×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Fakta loukoumades, donat khas Yunani yang tengah viral

0

N/A

5 Fakta loukoumades, donat khas Yunani yang tengah viral

Foto: mygreekdish.com

Rasanya enak banget, lho!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Nuraina Fika Lubis

14 / 10 / 2020 11:55

Loukoumades (dibaca: lukumades) merupakan penganan khas yang berasal dari Yunani. Penganan yang disebut juga dengan donat Yunani ini telah menyebar di seluruh dunia. Namun, penganan ini viral dan banyak dibahas oleh food vlogger di Indonesia beberapa hari silam.

Nah, ingin tahu lebih dalam tentang penganan ini? Yuk, simak daftar berikut!

1. Bermula sebagai sajian untuk pemenang Olimpiade.

Loukoumades

Foto: mygreekdish.com

Loading...

Loukoumades tercatat sebagai dessert tertua di dunia. Penganan ini pertama kali disajikan saat penyelenggaraan Olimpiade yang pertama di dunia. Olimpiade tersebut terjadi pada zaman Yunani Kuno, yaitu sekitar tahun 776 SM. Pada saat itulah penganan ini disajikan kepada para pemenang Olimpiade sebagai "honey token".

2. Loukoumades asli dan tradisional dilumuri dengan madu.

loukoumades

Foto: Pixabay/vmangalmurti

Loukoumades asli dan tradisional berukuran lebih kecil daripada donat biasa, yakni berdiameter sekitar 5 cm, sebagaimana dikutip dari laman Cultured Table. Bentuknya seperti bola padat dan tidak ada lubang di tengahnya.

Adonan loukoumades asli dimasak dengan cara digoreng. Setelah masak, penganan ini akan dilumuri dengan sirup madu yang panas dan ditaburi dengan bubuk kayu manis. Bentuk loukoumades asli tersebut masih bertahan sampai saat ini dan menjadi topping utamanya.

3. Loukomades modern dikembangkan dengan berbagai rasa dan topping.

loukoumades berbagai rasa

Foto: instagram.com/lukumades

Seiring perkembangan zaman, loukoumades telah memiliki banyak variasi dari bentuk aslinya. Tidak hanya dilumuri dengan madu dan taburan bubuk kayu manis, penganan ini juga ditaburi dengan topping lezat yang membuatmu ingin memakannya. Contoh topping tersebut adalah coklat, strawberry, keju, kacang, dan lain sebagainya. Penganan ini juga bisa dibuat dengan topping es krim berbagai rasa yang membuat kamu ketagihan, lho!

4. Loukoumades disajikan beberapa buah dalam satu tempat sajian.

penyajian loukoumades

Foto: instagram.com/lukumades

Loukoumades disajikan beberapa buah pada piring atau kotak sajian. Pastikan kumpulan loukoumades tersebut telah dilumuri dengan topping yang diinginkan. Selanjutnya, kamu pun bisa memakannya dengan tangan maupun garpu.

5. Loukoumades mempunyai nama yang berbeda di berbagai negara.

loukoumades

Foto: theeclectickitchen.com/

Beberapa negara mempunyai penganan yang persis seperti loukoumades, tetapi dengan nama dan bentuk yang berbeda. Di Turki, penganan yang persis sama dengan loukoumades tersebut dinamai "lokma" yang berarti "sesuap". Sementara itu, loukoumades dinamai dengan "lukmat al-qadi" di Mesir dan Irak. Fakta lainnya, penganan yang serupa dengan loukoumades disebut dengan "struffoli" di Italia.

Nah, sudah tahu kan apa saja fakta-fakta tentang penganan lezat satu ini? Tidak sabar ingin mencobanya deh!

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red