Di zaman sekarangkayaknya ngomongin harddisk eksternal sudah nggak cocok. Sekarang data-data sudah mudah disyncke data virtual yang istilah kerennya adalahcloud.Mulai dari Google Drive, Dropbox, atau iCloud menjadi pilihan untuk menyimpan data-data penting di sana.

Tapi apakah data yang dimasukkan kecloudsepenuhnya aman? Gimana kalau email kamu dihackorang? Tentu untuk jaga-jaga, kamu juga harus memilikiback updalam bentuk fisik, yakni hardisk eksternal.

Apalagi kalau status kamu sekarang mahasiswa jurnalistik, kebutuhan hardisk eksternal semakin kuat saja. Jadi semasa saya masih jadi bangkotan mahasiswa jurnalistik, salah satu barang yang selalu dibawa kemana-mana adalah hardisk eksternal. Nggak peduli udah ada Google Drive atau Dropbox, pokoknya hardisk eksternal selalu di hati.

Dulu saya punya banyak hardisk eksternal, bisa dibilang koleksi malah. Saya cobain tuh segala merek hardisk sampe nemu yang cocok. Tapi namanya juga orang, cobaannya ada-ada aja. Beberapa hardisk eksternal yang saya miliki rusak di tengah jalan, entah itu nggak loading, kebanting sekali langsung ngadat, dan lain-lain.

Tapi di balik kejadian apes tersebut, saya jadi mengetahui mana hardisk eksternal yang setia dan awet. Layaknya jodoh yang dibawa ke pelaminan, terkadang kita harus ketemu yang memberi pelajaran (cielah). Daripada ngelantur, saya berikan sedikit rekomendasi hardisk eksternal yang pas banget bagi mahasiswa seperti kamu.

1. WD My Passport Ultra

Ini salah satu hardisk eksternal jaman jebot yang masih awet sampe sekarang. Seriusan deh! Hardisk ini udah keren dari sananya karena udah pakai port USB 3.0. Harus saya akui, hardisk eksternal yang satu ini paling cepet kalau membaca file. Jadi nggak perlu pusing kalau lagi keburu-buru ngerjain tugas, karena hardisk eksternal ini bisa diandalkan banget!

2. Seagate Maxtor M3

Yang bikin saya ngiler untuk membeli hardisk eksternal ini adalah karena dilengkapi dengansoftwarepelindung data. Sehingga kalau hardisk kamu kebanting atau kenapa-napa,softwaretersebut akan dengan cepat memproses perlindungan data. Biasanya saya memasukkan data-data penting ya di hardisk yang satu ini.

3. Adata HD710

Hardisk yang satu ini memang yang paling bisa diandalkan. Tahan banting dan tahan air yang membuat ini meraih penghargaan hardisk eksternal terbaik versi saya. Pernah beberapa kali kebanting dan kecipratan air masih baik-baik saja sampai sekarang. Cuma sayangnya bobotnya cukup berat dan ukurannya yang agak gede jadi agak memakan tempat.

4. Toshiba Canvio Connect II

Hardisk eksternal ini juga mirip-mirip kaya hardisk Seagate karena juga dilengkapi dengansoftwarepelindung data. Hebatnya lagi, hardisk eksternal Toshiba ini bisa menyimpan dataonlinesebanyak 10 GB. Jadi pastikan data-data pentingmu dimasukkan ke sistem penyimpanancloudToshiba ya!

Nah demikianlahreviewala-ala dari saya yang mantan mahasiswa jurnalistik ini. Selamat berburu hardisk eksternal impian!