×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
6 Aplikasi Android ini bisa dicoba untuk kembangkan usaha sampingan

0

Gadget

6 Aplikasi Android ini bisa dicoba untuk kembangkan usaha sampingan

Dengan bermodalkan smartphone dan relasi, kamu bisa coba mengembangkan usaha sampingan yang menjanjikan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Paris Pandapotan Sitanggang

03 / 11 / 2019 16:21

Di era digital ini tentunya kita mengenal smartphone. Smartphone memiliki banyak fitur canggih untuk kepuasan penggunanya. Orang-orang memanfaatkan keberadaannya sebagai alat untuk berkomunikasi, transaksi online, dompet digital, alat untuk mengembangkan usaha, dan tak sedikit pula yang memanfaatkan sebagai peluang untuk mendapatkan tambahan penghasilan melalui usaha sampingan.

Beberapa usaha sampingan yang kerap dilakukan misalnya berdagang pulsa, online shop, dan promosi usaha di mana tidak sedikit orang yang menggunakannya dan mendapatkan keuntungan yang cukup memuaskan. Ada beberapa aplikasi yang dapat membantumu mengembangkan usaha sampingan. Saya merupakan pengguna salah satu aplikasi tersebut. Saya adalah agen Kudo (Kios Usaha Dagang Online) di mana saya membuka toko kelontong sebagai usaha dan menjual pulsa sebagai sampingan. Tidak sedikit manfaat yang saya dapatkan dengan keuntungan yang terbilang lumayan setiap bulannya.

Hal pertama yang dibutuhkan adalah memilik sebuah smartphone Android sebagai alat utama yang digunakan. Kemudian kita harus memiliki channel atau relasi yang terbilang familiar sebagai faktor pendukung promosi usaha yang kita miliki.

Nah, apa saja aplikasi Android yang perlu kamu ketahui? Berikut 7 aplikasi Android yang dapat kamu gunakan untuk mengembangkan usaha sampingan.

1. Sampingan.

Loading...

Logo Sampingan

Sesuai dengan namanya, sampingan.co.id menyediakan layanan untuk kamu yang ingin mengisi waktu luang sekaligus mendapatkan penghasilan via smartphone milikmu. Aplikasi ini menyediakan program agen dan reseller via Sampingan.

Contohnya di aplikasi tersebut menyediakan Soto Medan untuk dijual. Kamu bisa menjadi reseller atau menjual kembali Soto Medan itu dan mendapatkan komisi untuk setiap penjualan yang kamu lakukan.

Apa yang kamu dapatkan ketika mendaftar? Kamu akan mendapatkan e-brosur dan brosur cetak, caption untuk mencari pembeli, dan tips untuk mendapatkan pembeli. Bagaimana, tertarik bukan? 

2. Kudo.

Logo Kudo

Mungkin di antara kamu sudah ada yang mengenal aplikasi yang satu ini, Kudo atau Kios Usaha Dagang Online. Aplikasi ini bekerja sama dengan beberapa brand terkenal di bidang pembayaran dan mitra transportasi online, Grab, dan OVO.

Di aplikasi ini kamu bisa menjadi agen sekaligus berjualan. Misalnya kamu memiliki warung kelontong di mana banyak orang yang membutuhkan layanan penjual pulsa atau PPOB. Hanya dengan bermodalkan Android kamu bisa menjual beberapa produk di aplikasi Kudo untuk kebutuhan pelangganmu.

Produk yang disediakan aplikasi ini sangatlah menarik, mulai dari layanan jual pulsa, mulai dari pulsa handphone, token listrik, pembayaran seperti BPJS, PDAM, PLN, dan lainnya. Tidak hanya sampai di situ, KUDO juga membuka layanan penjualan tiket Kereta Api Indonesia, beragam produk dagangan seperti saos, mie instan, kecap, dan lainnya.

Satu hal yang menarik adalah Program Refferal yang disediakan aplikasi Android ini. Semisal kamu sudah menjadi agen Kudo yang terverifikasi dan memiliki seorang teman yang ingin membuka bisnis sampingan yang sama sepertimu. Nah, ada dua metode untuk berhasil melakukan refferal ini, yaitu temanmu yang tadi mendaftarkan diri sebagai agen melalui link atau URL yang kamu bagikan. Di sini, jika temanmu sudah terdaftar dan berhasil melakukan transaksi di atas Rp50 ribu, kamu akan mendapatkan komisi sebesar Rp25 ribu pada sekali itu saja.

