×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Hoax seputar kesehatan ini sempat viral di dunia maya

0

News

4 Hoax seputar kesehatan ini sempat viral di dunia maya

Foto: Gerd Altmann dari Pixabay

Ini dia hoax seputar isu kesehatan yang banyak beredar.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dadang Supena

14 / 11 / 2019 16:29

Sosial media merupakan alat yang digunakan oleh banyak orang untuk bertukar informasi. Namun masih banyak orang yang menyalahgunakan sosial media dengan menyebarkan berita-berita bohong atau hoax. Salah satu yang paling sering muncul adalah hoax tentang isu kesehatan.

Maka dari itu, penting menjadi masyarakat yang bijak untuk berhati-hati dalam menyebarkan atau menangkap suatu informasi. Informasi hoax pada dasarnya harus dilawan sebab dapat berdampak bahaya bagi individu maupun masyarakat secara luas.

Berikut ini beberapa hoax terkait isu kesehatan yang sempat viral dan menyebabkan keresahan serta kecemasan di kalangan masyarakat.

1. Makan cokelat dan mie sebabkan kematian.

Hoax ini sempat viral sejak tahun 2017. Hal ini bermula dari berita yang mengatakan bahwa seorang wanita mendadak tewas dengan kelima panca indera yang mengeluarkan darah akibat mengonsumsi cokelat setelah mengonsumsi mie goreng. Meskipun sudah terbukti tidak benar, namun berita ini tetap muncul berulang kali dan viral di sosial media.

Loading...

2. Ada virus HIV-AIDS dalam makanan kaleng impor.

Hoax lainnya mengenai kesehatan yang sempat menyebar secara luas adalah bahwa makanan kalengan impor dapat menyebarkan virus HIV-AIDS. Informasi yang beredar luas tersebut menyampaikan bahwa para pekerja yang positif mengidap HIV-AIDS di tempat makanan tersebut memasukan darah mereka ke dalam makanan kalengan yang akan diproduksi. Namun informasi tersebut tidak benar adanya dan sudah diklarifikasi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

3. MSG berbahaya bagi kesehatan otak.

Salah satu hoax yang sangat booming di kalangan masyarakat adalah hoax seputar Monosidium Glutamat (MSG) atau yang hits dengan sebutan micin. Dikatakan bahwa MSG dapat membuat masalah pada otak seperti menurunkan daya tanggap dan daya ingat hingga menyebabkan kanker.

Namun, Drs Tepy Usia, Apt, MPhil, PhD sebagai Standarisasi Produk Pangan BPOM mengatakan bahwa banyak penelitian di dunia yang berhasil membuktikan keamanan MSG. Selain itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) juga menyebutkan bahwa jika toksisitasnya rendah sehingga MSG tidak berbahaya untuk kesehatan.

4. Mie instan sebabkan kanker.

Informasi seputar mie instan ini juga sempat viral di media sosial. Seorang pemuda dikatakan meninggal akibat kanker perut yang disebabkan karena mengonsumsi mie instan. Selain itu, beredar kabar bahwa mie insan yang dimasak bersamaan dengan bumbunya dapat menyebabkan kanker.

Namun, lagi-lagi informasi tersebut tidak terbukti kebenarannya. Pasalnya, menurut pakar nutrisi Jansen Ongko, MSc, RD, bahwa tidak ada bukti ilmiah yang sesuai dengan pemberitaan tersebut.

Source

TEBAK QUIZ BERHADIAH EDISI IMLEK 2020

Yuk ikuti quiz berhadiah dan dapatkan Voucher PIZZA E BIRRA dengan total hadiah jutaan rupiah untuk 10 orang pemenang







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red