Ibu hamil biasanya akan mengalami mual dan muntah-muntah atau yang dikenal dengan istilah morning sickness, terutama di trimester awal masa kehamilannya. Kondisi ini tidak hanya terjadi di pagi hari, melainkan juga dapat terjadi di siang, sore, bahkan malam hari hingga sepanjang hari. Hal ini tentunya membuat ibu hamil merasa lelah dan lemas.

Selain mual dan muntah, ibu hamil juga kerap mengalami pusing dan sakit kepala. Keluhan-keluhan tersebut sebenarnya dipicu oleh perubahan hormon saat hamil sehingga ibu hamil kerap mengalami morning sickness yang dapat mengganggu kegiatanhariannya.

Mual saat hamil umumnya dialami sejak masa awal kehamilan dan puncaknya sekitar di minggu ke-9. Kondisi ini akan mulai mereda menjelang akhir trimester pertama. Ketika kandungan menginjak usia 16-20 minggu, biasanya mual saat hamil akan menghilang sepenuhnya.

Meskipun begitu, ada beberapa ibu hamil yang terus menerus mengalami mual dan pusing, bahkan ketika usia kandungannya lebih dari 16 atau 20 minggu. Bahkan, ada juga yang mengalaminya sepanjang masa kehamilan (9 bulan penuh). Kondisi tersebut biasanya terjadi pada Ibu hamil yang mengandung bayi kembar.

Mual dan pusing pada ibu hamil memang sangat mengganggu dan menyebabkan tubuh terasa lemas. Maka dari itu, berikut ini cara mengatasi mual dan pusing pada ibu hamil.

1.Memenuhikebutuhan cairan.

Salah satu kondisi yang menyebabkan mual dan pusing pada ibu hamil adalah dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh. Namun, banyak ibu hamil yang merasa enggan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas per hari. Sebab, terlalu banyak minum dapat menyebabkan rasa kepenuhan sehingga berpotensi memicu muntah.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, kamu dapat mencoba menambahkan air perasan lemon atau madu ke dalam air putih yang akan kamu konsumsi. Kedua bahan tersebut cukup efektif dalam mengatasi rasa mual.

2.Gunakanpakaian longgar.

Ketika hamil, sebaiknya kamu mengunakan pakaian yang lebih longgar. Hal ini berguna untuk membuat perut dan rongga paru-paru lebih terasa nyaman sehingga dapat mengurangi rasa mual dan pusing.

3.Banyak istirahat.

Istirahat yang cukup akan membuat mood dan energi kamu membaik di pagi harinya. Selain itu, tidur siang juga dapat membantu meredakan mual dan pusing saat hamil. Namun, hindari tidur apabila baru selesai makan.

4.Minumteh jahe.

Mengonsumsi teh jahe atau air jahe ketika hamil dapat membantu meredakan mual dan pusing yang dialami. Pasalnya jahe dapat membuat perut kamu terasa lebih nyaman sehingga rasa mual pun hilang.