×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
35 Keunikan Kanada ini tak akan kamu temui di negara lain

0

Global

35 Keunikan Kanada ini tak akan kamu temui di negara lain

Bahkan ada penjara buat beruang di Kanada lho.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Hanny Ammaria

25 / 06 / 2019 14:56

Kanada merupakan negara yang terletak di Amerika Utara yang sangat indah alamnya dan ramah penduduknya. Tak heran jika banyak orang yang ingin berkunjung bahkan tinggal di negara ini. Meskipun negara ini berada di iklim yang sangat dingin dan letaknya berada paling utara dari benua Amerika.

Selain sebagai dikenal sebagai Negara Maple, ternyata ada banyak lagi lho fakta unik yang dimiliki oleh negara ini. Mau tahu? Yuk simak!

1. Canadian Apology Act.

canadian apology act

Orang Kanada terkenal sangat ramah dan sering meminta maaf bahkan dalam hal sepele sekalipun. Bahkan meski yang berbuat salah bukan dirinya, namun mereka tetap mengajukan permohonan maaf.

Loading...

 

2. Sekitar 90% daratan Kanada tidak berpenghuni.

can

Kanada memiliki luas daratan lebih besar daripada United State, namun hanya 11% penduduk Amerika yang mendiaminya.

 

3. Trans-Canada Highway.

n

Trans-Canada Highway hampir menjadi jalan raya nasional terpanjang di dunia. Jalan raya ini memiliki panjang 7.820 kilometer (4.860 mil) dengan jalur lintas melewati Victoria, Winnipeg, Ottawa hingga St. John’s. Trans-Canada Highway menduduki posisi kedua, sementara highway terpanjang di dunia berada di Australia dengan panjang 14.500 kilometer (9000 mil) melintas sepanjang sisi luar negara Australia.

 

4. Saint-Louis-du-Ha! Ha! adalah nama kota ter-cheerful di dunia.

n

Kota ini terletak di Provinsi Quebec lengkap dengan dua ‘Ha’ dan dua tanda seru ‘!’. Kota ini bahkan mendapat Guinness World Record sebagai ‘Most Exclamation Marks in A Town Name’ (nama kota yang dengan tanda seru didalamnya).

 

5. Penjara bagi beruang kutub.

n

Terdengar aneh memang jika mengetahui ada beruang masuk rumah kemudian mengobrak abrik rumah untuk ‘mencari’ makan. Bahkan tindakan beruang ini dianggap illegal dan kriminal di sana. Kanada bahkan memiliki penjara untuk beruang di Churchill, Manitoba. Beruang yang rusuh akan tinggal didalamnya hingga ada yang ingin menampungnya.

 

6. Bathtub Racing.

m

Well, terdengar sangat konyol saat mengetahui bathtub yang biasa digunakan untuk mandi malah menjadi ‘perahu’ dalam bathtub racing. Momen ini berada di Nanaimo, British Columbia dan merupakan even tahunan disana sejak tahun 1967.

 

7. Pergantian cuaca paling dramatis.

q

Pernah terjadi di Kanada pada 10 Januari 1962. Pergantian cuaca sangat aneh terjadi di Pincher Creek (salah satu wilayah yang paling berangin di Kanada). Loncatan suhu sangat drastis dari -19 derajat celcius menjadi 22 derajat celcius hanya dalam jarak beberapa jam saja.

 

8. Olahraga nasional Kanada bukan Hockey.

n

Orang Kanada sangat menyukai olahraga Hockey. Saking sukanya, mereka bahkan mengibaratkan Hockey menjadi bagian dari napas dan hidupnya seperti yang mereka katakan ‘breath, eat and live hockey’. Alih-alih menjadikan Hockey sebagai olahraga utama di sana, Lacrosse (permainan bola dengan tongkat panjang berajut) malah menjadi permainan nasional di Kanada.

 

9. Hudson Bay.

n

Suatu area di Hudson Bay atau Teluk Hudson memiliki gravitasi lebih rendah daripada bagian lain di Bumi.

 

10. Stanley Cup, sebuah trophy yang punya bodyguard.

q

Stanley Cup merupakan piala kemenangan yang paling didambakan dalam dunia olahraga. Stanley Cup adalah piala tahunan yang diberikan kepada tim pemenang NHL (National Hockey League).

 

11. Kanada merupakan negara terluas kedua di dunia, setelah Rusia.

n

Kanada memiliki luas territorial sebesar 9.985 juta km persegi (3.855 juta mil persegi). Luas Kanada lebih besar dari seluruh Persatuan Negara Eropa.

 

12. Ibu kota Kanada bukan kota terluas di negaranya.

n

Kota terluas di Kanada bukanlah Ottawa (Ibu kota Kanada), melainkan Toronto, Ibu kota provinsi Ontario. Bahkan jumlah penduduk di Toronto lebih banyak (3 juta jiwa) daripada Ottawa itu sendiri (terdapat 1 juta jiwa).

