Kopi biasa dikaitkan dengan minuman penghilang kantuk. Padahal lebih dari itu, kopi hitam bisa menyembuhkan penyakit jika dikonsumsi dengan cara yang benar. Kandungan nutrisi dan antioksidannya sangat baik untuk kesehatan.Dikutip dari akun Twitter Kementerian Pertanian, berikut ini manfaat kopi hitam bagi kesehatan manusia.

1. Meningkatkan memori.

Seiring bertambahnya usia, kekuatan daya ingat dan keterampilan kognitif akan menurun, dengan demikian cenderung terkena risiko demensia dan Parkinson yang lebih besar.Secangkir kopi hitam di pagi hari akan meningkatkan kekuatan memori dan meningkatkan fungsi otak. Ini akan membantu otak dan saraf kamu tetap aktif di siang hari, sehingga mengurangi risiko demensia. Asupan kopi hitam secara teratur akan mengurangi risiko Parkinson hingga 60%. Terlepas dari ini, ada berbagai macam manfaat dari kopi hitam.

2. Meningkatkan kinerjamu selama latihan.

Ada alasan mengapa sebagian pelatih gym meminta untuk minum kopi hitam sebelum datang ke gym. Kopi hitam dikenal untuk meningkatkan kinerja selama latihan.Ini akan membantu tubuh untuk melepaskan adrenalin dalam aliran darah kamu yang mempersiapkan tubuh untuk aktivitas fisik.

3. Mengurangi stress.

Setiap orang cenderung menghadapi semacam stres setiap hari. Jika tidak diobati, ini dapat menyebabkan depresi yang selanjutnya menempatkanmu pada risiko sejumlah kondisi kesehatan lainnya.

Minum kopi hitam adalah cara yang bagus untuk mengangkat suasana hatisehingga membuat kamu merasa lebih baik. Secangkir kopi hitam akan merangsang sistem saraf kamu untuk menghasilkan hormon bahagia di tubuh dan membantumu menjauhkan stres dan depresi.

4. Membersihkan perut.

Makanan tidak sehat yang kita makan hampir setiap hari memenuhi perutmu dengan racun. Minum kopi hitam membantumu mendetoksifikasidengan meningkatkan berapa kali kamu buang air kecil. Semua racun dan zat yang tidak diinginkan dihilangkan dari tubuh melalui urin.

5. Meredakansakit kepala.

Kandungan kafein dalam kopi hitam ternyata memiliki potensi untuk meredakan sakit kepala maupun migrain.Guttler yang juga ahli toksikologi menambahkan, kopi dapat memiliki efek menenangkan migrain atau sakit kepala.Ketika terjadi sakit kepala, pembuluh otak memperlebar reseptor rasa sakit. Tekanan darah dan detak jantung meningkatkan tekanan pada dinding pembuluh darah.