Biasanya, bangunan sebuah kota memiliki berbagai macam warna. Uniknya, di kota-kota ini ada satu warna dominan pada setiap bangunannya. Di balik warna dominan itu ternyata memiliki sejarahnya sendiri lho.

Nah, bagi kamu yang sangat menyukai kota artistik wajib banget datang ke kota-kota ini. Yuk simak satu per satu ulasannya.

1. 'Blue city' Chefchaouen, Maroko

5 Kota cantik ini punya satu warna dominan yang memanjakan mata

foto: muchmorocco.com

Siapa sih yang nggak kenal sama kota satu ini. Pesona warna birunya menenangkan banget ya. Warna biru kota ini dimulai sejak pengungsi Yahudi lari dari jajahan Spanyol dan menetap di Chefchaouen. Mereka mulai mewarnai semua barang dengan warna biru, untuk menyamakan dengan langit dan mengingatkan mereka pada Tuhan. Di kota ini, kamu dapat menikmati pemandangan kota dengan bersepeda atau berjalan kaki. Di pasar tradisional juga terdapat kerajinan warga setempat yang cocok untuk jadi buah tangan. Yuk rencanakan liburanmu ke sini!

2. 'White city' Santorini, Yunani

5 Kota cantik ini punya satu warna dominan yang memanjakan mata

foto: 100daysofsunshine.org

Tak berbeda jauh dengan 'kota biru'-nya Maroko, Yunani juga punya nih satu kota yang bangunannya didominasi dengan warna putih. Santorini, yang berada di kepulauan Cyclades sekitar 200 km dari Yunani. Pulau ini juga terkenal dengan gunung meletusnya. Warna putih pada bangunan di kota ini dimaksudkan untuk mengurangi panas dari cahaya matahari. Sementara warna biru pada gereja-gereja dimaksudkan untuk memberikan kesan teduh dan sejuk. Santorini juga sangat terkenal dengan pemandangan laut yang mempesona serta sunset dan sunrisenya. Kota ini sangat cocok untuk lari dari rutinitas dan relaksasi.

3. Red city, Marrakesh, Maroko

5 Kota cantik ini punya satu warna dominan yang memanjakan mata

foto: www.worldwidetravelguide.co.uk

Maroko adalah negara Islam yang modern dan sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan. Setelah kota birunya yang terkenal, satu lagi kota di bagian tengah Maroko yang populer dengan sebutan kota merah-nya, Marrakesh. Julukan ini ternyata punya ceritanya sendiri lho. Sebagian besar struktur kota Marrakesh dan bangunannya berwarna mirip merah bata. Dan saat sunset, warna merahnya akan semakin terlihat. Kamu bisa menikmati berbagai wisata menarik di kota merah ini.

4. Yellow city, Hoi An, Vietnam

5 Kota cantik ini punya satu warna dominan yang memanjakan mata

foto: blog.bucketlistly.com

Selain kota-kota di benua Eropa, di benua Asia juga ada satu kota yang terkenal dengan dominasi warna kuningnya. Hoi An, kota kecil di bagian tengah Vietnam ini sebenarnya masih termasuk bagian dari Hanoi dan Ho Chi Minh. Rumah-rumah di kota ini dicat dengan warna kuning cerah dengan dekorasi kayu di jendela dan furniturnya. Dominasi warna kuning ini dianggap menggambarkan kekayaan atau bisa menyerap cahaya matahari sehingga suhu kota tidak terlalu panas. Kamu bisa menikmati keindahan kota ini dengan bersepeda, berjalan kaki atau menyusuri sungai menggunakan perahu. Hoi An sangat cocok bagi yang menyukai dunia fotografi.

5. Pink city Jaipur, India

5 Kota cantik ini punya satu warna dominan yang memanjakan mata

foto: myjourneythroughindia.wordpress.com

Julukan pink city pada kota Jaipur ini disebabkan karena sebagian besar bangunannya berwarna merah muda. Konon, warna merah muda ini digunakan pada tahun 1876, Ratu Victoria dan Pangeran Wales berkunjung ke India, termasuk menyempatkan diri mereka untuk datang ke Jaipur. Raja Jaipur yang bernama Maharaja Ram Singh pun menggunakan warna merah muda ini di setiap bangunan kota demi menyambut kedatangan mereka. Di India, warna merah muda menandakan keramahtamahan. Bangunan di kota ini sangat artistik, cocok bagi yang mempunyai hobi fotografi.

Jadi, kota mana nih yang sangat ingin kamu kunjungi?