 

13. Kanada merupakan negara paling berpendidikan di dunia.

n

Sekitar 56% penduduknya pernah mengenyam bangku pendidikan. Wah lebih dari setengah persen penduduknya ya.

 

14. Kanada memiliki platform pendaratan UFO.

m

Hal gila lainnya yang Kanada miliki adalah mereka membangun lokasi landing UFO, tepatnya di St. Paul, Alberta. Berat platform ini mencapai lebih dari 130 ton dan mengandung kapsul waktu yang akan terbuka pada tahun 2067.

 

15. Negara terbahagia ke-7 menurut Happiness Report 2018.

m

Pada kondisi negara yang berada hampir di Kutub Utara dengan tingkat kebahagiaan penduduk negaranya pada peringkat 7 setelah Finlandia, Norwegia, Denmark, Islandia, Swiss dan Belanda, menunjukkan bahwa penduduk Kanada memang sangat luar biasa.

 

16. Kanada memiliki lebih dari 3 juta danau, lebih dari setengah jumlah danau di dunia.

u

 

17. 40% daratan Kanada merupakan kawasan hutan.

m

 

18. Negara pemilik garis pantai terpanjang di dunia.

m

Total panjang garis pantainya adalah sekitar 243.000 kilometer.

 

19. Produsen sirup maple terbesar di dunia.

n

Di Quebec sendiri produksi sirup maple dapat mencapai 77% dari seluruh sirup maple yang ada di dunia.

 

20. Sekitar 10% penduduknya adalah Vegan/Vegetarian.

n

 

21. Ottawa masuk dalam jajaran atas ibu kota terdingin di dunia.

n

 

22. 'Rumah' bagi Polar Bear.

n

Kanada merupakan rumah bagi sebagian besar beruang kutub yang ada di dunia. Terdapat sekitar 25.000 beruang kutub yang tersisa di Bumi ini dan 15.000 diantaranya tinggal di negara kawasan Arctik.

 

23. Kanada memiliki 6 zona waktu.

m

Tak seperti beberapa negara yang hanya memiliki sekitar 1 sampai 3 zona waktu. Kanada mempunyai 6 zona waktu, diantaranya zona waktu Newfoundland, Atlantic, Eastern, Central, Mountain dan Pacific.

 

24. Suhu terendah yang pernah tercatat di Kanada adalah -63 derajat celcius.

m

 

25. Air keran memiliki kualitas yang sama dengan air minum botol.

b

Bahkan beberapa orang yakin bahwa rasa air keran lebih baik daripada air minum botol itu sendiri.

 

26. Wilayah barat laut Kanada memakai plat mobil berbentuk beruang kutub.

j

 

27. Loonie.

m

Kata Loonie terdengar mirip dengan ‘loony’ yang mana kita ketahui memiliki makna ‘gila’. Lonnie adalah koin $1 berwarna emas, sementara Tonnie adalah koin $2 berwarna perak di tepi dan emas ditengahnya.

 

28. Eksklamasi ‘Eh’ di akhir percakapan.

n

Penduduk Kanada suka dengan penambahan kata ‘eh’ diakhir percakapannya, bahkan kata ‘eh’ benar-benar ada dalam Canadian Oxford Dictionary.

 

29. Mengganti lilin dengan ikan Oolichan (aka Candlefish).

n

Pertama kali diterapkan oleh penduduk Nisga di British Columbia. Ikan Oolichan merupakan ikan yang sangat berlemak, jadi ketika ikan tersebut dikeringkan maka akan dapat menyala jika diberi api dan menjadi alat penerangan nasional bangsa Nisga.

 

30. McLobster.

n

McDonald di Kanada menyediakan McLobster dijual khusus di Kanada.

 

31. Narcisse Snake Dens di Manitoba.

n

Merupakan tempat yang banyak terdapat ular dibandingkan tempat-tempat lain di dunia.

 

32. Parade Iceberg.

n

Kesempatan untuk menyaksikan barisan iceberg (gunung es) di pantai Newfoundland dan Labrador selama musim semi.

 

33. Poutine.

m

Salah satu makanan yang paling populer di Kanada adalah poutine, makanan yang terdiri dari kentang goreng dengan serpihan keju segar dan siraman saus kental.

 

34. Penduduk paling ramah di Bumi.

m

Penduduk Kanada adalah penduduk yang paling ramah di Bumi. Kamu mungkin akan kesulitan menemukan orang yang kasar di sana.

 

35. Bahasa Prancis.

m

Kebanyakan penduduk Kanada juga berbicara dalam bahasa Prancis sebagai bahasa utama mereka dan Montreal adalah kota dengan penutur bahasa Perancis terbesar kedua setelah Paris.

 

Berikut tadi adalah beberapa fakta unik tentang Kanada dan masih banyak lagi fakta lainnya yang belum tertulis dalam artikel ini. Jadi gimana, tertarik mlancong ke Kanada?






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red