×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Daerah di Indonesia diminta bersiap hadapi kekeringan berkepanjangan

0

News

4 Daerah di Indonesia diminta bersiap hadapi kekeringan berkepanjangan

Gambar oleh Friedrich Frhling dari Pixabay

Sebanyak 66 juta orang di kawasan Asia Tenggara mengalami kekeringan selama kurun 30 tahun terakhir dan diperkirakan akan terus memburuk.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Benni Ihsan

29 / 04 / 2019 13:37

Komisi Ekonomis dan Sosial untuk Kawasan Asia Pasifik PBB (UNESCAP) dan ASEAN mengungkap penelitian terbaru mereka tentang potensi kekeringan ekstrem di negara-negara Asia Tenggara. Sebanyak 66 juta orang di kawasan ini sudah mengalami kekeringan selama kurun 30 tahun terakhir. 

Armida Alisjahbana, Wakil Sekretaris Jenderal PBB dan Sekretaris Eksekutif ESCAP mengatakan kepada South China Morning Post bahwa, "periode kering berkepanjangan tak bisa dihindari, tetapi penderitaan manusia yang mengalaminya bisa kita kurangi. Intervensi di saat yang tepat dapat mengurangi dampak kekeringan, melindungi komunitas miskin, dan menciptakan masyarakat lebih harmonis."

Dalam laporan ESCAP yang berjudul "Bersiap untuk Tahun-tahun Kering: Melawan Kekeringan di Asia Tenggara," mengungkap pemerintah dan pemangku kebijakan cenderung mengabaikan bencana kekeringan ini dibandingkan bencana-bencana lain. Kekeringan dianggap sebagai masalah lokal dan liputan media tidak banyak. Padahal, dampak dari bencana kekeringan ini sangat merugikan dan bisa mematikan.

Kerugian dan penderitaan dari bencana ini akan dirasakan oleh negara-negara yang mengandalkan pertanian sebagai sektor utama. Dampaknya adalah persediaan makanan berkurang dan pertanian gagal. Akhirnya, akan terjadi ledakan arus urbanisasi. 

Dalam laporan ESCAP, Vietnam utara dan selatan akan sangat terdampak. Begitu juga empat daerah di Indonesia, yakni Sulawesi Selatan, Kalimantan, Jawa Tengah, dan Papua. Bencana ini berpotensi meluas ke daerah-daerah lain. Seluas 96 persen kawasan ASEAN  akan terpengaruh kekeringan sepanjang tahun 2071 hingga 2100 mendatang.

Loading...

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red