Akhir-akhir ini teknologi VR mulai digandrungi. Dengan VR, orang bisa merasakan pengalaman seperti nyata berada di dalam realitas maya. Yap, pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan dengan proyeksi 3D yang digarap oleh komputer yang membuat seolah-olah pengguna berada di dalam lokasi tersebut!

Umumnya, teknologi ini banyak digunakan untuk bermain game atau menonton film. Salah satunya, beberapa waktu lalu Marvel menggunakan teknologi VR untuk promo film Avengers di bioskop-bioskop terkemuka. Nyatanya, teknologi ini memiliki banyak manfaat lain yang mampu membuat kehidupan menjadi nyata. Beberapa perusahaan coba mengembangkan teknologi VR yang bisa mempermudah dan membantu kehidupan manusia.

1. Kebutuhan medis.

5 Manfaat Virtual Reality untuk kehidupan yang lebih baik

Jika sebelumnya agak sulit mendiagnosa penyakit yang diderita oleh pasien, teknologi mampu membuat ahli medis professional untuk melakukan hal yang sulit sekalipun. Di antaranya, perusahaan medis menerapkan pelatihan medis bagi dokter, yang memungkinkan mereka bisa melihat ke dalam tubuh manusia dengan simulasi yang realistis. Hal ini pun mampu meningkatkan kualitas keperawatan yang dulu sulit dilakukan. Salah satu perusahaan medis yang menerapkan metode ini adalah Childrens Hospital Los Angeles (CLHA) dari Amerika Serikat.

2. Eksplorasi luar angkasa.

5 Manfaat Virtual Reality untuk kehidupan yang lebih baik

Tak itu saja, VR juga membantu para calon astronot melakukan simulasi ketika berada di luar angkasa. Penggabungan teknologi VR dan AR (Augmented Reality atau benda virtual yang ditempatkan di bidang pandang sebenarnya), memungkinkan astronot dari NASA seolah berada di luar angkasa.

3. Latihan militer.

5 Manfaat Virtual Reality untuk kehidupan yang lebih baik

Daripada harus benar-benar saling tembak-menembak dengan senjata beneran, teknologi VR juga berfungsi untuk simulasi militer. Seperti pergelaran yang baru-baru ini sedang berlangsung, bertajuk The Virtual Training and Simulation Summit di Amerika Serikat. Di sini, kalian bisa berlatih menembak, melakukan strategi, menjinakkan bom, hingga berbagai hal lain seputar militer.

4. Dunia otomotif.

5 Manfaat Virtual Reality untuk kehidupan yang lebih baik

Teknologi ini pun merambah ke dunia otomotif, di mana kini perusahaan terkemuka mulai mendesain mobil menggunakan teknologi VR. Bahkan, perusahaan kendaraan terkemuka asal Amerika, Ford, memiliki laboratorium sendiri menggunakan teknologi Vurtual Reality, untuk prototyping mobil terbaru keluaran mereka.

5. Dunia pendidikan.

5 Manfaat Virtual Reality untuk kehidupan yang lebih baik

Fungsi VR juga membantu dunia pendidikan. Dengan teknologi, memungkinkan pelajar dapat merasakan pengalaman belajar yang berbeda ketimbang belajar di kelas. Seperti sebuah situs Immersive VR Education yang menghadirkan beragam tutorial yang bisa langsung dipraktikkan oleh pelajar menggunakan VR.