×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Kopi single origin Indonesia ini perlu diperkenalkan pada dunia

0

Jalan-Jalan

4 Kopi single origin Indonesia ini perlu diperkenalkan pada dunia

Selain kopi Mandailing, Toraja, dan Bali Kintamani yang telah terkenal, Indonesia juga punya kopi single origin lain yang tak kalah nikmat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

DharmaOne 11

17 / 03 / 2020 14:35

Hari Kopi Nasional di Indonesia diperingati setiap tanggal 11 Maret. Peringatan Hari Kopi ini dilakukan mengingat Indonesia termasuk negara penghasil kopi terbesar di dunia sekaligus sebagai motivasi untuk lebih memperkenalkan kopi Indonesia kepada masyarakat dunia.

Dengan status Indonesia sebagai negara kepulauan, tentu saja kondisi tiap daerah di Indonesia berbeda-beda. Hal inilah yang menjadikan rasa kopi dari berbagai daerah di Indonesia menjadi beragam.

Beberapa kopi single origin dari Indonesia seperti kopi Mandailing, kopi Toraja, dan kopi Bali Kintamani telah dikenal dan disukai oleh banyak penggemar kopi di seluruh dunia. Selain kopi-kopi single origin tersebut, ada beberapa kopi single origin lain yang harus lebih diperkenalkan kepada masyarakat dunia agar mengikuti jejak kopi-kopi asal Indonesia sebelumnya.

1. Kopi Papua.

Papua sebagai daerah paling timur di Indonesia memiliki kopi sebagai salah satu sumber daya yang sangat baik untuk komoditas ekspor. Beberapa daerah di Papua seperti Wamena, Dogiyai, dan Yahukimo merupakan penghasil kopi terbaik asal Indonesia dengan karakter rasa yang berbeda-beda.

Loading...

Dengan terkenalnya Raja Ampat sebagai destinasi wisata bagi wisatawan mancanegara, maka bukan hal yang sulit untuk memperkenalkan kopi asal Papua, terutama kopi Papua Wamena yang sudah terkenal di kalangan pencinta kopi Nusantara.  

2. Kopi Magelang.

Nama Magelang mungkin tidak familiar bagi masyarakat dunia, tapi Magelang tak lepas dari keberadaan Candi Borobudur dan Gunung Merapi yang banyak menjadi destinasi wisata para turis dari berbagai penjuru dunia. Melalui kepopuleran Borobudur dan Merapi yang merupakan gunung penghasil kopi, kopi single origin asal Magelang yaitu Magelang Kaliangkrik dan kopi arabika maupun robusta Gunung Merapi dapat lebih diperkenalkan pada dunia, terutama melalui kedai atau kafe yang berada dekat objek-objek wisata.  

3. Kopi Ijen.

Pencinta kopi di seluruh dunia pasti mengetahui kopi Jamaican Blue Mountain yang memiliki harga fanstastis layaknya kopi luwak. Kopi Jamaican Blue Mountain merupakan kopi dari gunung tertinggi di Jamaika yaitu Blue Mountain. Indonesia sendiri memiliki gunung yang disebut para petani kopi dan penggemar kopi sebagai 'Gunung Biru' atau 'Blue Mountain', yaitu gunung berapi Ijen di Bondowoso, Jawa Timur. Kopi asal Ijen yang dikenal sebagai 'Blue Mountain'-nya Indonesia ini wajib diperkenalkan kepada masyarakat dunia agar dapat meningkatkan jumlah wisatawan, terutama wisatawan yang memiliki hobi mendaki gunung.   

4. Kopi Java Preanger.

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi penghasil kopi terbesar dan terbaik di Indonesia. Beberapa gunung di Jawa Barat seperti Ciremai, Halu, dan Manglayang merupakan tempat tumbuhnya kopi-koi erbaik dari Jawa Barat.

Kopi Jawa Barat atau kopi Java Preanger belakangan ini merupakan kopi yang banyak dicari oleh para peminum kopi, terutama penggemar kopi single origin. Karakter kopi Java Preanger yang cenderung memiliki aroma dan rasa asam seperti pada buah-buahan membuatnya memiliki keunikan tersendiri di mata pencinta kopi. Oleh karena itu, sudah selayaknya kopi Java Preanger lebih diperkenalkan kepada masyarakat dunia.

 

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red