×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Cara meningkatkan kekebalan tubuh ini bantu tangkal penyakit

0

Kesehatan

4 Cara meningkatkan kekebalan tubuh ini bantu tangkal penyakit

Foto: StockSnap dari Pixabay

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar tak mudah terserang penyakit, termasuk virus Corona.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Purnama

01 / 06 / 2020 11:05

Kekebalan tubuh ternyata penting untuk memerangi virus Corona. Seperti yang kita tahu, saat ini virus Corona cukup membuat warga dunia resah. Banyak ahli terus berusaha menemukan vaksin hingga obat untuk Covid-19. Selama obat atau vaksin belum ditemukan, sebaiknya kita menjaga kesehatan dan kebersihan agar tak mudah terserang virus Corona, ya.

Kesehatan tubuh bisa dijaga dengan meningkatkan kekebalan tubuh. Jika tubuh memiliki sistem imun yang baik, maka virus Corona tak mudah membuat tubuhmu tumbang.

Meningkatkan kekebalan tubuh ternyata tak hanya memperhatikan asupan makanan saja loh. Melansir dari Healthline.com, berikut beberapa cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar tak mudah terserang penyakit, termasuk Covid-19.

1. Perhatikan asupan makanan.

Salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh yakni perbanyak makanan fermentasi seperti yoghurt. Dalam sebuah studi 3 bulan pada 126 anak, mereka yang minum hanya 2,4 ons (70 mL) susu fermentasi setiap hari memiliki sekitar 20% lebih sedikit penyakit menular pada masa kanak-kanak dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Loading...

Selain itu, banyak mengonsumsi sayur dan buah juga baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh ya. Jangan lupa penuhi kebutuhan cairan tubuh. Pasalnya, dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala dan menghambat kinerja fisik, fokus, suasana hati, pencernaan, dan fungsi jantung dan ginjal. Komplikasi ini dapat meningkatkan kerentanan kamu terhadap penyakit.

2. Tidur yang cukup.

Kurang tidur ternyata juga bisa menurunkan tingkat kekebalan tubuh sehingga sebaiknya penuhi waktu tidurmu, ya. Mendapatkan istirahat yang cukup dapat memperkuat kekebalan alami. Selain itu, tidur lebih banyak saat sakit memungkinkan sistem kekebalan tubuh melawan penyakit dengan lebih baik. Bagi orang dewasa, setidaknya mencapai tidur di malam hari selama 7 jam, remaja memerlukan waktu 8-10 jam. Sedangkan untuk anak dan bayi memerlukan waktu tidur selama 14 jam.

3. Kelola tingkat stres.

Menghilangkan stres dan kecemasan juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Dalam jurnal Psychological Stress in Children May Alter the Immune Response dijelaskan bahwa secara khusus, stres psikologis yang berkepanjangan dapat menekan respon imun pada anak-anak. Kegiatan yang membantu mengelola stres yakni seperti meditasi, olahraga, hingga berkonsultasi pada ahlinya.

4. Olahraga sedang.

Cara mudah lain yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh yakni dengan berolahraga. Terlebih lagi olahraga teratur dan sedang dapat mengurangi peradangan dan membantu sel-sel kekebalan tubuhmu beregenerasi secara teratur. Contoh olahraga sedang seperti bersepeda, jalan cepat, jogging, dan berenang.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red