Seperti yang diketahui, kita manusia adalah makhluk yang paling cerdas yang ada di muka bumi ini. Sedari kecil, kita sudah diberkahi rasa ingin tahu yang tinggi yang mana mendorong kita untuk berpikir semakin jauh dan cerdas. Mungkin di antara kalian ada yang menyenangi teka-teki atau riddle untuk melatih kemampuan otak kritis kita. Tetapi ternyata ada yang lebih sulit dari riddle yaitu paradoks.

Buat yang tidak tahu apa itu paradoks, paradoks adalah suatu situasi atau kondisi yang muncul dari sejumlah premis. Apa itu premis? Premis adalah landasan kesimpulan atau pemikiran atau asumsi dari kalimat atau proposisi yang dijadikan dasar untuk menarik kesimpulan di logika. Nah, kondisi yang muncul dari sebuah premis ini diakui kebenarannya tapi bertolak belakang dari suatu pernyataan yang akan menghasilkan suatu konflik atau kontradiksi.

Simpelnya, paradoks adalah suatu kondisi atau situasi yang bertentangan dengan akal sehat, tapi juga sejalan dengan akal sehat. Nah loh, pasti bingung kan, ya inilah paradoks. Biar tidak bingung lagi apa itu paradoks, berikut ini daftar 5 paradoks yang terkenal di dunia.

1. Grandfather Paradox

5 Paradoks ini bikin pusing kepala, permainkan logika nih

Grandfather Paradox merupakan paradoks waktu yang paling terkenal. Penjelasan paradoks ini sebagai berikut; Kalau kalian bisa kembali ke masa lalu dan membunuh kakek kalian, apa yang akan terjadi selanjutnya? Mungkin jawaban simpelnya biasa saja, ya kakek bakalan mati. Tapi, ternyata jawaban atau akibat dari kondisi tersebut tidaklah semudah dan sesimpel itu. Jika kamu membunuh kakekmu, otomatis orang tuamu tidak akan terlahir ke dunia dan itu juga berrti kamu tidak akan terlahir atau tidak akan pernah ada di dunia dan itu juga berarti kamu tidak akan pernah membunuh kakekmu. Bagaimana bisa terjadi kondisi kamu akan membunuh kakekmu sedangkan karena kamu membunuh kakekmu kamu tidak pernah lahir atau tidak pernah ada. Itulah paradoks, duh ribet ya teman-teman.

2. Barbershop Paradox

5 Paradoks ini bikin pusing kepala, permainkan logika nih

Di suatu kerajaan hanya terdapat satu tukang cukur rambut dan di daerah itu terdapat aturan-aturan yang harus ditaati mengenai peraturan mencukur rambut. Peraturannya yaitu; Pertama, semua warga harus mencukur rambutnya. Kedua, semua warga tak boleh mencukur rambutnya di kerajaan lain. Ketiga, semua warga harus mencukur rambutnya di tukang cukur. Keempat, tukang cukur hanya mencukur orang yang tidak mencukur rambutnya sendiri. Teka-tekinya, siapa yang mencukur rambut si tukang cukur? Mengingat aturan kedua, tukang cukur tidak boleh mencukur rambutnya di kerajaan lain. Peraturan ketiga mengatakan, tukang cukur harus mencukur rambutnya ke tukang cukur yaitu dirinya sendiri, sedangkan cuma dia satu-satunya tukang cukur di kerajaan itu. Kalau dia mencukur rambutnya sendiri, berarti dia telah melanggar peraturan keempat, yaitu tukang cukur hanya mencukur rambut orang yang tidak mencukur rambutnya sendiri. Lalu siapakah yang akhirnya mencukur rambut si tukang cukur, sedangkan semua warga termasuk si tukang cukur mencukur rambutnya. Haduh bingung kan teman-teman.

3. Unstoppable Force Paradox

5 Paradoks ini bikin pusing kepala, permainkan logika nih

Paradoks ini juga disebut dengan sebutan Shield and Spear Paradox. Paradoks ini juga cukup terkenal, riddle nya adalah apa yang terjadi ketika sebuah benda bergerak yang tidak bisa berhenti bertemu dengan sebuah benda yang tidak bisa digerakkan sama sekali. Apakah kedua tersebut berhenti? Ataukah kedua benda tersebut bergerak? Atau juga gaya dari kedua benda tersebut saling tertukar?

