Bagi kamu yang sedang menjalani diet, makanan pokok satu ini pasti sudah tak asing lagi dan membantu dalam program penurunan berat badan. Namun, pernahkah kamu mendengar adanya manfaat lain yang berkhasiat untuk membantu merawat kulit dan rambut dengan menggunakan oatmeal?

Nutrisi pada oatmeal dipercaya dapat mengatasi jerawat dan komedo pada kulit sensitif, kering, dan berminyak. Berikut manfaat dari oatmeal untuk mendapatkan kulit cantik dan bersih.

1. Merawat kulit wajah.

5 Manfaat oatmeal untuk perawatan kulit dan rambut

Kandungan pada oatmeal mampu memberikan khasiat baik untuk mencerahkan kulit wajah dan meredakan masalah kulit seperti komedo, jerawat, kulit kering, dan noda bekas jerawat. Cukup usap secara merata pada kulit wajah sebagai masker dan diamkan kurang lebih 15 menit. Lakukan secara rutin 3 kali seminggu.

2. Scrub tubuh.

5 Manfaat oatmeal untuk perawatan kulit dan rambut

Tekstur oatmeal yang kenyal membuatnya sebagai alat pengelupasan sel kulit mati yang efektif. Saat ini sudah banyak DIY scrub oatmeal yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah mencampur oatmeal mentah dengan air panas dan sedikit madu. Ramuan ini bisa digunakan untuk wajah maupun tubuh kamu, lho.

3. Menutrisi rambut.

5 Manfaat oatmeal untuk perawatan kulit dan rambut

Ternyata oatmeal sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal pada kulit kepala. Khasiatnya ini bahkan dimanfaatkan oleh beberapa brand sampo untuk membuat rangkaian produk berbasis oatmeal. Tak hanya rasa gatal, oatmeal juga ampuh untuk mengurangi ketombe di rambut.

4. Melembapkan rambut.

5 Manfaat oatmeal untuk perawatan kulit dan rambut

Kandungan vitamin B pada oatmeal berfungsi sebagai moisturizer alami pada rambut. Gunakan sebagai masker rambut dengan mencampur oatmeal dengan air dan sedikit coconut oil. Selain melembapkan rambut, penggunaan oatmeal secara teratur juga terbukti mengurangi rambut patah dan bercabang.

5. Sebagai larutan untuk berendam.

5 Manfaat oatmeal untuk perawatan kulit dan rambut

Supaya kulit lebih kenyal dan lembap, kamu bisa menambahkan oat dalam air rendaman. Tak cuma bikin kulit jadi nyaman, kamu pun akan lebih rileks dan tenang.

Caranya sangat mudah. Setelah air hangat untuk berendam sudah siap, masukkan 1 cangkir oat. Kemudian tuangkan sedikit tetesan minyak lavender untuk memberikan aroma. Kamu bisa berendam dalam air campuran oats ini selama 15 sampai 30 menit untuk mendapatkan kulit yang lembap.

Selamat mencoba!