×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Perempuan muslim inspiratif di dunia yang patut kamu ketahui

0

Sosok

5 Perempuan muslim inspiratif di dunia yang patut kamu ketahui

Foto: instagram @halima

Ada banyak hal yang bisa kamu contoh dari para tokoh perempuan muslim ini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Crusita Maharani Samsudin

30 / 07 / 2020 18:15

Saat ini banyak perempuan muslim di berbagai belahan dunia berhasil meraih prestasi dalam sejarah dan dapat berpengaruh terhadap dunia. Para perempuan hebat ini juga selalu memperjuangkan hak perempuan, anak-anak, dan juga masyarakat.

Keteguhan mereka dalam berhijab tidak menjadi suatu penghalang, melainkan menjadikan mereka semakin kuat untuk mengharumkan namanya hingga dikenal oleh dunia. Mereka telah berhasil membuka mata dunia tentang citra perempuan muslim yang sesungguhnya. Bahwa, hijab bukanlah bentuk pengekangan atau diskriminasi Islam bagi para perempuan muslim.

Inilah lima perempuan muslim inspiratif di dunia yang patut kamu ketahui.

1. Benazir Bhutto - Pemimpin negara Islam terkemuka.

Benazir Bhutto merupakan seorang politisi perempuan asal Pakistan. Ia adalah perempuan pertama di dunia yang terpilih menjadi seorang Perdana Menteri Pakistan, sebuah negara yang mayoritas penduduknya adalah muslim. Kala itu Benazir memimpin dalam dua periode, yakni pada periode 1988-1990 dan 1993-1996.

Loading...

Dalam kepemimpinannya, Benazir adalah orang yang sering dikritik, ia dinilai tidak berpengalaman secara politik dan diduga melakukan korupsi. Dalam dunia politik, berbagai agenda kerjanya yang bersifat modern ditentang oleh para islamis di Pakistan. Tetapi, Benazir selalu mendapat dukungan dari negara-negara Barat karena dianggap sebagai seorang pejuang demokrasi dan hak-hak perempuan. Benazir ialah pemimpin yang melawan kekerasan terhadap perempuan dan menolak diskriminasi serta segala bentuk pelecehan terhadap perempuan.

2. Tawakkul Karman – Jurnalis dan aktivis HAM.

Tawakkul Karman adalah seorang jurnalis perempuan muslim yang sekaligus sebagai aktivis pembela hak asasi manusia. Dilansir dari kompas.com, Tawakkul dikenal sebagai perempuan yang berani menentang hebat rezim Yaman yang saat itu dipimpin oleh Presiden Ali Abdullah Saleh ketika menghadapi prahara politik di negeri paling selatan jazirah Arab.

Ia merupakan pendiri kelompok “Jurnalis Wanita Tanpa Belenggu” yang dijuluki sebagai Ibu Revolusi. Karena sikapnya yang kritis dan juga berani membuatnya meraih Hadiah Nobel Perdamaian pada 2011.

3. Halima Aden - Model dan duta UNICEF.

Halima Aden merupakan salah satu model berhijab pertama yang menghapus berbagai stereotip dan pandangan terhadap para perempuan berhijab. Ia adalah perempuan hijab pertama yang berjalan di fashion show rumah mode papan atas. Tidak hanya itu, ia bahkan menjadi model sampul majalah ternama di dunia seperti Vogue Arabia, Vogue UK, Allure, Glamour, dan masih banyak lagi.

Pada 2018, Halima ditunjuk menjadi duta untuk UNICEF wilayah Amerika Serikat. Sebagai seorang duta UNICEF yang berhijab, ia menggunakan perannya untuk mengajak anak-anak muda di seluruh wilayah Amerika Serikat untuk selalu mengutamakan anak-anak dalam segala hal. Ini karena Halima ialah supermodel berdarah Somalia-Amerika yang sewaktu kecil menjadi pengungsi saat konflik Somalia. Sehingga ia sangat memahami berbagai kebutuhan, harapan, dan impian anak-anak pengungsi di seluruh dunia sebagai akibat dari daerah konflik.

4. Amani Al-Khatahtbeh – Pencetus media muslimah AS.

Amani Al-Khatahtbeh ialah seorang pendiri situs Muslimgirl.com, sebuah media yang ingin menempatkan narasi perempuan muslim serta ingin meningkatkan tempat bagi perempuan muslim dalam masyarakat. Bahkan muslimgirl.com meluncurkan hari wanita muslim secara resmi.

Dikutip dari Republika.co.id, bahwa hari wanita muslim ini diciptakan karena Amani ingin membuat sebuah hari di mana setiap muslimah dapat merayakan keberadaannya. Ia ingin semua perempuan muslim bisa bersuara di internet dengan menceritakan berbagai cerita yang positif tentang mereka.

5. Ibtihaj Muhammad – Atlet Anggar.

Ibtihaj Muhammad merupakan seorang atlet anggar yang berasal dari Amerika Serikat. Ia adalah atlet perempuan muslim pertama Amerika yang berhijab dan berhasil memenangkan medali perunggu dalam Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil 2016. Ia dikenal sebagai atlet yang selalu mempertahankan hijab yang ia pakai.

Melalui berbagai prestasi yang dibuat oleh Ibtihaj, hal itu telah menggerakkan hati Mattel Inc. yakni sebuah perusahaan mainan terbesar berdasarkan pendapatan yang tergerak untuk menciptakan boneka Barbie berhijab pertama di dunia. Dengan rilisnya boneka ini diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi banyak perempuan muslim di dunia untuk mengejar impian dan berusaha menjadi apa yang mereka inginkan.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red