×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Dampak buruk dari duduk terlalu lama dan cara mengatasinya

0

Kesehatan

5 Dampak buruk dari duduk terlalu lama dan cara mengatasinya

Perlu diperhatikan bagi orang dengan pekerjaan yang diharuskan duduk berjam-jam.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Rian Kusuma Dewi

26 / 02 / 2019 15:10

Bagi teman-teman milenial, khususnya yang bekerja di kantor, duduk selama berjam-jam tentu sering dilakukan. Padahal nih duduk untuk waktu yang lama dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, apa saja masalah kesehatan itu? Lalu bagaimana cara mencegah dampak buruk duduk terlalu lama jika memang pekerjaan kita mengharuskan duduk lama?

Berikut masalah kesehatan yang dapat dialami saat duduk terlalu lama.

1. Masalah otak, leher, dan bahu.

Dengan menggerakkan tubuh berarti kita mengalirkan lebih banyak darah dan oksigen ke otak. Sebaliknya dengan duduk terlalu lama akan memperlambat aliran darah dan oksigen ke otak, sehingga akan membatasi kemampuan kita untuk berpikir secara jernih. Nah, untuk yang duduk berjam-jam dengan menatap layar komputer, posisi membungkuk saat melihat layar komputer dan mengetik keyboard akan menyebabkan ketegangan di leher, otot punggung, dan bahu.

 

Loading...

2. Punggung juga akan bermasalah.

Saat kita bergerak, disk halus di antara veterbra pada tulang belakang akan membentang dan berkontraksi sehingga memungkinkan masuknya darah dan nutrisi. Namun dengan kita duduk terlalu lama, disk menjadi tidak rata dan padat, bahkan dapat menyebabkan penumpukan kolagen di sekitar tendon dan ligamen.

 

3. Degenerasi otot.

Duduk berjam-jam dipercaya akan menyebabkan beberapa otot mengalami penurunan fungsi karena tidak digunakan dalam waktu yang lama, contohnya adalah otot pinggul. Pinggul yang digunakan untuk bergerak akan membantu menyeimbangkan tubuh, tetapi dengan duduk terlalu lama, otot fleksor pinggul menjadi pendek dan tegang.

 

4. Masalah di beberapa organ.

Gerakan yang teratur dapat membantu membunuh sel-sel penyebab kanker serta meningkatkan antioksidan. Sebaliknya nih, ketidak aktifan akibat duduk berjam-jam akan menyebabkan peningkatan produksi insulin. Di mana peningkatan insulin kita ketahui bersama akan menyebabkan kenaikan berat badan yang berkontribusi terhadap diabetes dan obesitas. Diabetes melitus sendiri menjadi faktor risiko terjadi penyakit jantung dan stroke. Wih, serem ya.

 

5. Sirkulasi darah ke kaki terganggu.

Sitting

Seperti pada bagian tubuh yang lain, duduk terlalu lama juga akan menghambat sirkulasi darah di kaki. Hal ini membuat darah berkumpul di sekitar pergelangan yang selanjutnya menyebabkan bengkak hingga varises.

 

Lalu, bagaimana cara mencegah dampak buruk duduk terlalu lama jika memang pekerjaan kita mengharuskan duduk lama?

 

How Should We Sit

Yang pertama adalah duduk tegak. Pastikan untuk duduk tegak dan jangan menyandar maju ke arah keyboard, kita juga dapat duduk di kursi tanpa sandaran. Dengan duduk tegak akan membuat tulang di tubuh kita berfungsi secara anatomis atau sebagaimana mestinya sehingga diharapkan tidak terdapat masalah di punggung, leher, maupun bahu.

Selanjutnya yang kedua adalah lakukan peregangan setiap 30 menit. Bagaimana caranya melakukan peregangan? Berdirilah dan berjalan di sekitar meja kerja. Kegiatan ini akan mempertahankan aliran darah dan memungkinkan otak dan otot berfungsi secara optimal.

"Your body is you most priceless possession.Take care of it". Yuk, mulai sekarang kita ciptakan kebiasaan baik setiap harinya. Duduk dengan posisi yang tepat salah satunya.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red