Yang kedua mungkin ini agak rumit karena kamu yang mendaftarkan langsung agen yang ingin bergabung ke pihak Kudo dengan cara foto calon agen, foto identitas agen, dan informasi lengkap calon agen. Itu semua adalah urusanmu dan kamu yang mengirim data ke pihak Kudo. Akan tetapi, hal yang rumit tentunya dihargai dengan setimpal. Kamu akan mendapatkan komisi sebesar Rp65 ribu untuk setiap agen yang sudah didaftarkan dan berhasil melakukan transaksi di atas Rp50.000 ribu. Bagaimana, tertarik untuk nyoba?

3. BIG Agent.

Logo BIG Agent

Tentunya banyak orang yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan, salah satunya dengan mengisi waktu luang sebagai agen. Hampir sama seperti Sampingan.co.id, BIG Agent juga menyediakan tambahan penghasilan sebagai penyedia supplier barang grosir untuk membantu UKM  & UMKM di Indonesia melalui starting, sourcing, scalling, dan sustaining.

Dikutip dari indotelko.com, aplikasi BIG Agent menjadi bukti bahwa teknologi tidak akan menggantikan manusia. Namun sebaliknya, melalui teknologi sumber daya manusia terserap dan dapat menjalankan pekerjaan secara efektif dan efisien.

Lebih lanjut melalui aplikasi yang ramah terhadap para freelancer ini turut membantu pelaku bisnis dan UKM dalam melakukan efisiensi dari sisi rekrutmen, sehingga terjadi penghematan melalui THR, tunjangan, bonus, cuti/Lembur, dsb namun tetap mengoptimalkan dan menghadirkan lapangan pekerjaan bagi masyarakat serta dapat mengembangkan bisnis yang dimiliki.

Layanan yang ditawarkan oleh BIG Agent antara lain seperti akuisisi mitra bisnis, market survey, pekerjaan marketing, dan tenaga penjualan. Sistematika pendaftarannya pun sangat mudah, calon Sobat Agent dapat mengunduh aplikasi BIG Agent melalui Play Store dan melakukan registrasi dasar.

Head of BIG Agent, Peter Wijaya mengatakan aplikasi BIG Agent menekankan pada metode insentif yang didapatkan oleh sobat agent atau user, tergantung dari jenis pekerjaan yang muncul pada beranda aplikasi BIG Agent sehingga tidak ada unsur paksaan bagi Sobat Agent dalam menjalankan pekerjaan sampingan ini.

4. Mitra Bukalapak.

Logo Bukalapak

Menjadi Mitra sangatlah menyenangkan. Selain bisa mendapatkan tambahan penghasilan, kamu juga dapat mempromosikan barang atau produk milikmu di sebuah aplikasi Android. Misalnya di Mitra BukaLapak ataupun mitra TokoPedia.

Layanan yang disediakan Mitra BukaLapak ini tidak jauh berbeda dengan poin nomor dua, yaitu aplikasi Android Kudo di mana Mitra BukaLapak dapat menjual produk berupa barang fisik dari beberapa kategori hingga e-voucher dan tiket (pulsa, paket data, voucher game, tiket Kereta Api, dan sebagainya).

5. Usaha Pelajar.

Aplikasi ini baru dirilis di Google Play Store. Aplikasi Android ini memang sangat cocok untuk mahasiswa, pelajar, murid dan masyarakat lainnya. Aplikasi berbasis PPOB yang menyediakan layanan jual pulsa ini belumlah terkenal seperti aplikasi pada poin satu sampai empat. Untuk saat ini, saya belum merekomendasikan aplikasi ini untuk digunakan. Tapi, jika ingin mencobanya kamu bisa install aplikasi Android-nya.

6. DANA.

Logo DANA

Untuk kamu yang memulai usaha, tentunya membutuhkan sistem transaksi, baik itu pembayaran dan penerimaan yang baik. Dirancang sebagai dompet digital, aplikasi DANA hadir memberikan pelayanan sebagai dompet untuk bertransaksi dengan mudah. Selain itu juga, sama seperti poin nomor dua, aplikasi ini menyediakan fitur atau layanan PPOB seperti penjualan pulsa, voucher dan tiket.

Nah, itulah yang dapat saya sampaikan seputar aplikasi pendukung yang bisa dicoba untuk menjalankan usaha sampingan. Bagaimana, ada yang sudah memasangnya di smartphone masing-masing?

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red