PAK (Perfect All Kill) adalah pencapaian yang tidak banyak didapatkan oleh musisi atau idol K-Pop yang berkarier di industri musik Korea Selatan selama ini. PAK bermakna bahwa sebuah lagu yang dirilis telah menempati urutan pertama di semua kategori grafik di chart musik Korea Selatan. Tidak hanya grafik harian atau grafik real-time, tetapi juga grafik mingguan dan real time di iChart, demikian seperti dilansir SBS.

Pada dasarnya, lagu yang memperoleh sertifikat PAK artinya lagu tersebut sangat lagu populer karena didengarkan oleh hampir semua orang pengguna situs musik tersebut, dengan tingkat kesulitan mencapai 100 persen.

5 Penyanyi ini lagunya mendapatkan Perfect All Kill (PAK) pada 2020

Nah, inilah penyanyi yang berhasil mendapatkan PAK (Perfect All Kill) pada 2020:

1. I Give You My Heart dari IU.

5 Penyanyi ini lagunya mendapatkan Perfect All Kill (PAK) pada 2020

Tak hanya drama Crash Landing On Youyang mendapatkan hati dari pencinta drakor. Ternyata OST I Give You My Heartyangdinyanyikan IU untuk OST drama tersebut juga laris. Lagu resmi dirilis pada Sabtu (15/2) pukul 6 malam waktu setempat. Perilisan lagu ini disambut meriah oleh baik penggemar IU maupun drama Crash Landing On You. Terbukti, hanya dalam waktu beberapa jam saja lagu itu langsung naik ke puncak tangga lagu real time musik Korea seperti Melon, Genie, Bugs, dan Soribada. I Give You My Heartjuga telah memetakan dalam Top 5 pada grafik real time Flo.

2. Eight dari IU feat Suga BTS.

5 Penyanyi ini lagunya mendapatkan Perfect All Kill (PAK) pada 2020

BTS dan IU merupakan penyanyi yang sering mendapatkan Perfect All Kill (PAK) untuk beberapa lagunya. Tidak salah jika lagu duet solois IU dengan Suga, member BTS, meraih kesuksesan sempurna.

IU merilis singel terbarunya, Eight, pada 6 Mei 2020 yang diproduseri juga oleh Suga BTS. Sejak dirilis, lagu tersebut telah menyapu bersih tangga lagu Korea Selatan dan tangga lagu iTunes di seluruh dunia.

3. Any Song dari Zico.

5 Penyanyi ini lagunya mendapatkan Perfect All Kill (PAK) pada 2020

Pencinta TikTok pasti sudah tahu lagu Any Song.Lagu ini tak hanya viral di Korea Selatan, tapi juga di seluruh dunia termasuk Indonesia dengan Dance Challenge. Hal tersebut berhasil membuat Zico kembali memecahkan rekor.

Berdasarkan data iChart tercatat pada 30 Januari 2020, Any Songberhasil meraih Perfect All Kill selama 210 jam. Angka tersebut mengalahkan rekoriKONyang berhasil mendapatkan Perfect All Kill lewat Love Scenarioselama 204 jam.

4. How You Like That dari BLACKPINK.

5 Penyanyi ini lagunya mendapatkan Perfect All Kill (PAK) pada 2020

Dirilis pada 26 Juni, lagu How You Like That bahkan berhasil memecahkan rekor Melon dengan angka unique listeners tertinggi setelah satu jam dirilis.Tak hanya itu, How You Like That juga berhasil mendominasi chart iTunes di seluruh dunia.BLACKPINKpun memecahkan rekor sebagai girl group dengan lagu yang merajai chart iTunes Top Songs terbanyak.

Pada Rabu (1/7/2020) iChart mengumumkan How You Like That berhasil meraih Perfect All Kill. Predikat tersebut diberikan kepada lagu yang berhasil merajai seluruh chart major di Korea, yaitu Melon, Genie, Bugs, Soribada, chart harian Vibe, juga chart real time di Flo dan iChart.

5. Summer Sea Again dari SSAK 3.

5 Penyanyi ini lagunya mendapatkan Perfect All Kill (PAK) pada 2020

Setelah merilis single debut yang berjudul Summer Sea Againpada 18 Juli 2020 lalu, kini lagu tersebut telah menempati peringkat pertama di seluruh chart musik Korea Selatan.

Terhitung pada hari Senin (20/07) pukul 7.30 KST, lagu Summer Sea Againberhasil mendapatkan predikat Perfect All-Kill.Summer Sea Againmenjadi lagu kelima pada tahun 2020 yang berhasil meraih predikat Perfect All-Kill di chart musik Korea Selatan.