×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Tips hemat buat mahasiswa kost biar akhir bulan nggak gigit jari

0

Ekonomi

5 Tips hemat buat mahasiswa kost biar akhir bulan nggak gigit jari

Rajin menabung itu penting karena hasilnya akan dinikmati di masa depan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Rania Mufidah

06 / 01 / 2020 14:15

Pasti diantara kalian ada yang akan menjadi anak kos, sedang menjadi anak kos, atau ingin menjadi anak kos. Salah satu hal yang terpenting yang harus bisa dilakukan untuk menjadi anak kos yaitu mampu mengendalikan uang sebagai pemasukan dan pengeluaran. Apakah mengatur keuangan itu penting? Tentu saja penting, karena kalian akan jauh dari keluarga dan dituntut untuk hidup mandiri.

Banyak anak-anak kos yang kurang bisa mengatur pemasukan dan pengeluaran mereka. Sehingga di  akhir bulan, mereka akan berusaha mencukup-cukupkan kebutuhannya dengan uang yang seadanya atau meminta lagi kepada orang tua untuk mendapatkan kiriman uang lagi. Hal itu akan merugikan bagi kalian bukan? Kalian tidak maukan menjadi anak yang bersenang-senang di awal namun bersusah-susah di akhir? Untuk itu, marilah atur keuangan kalian agar tidak menyesal di akhir bulan nanti.

Berikut ini tips-tips menghemat uang ala anak kos:

1.    Menabung di awal bulan

Cobalah untuk menyisihkan uang bulanan kalian di awal bulan. Kenapa di awal bulan? Karena biasanya dari kalian mendapat jatah dari orang tua pada awal bulan untuk satu bulan. Untuk itu, di awal bulan kalian harus bisa menabung. Untuk berjaga-jaga jika ada sesuatu hal yang mendesak dan benar-benar harus membutuhkan uang itu. Gunakan tabungan awal bulanmu untuk hal-hal yang benar-benar mendesak.

Loading...

2.    Mengikuti kebutuhan bukan keinginan

Mulai pilah-pilahlah mana yang merupakan kebutuhan dan keinginan. Untuk itu, kalian harus membuat daftar barang-barang yang dibutuhkan selama sebulan. Mulailah daftar barang-barang yang dibutuhkan baik untuk urusan kehidupan di kos atau kebutuhan untuk kuliah. Mungkin kalian juga bisa membawa barang-barang seperti sabun mandi, sabun cuci, sikat gigi, dan yang lainnya dari rumah. Hal itu akan membantumu dalam menghemat uang saat di kos karena kalian tidak perlu mengeluarkan uang untuk hal tersebut.

3.    Usahakan memasak sendiri

Biasanya, anak kos banyak mengeluarkan uang dalam hal ini. Biasakan memasak sendiri saat di kos. Mungkin kalian bisa mengaturnya seperti hanya memasak nasi dan untuk lauknya kalian bisa membelinya atau jika kalian tidak memiliki waktu untuk memasak, kalian bisa membelinya namun dengan harga ala mahasiswa ya? Tidak berlebih-lebihan, harga miring kesehatan terjamin. Jika kalian tidak sendiri atau memiliki teman satu kos, kalian bisa patungan dengan teman kos kalian. Hal itu juga akan membantumu dalam mengatur keuangan. Jangan lupa bawalah beras, mi instan, dan jajanan ringan dari rumah juga ya?

4.    Menyimpan uang koin

Simpanlah uang koin kembalian kalian. Terkadang dari kalian menyepelekan uang koin. Padahal menyimpan uang koin merupakan ladang kalian untuk menabung. Mungkin nilainya tidak seberapa, tapi jika kalian selalu menyimpan uang koin lama-lama nilainya akan besar seperti kata pepatah “Berdikit-dikit lama-lama menjadi bukit”, kalian tidak boleh meremehkan hal yang kecil, jika kalian menabung secara rutin meskipun nilainya sedikit, seiring berkembangnya waktu nilainya akan besar.

5.    Mengurangi melakukan kegiatan-kegiatan yang kurang bermanfaat

Hindarilah kegiatan yang kurang bermafaat seperti pergi ke mall yang jauh dari kos, pergi ke wisata-wisata yang jauh dari kos. Karena kalian akan mengeluarkan uang untuk akomodasi pergi kesana. Bukan berarti kalian tidak boleh refreshing ya? Tentu saja itu boleh. Namun, pertimbangkan tempatnya, termasuk uang transportnya. Bolehlah, sekali-sekali pergi ke luar. Tapi ingatlah, belilah sesuatu yang benar-benar kalian butuhkan dan jangan gengsi.

Itulah tips menghemat ala mahasiswa kos. Ingatlah selalu bahwa penyesalan itu datangnya belakangan. Mulai aturlah pengeluaran dan pemasukan kalian, sehingga kalian tidak kehabisan di saat akhir bulan nanti. Seperti kata pepatah “Hemat pangkal kaya”, orang yang suka menabung maka akan menjadi kaya karena hasil dari usahanya menabung.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red