×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Kebiasaan yang jarang diketahui ini bisa memperparah kondisi jerawat

0

Kesehatan

4 Kebiasaan yang jarang diketahui ini bisa memperparah kondisi jerawat

https://www.entwellbeing.com.au

Tanpa kamu sadari, kebiasaan ini bisa bikin jerawat di muka makin parah.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Sunflo

18 / 01 / 2019 10:59

Jerawat tentunya merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada wanita maupun pria. Jerawat dapat disebabkan karena terjadinya penumpukan sebun/minyak pada pori-pori wajah yang tersumbat sehingga menyebabkan bakteri dapat menginfeksi dengan mudah. Tubuh pun akan memberikan reaksi inflamasi sehingga terjadi pembengkakan pada area di sekitar jerawat. Berbagai upaya dan treatment pun dilakukan untuk menghilangkan jerawat tersebut, baik secara perlahan maupun yang instan sekalipun. Akan tetapi banyak di antara kita yang tidak mengetahui bahwa beberapa kebiasaan ini justru dapat memperparah kondisi jerawat pada wajah.

1. Over Cleansing.

Ketika jerawat tumbuh pada wajah, kita menganggap bahwa wajah kita penuh dengan kotoran sehingga bakteri penyebab jewarat bersarang di sana. Anggapan tersebut sering kali membuat kita ingin membersihkan wajah sesering mungkin agar kotoran yang terdapat pada wajah dapat hilang dengan cepat. Padahal membersihkan wajah menggunakan sabun yang terlalu sering justru akan membuat kulit wajah menjadi kering dan dehidrasi, bahkan dapat menyebabkan iritasi. Kulit wajah yang sudah mengalami dehidrasi dan iritasi akan kehilangan skin barrier-nya dan justru akan menjadi lebih mudah menimbulkan jerawat baru. Oleh karena itu, sebaiknya mencuci wajah menggunakan sabun cukup dilakukan dua kali sehari saja.

 

2. Over Exfoliating.

Loading...

Eksfoliasi dilakukan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang terdapat pada kulit wajah. Eksfoliasi dapat dilakukan secara fisik menggunakan scrub atau secara kimiawi menggunakan bahan-bahan eksfoliator seperti AHA, asam salisilat, dll. Banyak yang beranggapan bahwa dengan melakukan eksfoliasi sesering mungkin akan menghilangkan sel kulit mati beserta jerawat yang terdapat pada kulit wajah. Eksfoliasi kulit wajah yang terlalu sering justru akan menyebabkan kulit wajah menjadi dehidrasi dan iritasi karena skin barrier alami yang terdapat pada kuit wajah akan rusak, dan memperparah kondisi jerawat yang ada.

Seharusnya eksfoliasi kulit wajah dilakukan cukup satu kali dalam seminggu, disertai penggunaan moisturizer yang cukup setelahnya karena eksfoliasi dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Selain itu setelah melakukan eksfoliasi pada wajah, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen/sun protection jika terpapar sinar matahari karena kuit cenderung menjadi lebih sensitif.

 

3. Tidak menggunakan Moisturizer.

Moisturizer atau pelembap wajah merupakan skin care wajib yang harus selalu digunakan setiap hari untuk menjaga kadar air pada kulit wajah tetap terjaga. Kulit wajah yang kering akibat jarang menggunakan moisturizer dapat menyebabkan kulit menjadi lebih mudah berjerawat, dehidrasi, dan mudah keriput.

 

4. Menekan jerawat.

Ketika jerawat sudah banyak bermunculan pada kulit wajah, tentunya sering kali membuat kita geram dan menekannya agar dapat hilang dengan cepat. Padahal menekan atau memencet jerawat menggunakan tangan yang tidak benar-benar bersih justru akan membuat luka pada kulit wajah sehingga akan meninggalkan bekas jerawat atau scar yang sulit untuk dihilangkan, serta dapat menimbulkan jerawat baru yang lebih parah.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red