. Misalnya tidak lagi mengonsumsi alkohol. Hal tersebut akan menjadi pilihan tepat bagi yang ingin berhenti meokok.

5. Banyak-banyak mengonsumsi buah dan sayur karena akan membuat anda menjauhi rokok.

6. Uang yang biasanya digunakan untuk membeli rokok, cobalah untuk ditabung atau digunakan untuk hal penting lainnya.

Langkah lanjutan berhenti merokok

Mempertahankan apa yang telah dilakukan untuk berhenti merokok selamanya merupakan langkah lanjutan yang harus dilakukan oleh pecandu rokok. Cara apapun yang dilakukan untuk meninggalkan rokok akan lebih efektif apabila dilakukan terus menerus.

Apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh, perokok akan bebas dari rasa candu merokok. Selain itu, berkonsultasi ke ahli kesehatan, misalnya ke dokter, bisa menjadi pilihan bagi perokok yang benar-benar akut karena dampak rokok adalah pada kesehatan.

Cara berhenti merokok total dimulai dengan niat yang kuat dari dalam diri. Pikirkan kesehatan orang-orang sekitar anda yang menjadi korban efek buruk rokok yang anda hisap setiap hari. Selain itu, berhenti merokok juga bisa menjadi satu cara untuk menghemat uang.

Buktikan saja dengan langsung berhenti merokok selama sebulan dan uangnya dikumpulkan dalam tabungan sederhana. Setelah itu, hitunglah berapa pengeluaran anda hanya untuk membeli rokok selama sebulan. Lakukan semua kegiatan sehat mulai dari sekarang dan ikuti semua cara berhenti merokok untuk selamanya.