4. Omnipotence Paradox

5 Paradoks ini bikin pusing kepala, permainkan logika nih

Paradoks ini merupakan paradoks yang cukup mengerikan dan yang paling komtroversial. Mesti kuat-kuat iman kalau bertemu dengan riddle dari paradoks ini. Riddle nya adalah Tuhan itu kan mahakuasa, apapun bisa Dia lakukan dan Tuhan ciptakan tanpa batasan atau unlimited force. Pertanyaannya, bisakah Tuhan yang mahakuasa menciptakan sebuah batu yang sangat berat yang sampai Tuhan itu sendiri pun tidak bisa mengangkatnya? Paradoks ini merupakan paradoks yang biasa digunakan para atheis untuk beradu debat dengan para theis atau orang yang percaya dengan adanya Tuhan dengan tujuan membuat bingung dan membelokkan keyakinan orang tersebut. Sedikit ironi, karena penemu paradoks ini adalah seorang filsafat agamawan yaitu Averroes atau yang biasa dikenal dengan nama Ibn Rushd. Dua premis dalam paradoks ini; Pertama, bisakah Tuhan menciptakan batu tersebut? Karena Tuhan mahakuasa tentu saja bisa. Tapi kalau Tuhan bisa menciptakan batu tersebut dan tidak bisa diangkat, justru menunjukkan bahwa ada yang tidak bisa dilakukan Tuhan sekaligus mematahkan premis pertama yaitu Kemahakuasaan. Paradoks ini jawabannya tidak akan bisa ditemukan di dalam logika manusia biasa seperti kita karena Tuhan itu sendiri jauh di luar jangkauan logika manusia itu sendiri.

5. Sexual Paradox

5 Paradoks ini bikin pusing kepala, permainkan logika nih

Paradoks ini lebih rumit lagi. Contoh dari paradoks ini, Budi kembali ke masa lalu dan bertemu dengan ibunya ketika sang ibu masih seorang gadis atau perawan. Lalu kemudian si Budi jatuh cinta kemudian ia menikahi ibunya yang masih gadis itu dan kemudian mereka mempunyai anak. Si Budi sendiri kah anak itu? Atau mungkinkah si Budi yang menjadi ayah bagi dirinya sendiri? Paradoks ini referensinya bisa kalian tonton di film Back to the Future dimana sang tokoh utama kembali ke masa lalu dan bertemu dengan ibunya yang mana kemudian ia jatuh cinta padanya. Contoh Sexual Paradox yang lebih aneh lagi, sebuah novel yang berjudul The Paradox Planet karya dari Steven Spruill bercerita tentang seorang ilmuwan yang bertemu dengan seorang gadis cantik jelita. Kemudian mereka pun saling jatuh cinta dan lalu akhirnya menikah. Tapi setelah beberapa lama, ternyata ilmuwan itu mengetahui bahwa gadis tersebut merupakan seorang transgender yang ternyata mempunyai kelamin ganda yang dulunya seorang laki-laki! Tapi ternyata diketahui lagi kalau ternyata istrinya ini merupakan si ilmuwan itu sendiri yang datang dari masa depan yang telah berganti kelamin. Ini artinya dia melakukan hubungan seks dengan dirinya sendiri, gila! Yang jadi tanda tanya, bagaimana jika akhirnya mereka mempunyai anak? Dan misalkan si anak dari mereka ini kembali ke masa lalu dan menjadi ilmuwan itu sendiri dan memulai semuanya lagi yaitu ilmuwan kembali ke masa lalu dan bertemu dengan gadis yang merupakan dirinya sendiri yang berganti kelamin. Jadi, sang ilmuwan itu berperan sebagai ayah, ibu, dan anak dari dirinya sendiri. Pemikiran gila macam apa itu teman-teman. Premis paradoks ini referensinya bisa kalian lihat di film Predestination.