×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Langkah kecil mengawali diet plastik, yuk mulai dari sekarang

0

N/A

5 Langkah kecil mengawali diet plastik, yuk mulai dari sekarang

Ini baru keren. Selain diet makanan, kamu juga sudah bisa diet plastik.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Denny Suryadharma

27 / 03 / 2019 10:42

Volume sampah plastik setiap harinya terus saja bertambah. Selain karena susah terurai, pemakaian plastik sekali pakai juga masih saja marak.

Nah, buat menguranginya, yuk kita sama- sama melakukan diet plastik. Awalnya pasti susah karena sudah menjadi kebiasaan untuk bergantung pada plastik. Tapi seperti yang diungkapkan oleh Corporate Communication GM PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Nur Rachman, menurutnya mengubah budaya masyarakat yang semula akrab dengan kantong plastik lalu mengurangi konsumsinya memang tidak mudah. "Tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi kita bisa memulainya dari sekarang" tegasnya.

Lantas kira-kira apa lagi ya langkah yang bisa kita lakukan untuk diet kantong plastik ini? Yuk, coba ikuti 5 tips diet plastik di bawah ini.

1. Menolak kantong plastik yang diberikan.

humasalfamart

Loading...

Meski di sejumlah retail modern kantong plastik sudah gak gratis lagi, tapi tetep saja masih banyak yang ngasih kantong plastik saat kamu berbelanja. Coba deh hitung dalam sehari berapa kamu mendapat kantong plastik, ujung-ujungnya pasti jadi sampah kan. Nah, mulai sekarang jangan malu kalau membawa tas belanja atau tote bag sendiri saat berbelanja. Selain lebih praktis, juga bisa dipakai berulang kali.

 

2. Menolak sedotan sekali pakai.

athome.id

Saat kamu membeli minuman dingin pasti dikasih sedotan kan. Nah, tahu gak kamu kalau sedotan plastik sekali pakai ini juga penyumbang sampah plastik terbesar. Oleh karena itu, gak ada salahnya dong kamu membawa sedotan sendiri yang lebih ramah lingkungan dan terbuat dari bambu, baja, atau kaca. Selain bentuknya banyak yang imut dan lucu, juga bisa dipakai berulang kali dan yang jelas lebih ramah lingkungan.

 

3. Menolak kotak makanan dan minuman sekali pakai.

5 Langkah kecil mengawali diet plastik, yuk mulai dari sekarang

Gak usah malu kalau kamu membawa gelas tumbler sendiri saat beraktivitas. Daripada memakai gelas karton, gelas plastik, atau botol minum sekali pakai saat kamu membeli kopi misalnya. Oya, untuk mendukung diet plastik ini, beberapa kedai kopi juga memberikan diskon untuk pelanggan yang membawa gelas tumbler sendiri.

Begitu pun saat kamu membawa bekal makanan sendiri, selain lebih bisa mengontrol asupan makanan, kamu juga gak nyampah karena bisa dipakai ulang. Beda kalau kamu membeli makanan yang dibungkus menggunakan plastik atau strereofoam, pasti setelah makan plastik pembungkusnya kamu buang dan jadi sampah.

 

4. Menolak cutton buds bergagang plastik.

5 Langkah kecil mengawali diet plastik, yuk mulai dari sekarang

Pemakaian cotton buds sudah sangat umum banget ya, mulai untuk membersihkan telinga, menghapus riasan make up yang salah, dan lainnya. Nah, gagang plastik cotton buds ini juga penyumbang sampah plastik terbesar. Jadi ada baiknya saat kamu diet plastik mulai ganti dengan cotton buds bergagang karton.

 

5. Menolak alat pencukur sekali pakai.

alodokter

Barang-barang plastik seperti pisau cukur sekali pakai memang murah dan praktis. Nah, biar gak menambah sampah plastik yang ada, kamu bisa cari pisau cukur yang bisa diisi ulang. Memang agak mahal sih, tapi setidaknya kamu sudah bisa mengurangi sampah plastik yang ada.

 

Nah, itu tadi 5 tips buat kamu memulai diet plastik. Kira-kira kamu sudah melakukan yang mana nih? Yang pasti sih, apapun langkahmu untuk diet plastik sudah bisa memberi harapan bumi di masa yang akan datang akan agar lebih baik dan terbebas dari pencemaran plastik. Ayo semangat untuk menjalani diet plastik!

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red